Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Yuk, Simak Cara Membaca Google Analitik untuk Pemula

Tipsseo.net - Yuk, Simak Cara Membaca Google Analitik untuk Pemula – Google Analitik merupakan sebuah layanan gratis yang diberikan Google untuk menampilkan statistik pengunjung website. Berdasarkan informasi halaman pengacu, mesin pencari, iklan, pay-per-click, email marketing, dan tautan dalam dokumen PDF yang bisa ditelusuri Google Analitik.

Cara Membaca Google Analitik

Istilah-Istilah Penting di Google Analitik Agar Cara Membaca Google Analitik Lebih Mudah

Melalui Google Analitik pengguna dapat mengetahui iklan, keyword (kata kunci), dan kepadatan trafik dari website/blog. Membuat report trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan dengan Google Analitik. Jika, akan mendaftar Google analitik perlu mempunyai akun Google. Berikut Istilah penting di Google Analitik yang perlu diketahui.

 

·      OrganizationsCara Membaca Google Analitik menggunakan beberapa layanan dari Google. Antara lain Analitik, Tags Manager, Optimize, mengatur user, akses data, dan integrasi antar produk. Produk dan metrik yang diukur dapat dikelompokkan oleh organisasi dalam satu folder.

·      Accountsdan PropertiesAccounts memerlukan akun agar dapat menggunakan dan memantau metrik dari Google Analitik.  Properties/Properti sebutan objek berupa website, aplikasi ponsel, atau device dengan metrik dipantau Analitik. Tiap properti yang dipantau akan mendapatkan tracking ID yang dikeluarkan oleh Analitik.

·      Views– Data spesifik yang diinginkan dalam properti. Contohnya, membuat masing-masing views khusus untuk keseluruhan trafik web, trafik AdWords, trafik subdomain, dan lainnya. Views secara khusus membuat website lebih rapi dan jelas dilihat. Sehingga, cara membaca Google Analitik dapat dilakukan dengan baik.

·      Sessiondan Bounce RateSession sebagai interaksi antara user dengan halaman website/blog dengan jangka waktu tertentu. Google Analitik akan menghitung interaksi hingga user tidak aktif selama 30 menit. Bounce Rate merupakan jumlah atau presentase pengunjung yang meninggalkan website setelah melihat satu halaman saja.

Cara Membaca Google Analitik


Google Analitik tidak hanya menganalisis data trafik website. Namun, platform ini menyediakan berbagai data tentang performa situs. Dari mana sumber trafik, data dermografi pengunjung, konten populer, dan lain sebagainya. Google Analitik di website akan mudah pemantauan terhadap trafik web. Hal itu didukung dengan cara membaca Google Analitik.


Realtime


Mengecek metrik realtime web klik Realtime > Overview. Data nampak di halaman overview, yaitu jumlah user yang membuka website secara realtime, pembukaan user berdasarkan device sebagai akses web (deskop vs mobile), pageview per menit dan per detik, top referral, sosial trafik, keyword, active page, dan lokasi. Bisa akses submenu location, traffic sources, content, event, dan conversions di bawah realtime untuk tampilan lengkapnya.

 

Audience Dermographics(Dermografi Audiens)


Audiens memberikan insight lengkap melalui rangkuman data audiens dengan cara membacaGoogle Analitik klik Audience > Overview. Jika, ingin tahu jenis kelamin dan usia audiens bisa klik Audience > Dermographics. Topik yang disukai/diminati audiens (Affinity Categories) klik Audience > Interests. Lalu, produk yang diminati dan siap dibeli (In-Market Segments) dan keduanya (Other Categories).

 

Visitors’ Behaviour(Perilaku Pengunjung) dan Overall Traffic (Semua Trafik)


Interaksi pengunjung dengan konten web dipetakan lewat Audience > Behavior. Data yang dibahas ialah pengunjung baru vs pengunjung lama, engagement, kualitas sesi, kemungkinan konversi, frekuensi dan keterkinian. Untuk mengetahui seberapa banyak web dikunjungi dengan klik Acquisition> All Traffic.

 

Traffic Source (Sumber Traffic) dan Website Speed (Kecepatan Website)


Berkunjung ke website bisa dengan mengetik URL ke address bar di browser atau melalu mesin pencari, dan backlink dari web lain atau iklan. Cara membaca Google Analitik sumber trafik website dengan klik Acquisitions > All Traffic > Channels. Mengecek kecepatan website dengan Google Analitik,  klik Behaviour> Site > Speed.

 

Dengan cara membaca Google Analitik akan mengetahui berbagai macam data. Akan tetapi, sebagai pemula mengetahui hal-hal di atas cukup baik. Sehingga, dapat mengoptimalkan performa website/blog yang dimiliki. Wesite/blog yang isi konten punya daya tarik akan banyak pengunjungnya.


Post a Comment for "Yuk, Simak Cara Membaca Google Analitik untuk Pemula"