Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Serba-serbi Teknologi dalam Pendidikan yang Perlu Anda Ketahui!

 Teknologi dalam pendidikan menjadi hal yang kini begitu diperlukan. Sebab, segala aspeknya membutuhkan akses dari sebuah teknologi tersebut. Sehingga teknologi itu sendiri pun kini semakin berkembang setiap harinya.

Teknologi dalam pendidikan sangatlah berperan penting dalam berjalannya sebuah proses pendidikan. Hal ini tentu saja sejalan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dari masa ke masa. Bahkan, kini teknologi yang berkembang pun sudah mencapai tahap digital, yang artinya teknologi tersebut dimanfaatkan oleh berbagai bidang, salah satunya dalam dunia pendidikan.

teknologi dalam pendidikan


Manfaat Teknologi dalam Pendidikan bagi Sekolah dan Pendidik

Teknologi di bidang pendidikan memiliki peranan yang sangatlah penting. Di antara peranan tersebut adalah:

Sebagai media pembelajaran

Pentingnya teknologi dalam pendidikan adalah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini berfungsi sebagai penyampai pesan yang dapat menarik perhatian, pikiran, minat, dan perasaan peserta didik dalam proses pembelajaran. 

Dengan adanya teknologi pendidikan ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam belajar. Maka, proses pembelajaran pun akan semakin efektif dan tujuan dari proses pembelajaran tersebut dapat dicapai dengan baik.

Alat pendukung administratif

Selain dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar, manfaat teknologi dalam pendidikan yang lainnya adalah untuk hal-hal administrasi. Dewasa kini hal-hal yang bersifat administratif dapat lebih mudah dilakukan dengan menggunakan teknologi. 

Hal ini dibuktikan dengan teknologi digital yang digunakan sebagai perbaikan keefektifan organisasi dalam sebuah lembaga pendidikan. Salah satunya adalah penggunaan komputer yang termasuk ke dalam salah satu produk digital. Dengan adanya komputer ini, proses administrasi seperti penginputan data siswa menjadi lebih mudah dan efisien.

Sebagai sumber pembelajaran

Implementasi teknologi dalam pendidikan yang lainnya adalah dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Dengan adanya teknologi, hal ini dapat membantu tenaga pendidik dalam memproduksi bahan-bahan pengajaran. 

Hadirnya perangkat komputer di masa kini semakin memudahkan dalam proses pembuatan RPP, dan juga materi-materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Bahkan buku elektronik yang dapat diunduh dengan memanfaatkan jaringan internet pun menjadi salah satu dampak positif dari adanya teknologi dalam pendidikan.

Manfaat Teknologi dalam Pendidikan bagi Peserta Didik

Selain itu, terdapat juga manfaat teknologi dalam pendidikan bagi siswa atau peserta didik. Manfaat teknologi tersebut tidak kalah pentingnya dengan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Di antara manfaat teknologi bagi siswa tersebut adalah:

Teknologi dapat menambah informasi

Hal ini adalah benar adanya. Sebab, dengan menggunakan teknologi, siswa memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan informasi mengenai pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah. Seperti yang diketahui bahwa waktu untuk belajar di sekolah sangat singkat, maka siswa dapat memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi tambahan.

Teknologi mampu meningkatkan kemampuan belajar

Hal ini berkaitan erat dengan manfaat teknologi dalam pendidikan sebelumnya. Dengan mengakses informasi tambahan, maka siswa pun mampu meningkatkan kemampuannya dalam belajar atau memperlajari suatu hal baru. Meskipun begitu, siswa tetap harus berada dalam pengawasa guru maupun orangtua ketika mengakses teknologi tersebut.

Teknologi menawarkan materi yang lebih menarik

Tidak hanya itu, siswa juga berkesempatan mengakses materi pembelajaran yang lebih menarik. Hal ini karena teknologi dalam pendidikan memungkinkan semua orang berkreasi di dalamnya. Sehingga, dengan penyajian materi yang dikemas sedemikian menarik, maka siswa pun akan lebih cepat memahami apa yang disampaikan tentang materi pembelajarn.

Teknologi membuat akses belajar menjadi lebih mudah

Dewasa kini sudah banyak ditemukan inovasi-inovasi dalam teknologi yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Hal ini tentu saja membawa dampak yang baik bagi semua pihak, termasuk bagi peserta didik dan juga tenaga pendidik. 

Salah satu contohnya adalah pemanfaat surat elektronik di dalam pendidikan. Agar lebih mudah mengumpulkan tugas yang diberikan, guru dapat meminta siswanya mengumpulkan tugas melalui surat eketronik. Dengan begitu, maka siswa tidak perlu repot-repot mencetak dan mengumpulkannya secara manual. Hal ini pun menghindari adanya kekeliruan pemeriksaan yang terjadi.

Teknologi mampu meningkatkan minat belajar siswa

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa teknologi dalam pendidikan sangatlah  diperlukan. Manfaat yang satu ini juga dikaitkan dengan manfaat-manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Dengan adanya teknologi, maka siswa dapat dengan mudah mengakses materi pembelajaran. Jika sudah begitu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa minat belajar pun akan meningkat. Sehingga, peserta didik dapat tetap menikmati pembelajaran tanpa cepat dihinggapi rasa bosan ketikan proses belajar.

Jenis dan Contoh Teknologi dalam Pendidikan

Setelah mengetahui manfaat teknologi dalam pendidikan bagi bagi siswa maupun guru, hal lainnya yang perlu diketahui adalah jenis dan contoh teknologinya. Di antara contoh teknologi yang digunakan dalam dunia pendidikan adalah:

Pembelajaran dengan basis komputer

Komputer menjadi salah satu hal yang kini sudah banyak diketahui semua orang, terutama di bidang pendidikan. Pengenalan komputer di dunia pendidikan sangatlah penting sebab banyak manfaat yang bisa didapatkan dari adanya komputer. Salah satu hal tersebut adalah menyimpan file atau dokumen di dalam komputer.

Hal ini pun membuat komputer digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran. Sudah banyak model pembelajaran yang menjadikan komputer sebagai basisnya. Di antaranya adalah Computer Based Instruction (CBI), Computer Based Education (CBE), dan Computer Based Training (CBT). Hal ini menunjukkan bahwa komputer sudah memiliki peran yang penting dalam pendidikan.

Pembelajaran elektronik

Pembelajaran elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-learning ini pun menjadi tren yang positif di dunia pendidikan. Proses pembelajaran ini menggaet komputer dan internet sebagai media pembelajaran yang mendukung. Dalam hal tersebut, siswa akan diberi kesempatan untuk mengakses materi yang berupa gambar, teks, maupun video.

E-learning juga memungkinkan tidak adanya tatap muka secara langsung antara guru dan murid. Sehingga hal ini dinilai efektif untuk dilakukan, meskipun masih ada beberapa sekolah yang menerapkannya secara menyeluruh. Adanya e-learning juga bertujuan untuk memberi guru kemudahan dalam menyampaikan informasi kepada siswa.

Perpustakaan digital

Adanya teknologi dalam pendidikan ini juga memungkinkan adanya perpustakaan digital. Perpustakaan digital inilah yang bertujuan memberikan kelancaran dalam proses pengembangan sistematis. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyimpan (save), mengumpulkan (collect), dan mengorganisasi (organize)sebuah pengetahuan ke dalam format digital.

Penggunaan alat pendukung proses belajar mengajar

Dewasa kini juga telah banyak ditemukan alat pendukung proses belajar mengajar yang digunakan di dalam kelas. Hal ini tentu saja memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami. Di antara alat tersebut adalah laptop, proyektor, dan juga alat lainnya yang mendukung proses pembelajaran.

Dapat disimpulkan bahwa teknologi dalam pendidikan telah memberikan banyak manfaat bagi pendidik dan juga peserta didik. Penerapan yang mudah pun membuat banyak tujuan pendidikan tercapai dengan baik. Sehingga, penting sekali bagi kita semua untuk mengenal lebih jauh mengenai teknologi tersebut.

Teknologi pendidikan itu sendiri merupakan sebuah metode yang memiliki sistem perencanaan, penggunaan, dan penilaian dari seluruh proses kegiatan belajar mengajar. Teknologi pendidikan juga dianggap sebagai salah satu sistem yang membantu memecahkan masalah dalam pembelajaran. Tujuan dari adanya teknologi dalam pendidikan tersebut adalah untuk mencapai hal yang diinginkan.

Post a Comment for "Serba-serbi Teknologi dalam Pendidikan yang Perlu Anda Ketahui!"