Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sejarah Gus Dur Jadi Presiden Dari Awal Sampai Lengser

 Sejarah Gus Dur Jadi Presiden Dari Awal Sampai Lengser. Tokoh utama dalam NU yakni Gus Dur telah banyak memberi perhatian khusus karena sepak terjangnya yang cukup frontal semasa hidupnya. Sampai sekarang nama Abdurrahman Wahid masih dikenang sebagai tokoh inspirasi hingga akhirnya ada beberapa reformasi dilakukanGus Dur untuk memperbaiki tatanan berbangsa.

Gusdur ini memang dikenal sebagai tokoh NU sekaligus masuk sebagai daftar mantan Presiden Indonesia. Tidak banyak kalangan mengetahui seperti apa sejarah seorangGus Dur bisa menjadi Presiden, sebelum akhirnya harus lengser meskipun belum sampai durasi 5 tahun masa jabatan sebagai Presiden. Meskipun menjadi kontroversi mengenai pencopotan Presiden RI tersebut, tentu saja ada beberapa informasi penting yang perlu Anda cermati dalam memahami seperti apa sejarahGus Dur.

sejarah Gus Dur jadi Presiden

Sejarah Gus Dur Jadi Presiden Dari Awal Sampai Lengser

Banyak informasi simpang siur mengenai bagaimana kiprahGus Dur hingga menjadi seorang Presiden dengan Megawati sebagai wakil Presiden pada waktu itu. Tepatnya di tanggal 7 Oktober 1999, Amien Rais beserta Poros Tengah menyatakan secara resmi bahwa Abdurrahman Wahid dinobatkan sebagai calon Presiden. Kemudian sejarah Gus Dur jadi Presiden terus berlanjut pada tanggal 19 Oktober 1999, dimana MPR menolak pertanggungjawaban Habibie hingga mundur sebagai Presiden.

Pada beberapa saat berselang, pihak Akbar Tanjung yang pada saat itu menjadi ketua Golkar dan ketua dari Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan secara resmi bahwa Golkar akan mendukungGus Dur pada pencalonannya sebagai Presiden. Maka dari itu MPR melakukan beberapa rapat besar dan akhirnya memilihGus Dur sebagai Presiden baru.

Secara resmi dari hasil sidang MPR tersebut Abdurrahman Wahid telah menjadi Presiden Indonesia ke 4 dengan raihan total suara mencapai 373. Sedangkan dari pihak Megawati mendapat 313 suara. Meskipun dari pihakGus Dur mendapat kesempatan menjadi Presiden, namun dari pihak pendukung Megawati merasa kurang senang karena harus mendapat posisi sebagai wakil Presiden. Dari sini sejarah Gus Dur jadi Presiden mendapat beberapa kritikan hingga pihak yang tidak senang.

Dari hasil sidang MPR tersebut Megawati mau tidak mau menjadi wakil PresidenGus Dur. Kemudian pihak tertentu meyakinkan ke Jenderal Wiranto untuk tidak ikut campur dalam proses pemilihan wakil Presiden hingga memutuskan PKB mendukung Megawati dan keberhasilanGus Dur untuk meyakinkan Megawati ternyata mendapat keberhasilan.

Pada saat itu tepatnya di tahun 1999 21 Oktober Megawati maju sebagai peserta pemilihan wakil Presiden dan mengalahkan pesaingnya yakni Hamzah Haz dari PPP. AkhirnyaGus Dur dan Megawati berhasil menjadi Presiden dan Wakil Presiden, kemudian membuat kabinet pertama dengan nama Kabinet Persatuan Nasional. Sejarah Gus Dur jadi Presiden terbilang menarik, karena terdapat kabinet koalisi yang meliputi anggota partai politik.

Dalam kabinet Persatuan Nasional tersebut terdiri dari partai koalisi yakni PKB, PDI-P, Golkar, PPP, PAN, hingga Partai Keadilan atau PK. Tidak hanya itu, dari pihak non partisipan juga terdapat dari kalangan TNI. Semenjak resmi menjadi seorang Presiden,Gus Dur langsung membuat dua reformasi yakni membubarkan Departemen Penerangan, kemudian membubarkan Departemen Sosial yang ternyata menjadi sarang utama korupsi.

Kegiatan kabinet pada masa pemerintahan sekaligus jadi sejarah Gus Dur jadi Presiden  memang terkesan menarik. Sebab saat satu bulan masuk di dalam Kabinet Persatuan Nasional, dari pihak Hamzah Haz secara resmi mengumumkan pengunduran diri sebagai Menteri Koordinator Pengentasan Kemiskinan atau Menko Taskin. Bahkan ada beberapa dugaan bahwa mundurnya Hamzah Haz ini disebabkan adanya dugaan dariGus Dur mengenai tindakan korupsi dan tidak kesenangan Hamzah Haz akan kedekatanGus Dur dengan pihak Israel.

Tidak hanya itu, polemik dari pemerintahanGus Dur sendiri berlanjut. KetikaGus Dur melakukan kunjungan ke Eropa di bulan Februari yang manaGus Dur sendiri meminta secara langsung ke Jenderal Wiranto untuk mengundurkan diri dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan. Alasan kenapaGus Dur meminta Wiranto mundur pada waktu itu adalah dianggap sebagai halangan terhadap rencana reformasi militer kemudian adanya tuduhan pelanggaran HAM di Timor Timur terhadap Wiranto.

Setelah pulang dari kunjungan ke luar negeri, Wiranto memberi pemahaman kepadaGus Dur untuk tidak memintanya mundur. Namun, hal tersebut tidak membuatGus Dur berubah pikiran dan tahun 2000 tepatnya di bulan AprilGus Dur meminta Wiranto tetap mundur. Sejarah Gus Dur jadi Presiden semakin mengerucut pada perpecahan antar partai pendukung.

Tepatnya dari pemecatan Menteri Negara Perindustrian dan Perdagangan Jusuf Kalla dan Menteri Negara BUMN Laksamana Sukardi. Alasannya,Gus Dur menuduh keduanya melakukan korupsi meskipun tidak membeberkan seperti apa bukti korupsi dari keduanya. Dari tindakanGus Dur tersebut semakin memperburuk hubunganGus Dur dengan Golkar dan PDI-P yang notabene menjadi partai pendukung.

Gusdur juga berniat menjalin hubungan baik dengan Israel, sehingga ada beberapa kelompok Muslim Indonesia yang memberi rasa kurang senang dengan keputusan tersebut. Beberapa info sejarah Gus Dur jadi Presiden semakin menarik yang nantinya membuat hubungan TNI denganGus Dur mengalami kerenggangan.

Puncaknya, hubungan Gus Dur dengan TNI semakin memburuk ketika terjadi peristiwa Laskar Jihad yang mendapat senjata dari TNI sekaligus melakukan perlawanan terhadap warga Kristen di daerah Maluku. Dari siniGus Dur meminta TNI untuk hentikan aksi Laskar Jihad tersebut. Namun perintahGus Dur tersebut tidak digubris dan tetap melakukan aksinya.

Tepat di akhir tahun 2000,Gus Dur mendapat tekanan dari banyak elit politik yang merasa kecewa dengan kinerjanya sebagai Presiden. Terutama dari pihak Amien Rais yang mana merasa kecewa dengan semua keputusan yang diambil olehGus Dur. Hingga menjadi awal sejarah Gus Dur jadi Presiden pada saat itu.

Pada tahun 2001 menjadi akhir kekuasaanGus Dur yang mana sering terjadi konflik di kalangan elit hingga akhirnya kabinet pun mengumumkan untukGus Dur cepat mundur dari kekuasaan Presiden. Bahkan ada perbedaan visi berlawanan hingga pengambilan kebijakan yang dianggap tidak tepat dengan mengendalikan Partai Keadilan.

Puncaknya pihak DPR mengeluarkan nota kedua dan meminta diadakan sidang istimewa MPR pada 1 Agustus. Dari pihakGus Dur sendiri memberi perintah ke Menko Polsoskam yang saat itu dijabat oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberi status darurat. Akan tetapi Yudhoyono menolak permintaanGus Dur tersebut dan secara otomatis SBY diberhentikan bersama dengan empat menteri lainnya. Bisa dikatakan sejarah Gus Dur jadi Presiden hingga lengser mengalami banyak pergantian menteri di kabinetnya.

Secara resmi pihak MPR memakzulkanGus Dur kemudian menggantikannya dengan Megawati Soekarnoputri. Dari informasi yang sering diperlihatkan dalam kisah hidup seorangGus Dur memang kerap memberi pernyataan dan keputusan kontroversi terutama pada pemberhentian menteri-menteri.

Selain itu masih ada beberapa sejarah Gus Dur jadi Presiden yang masih belum diketahui faktanya. Sehingga ada beberapa spekulasi mengenai apa saja tindakan dari pihakGus Dur untuk melihat hal-hal penting yang selama ini terus diperhitungkan sebagai satu tindakan yang perlu mendapat perhatian khusus saat itu. Beberapa anggapan bahwaGus Dur terlalu fokus pada kegiatan di luar negeri juga sempat mencuat, tetapi dari sinilah kita bisa melihat sepenggal sejarahGus Dur menjadi Presiden.

Post a Comment for "Sejarah Gus Dur Jadi Presiden Dari Awal Sampai Lengser"