Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Teknologi Pertanian, Contoh Dan Manfaat Yang Didapat

Tipsseo.net - Masuk kepada materi pengertian teknologi pertanian, contoh dan manfaat dengan adanya teknologi pertanian bagi kehidupan dan aktifitas manusia. Kalau bicara tentang teknologi pertanian, Anda pasti sudah terfikirkan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan aktifitas dalam bidang pertanian, mulai dari pengolahan lahan, penanaman, perawatan tanaman hingga masa panen. Alat-alat dan metode yang digunakan dalam bidang pertanian tersebut bisa dikategorikan sebagai teknologi pertanian. 

Teknologi pertanian sendiri terus berkembang dari waktu ke waktu. Bisa kita lihat kalau di zaman dahulu para petani masih menggunakan teknologi pertanian secara tradisional dan manual. Kemudian seiring berjalannya waktu pun terus berkembang. Contoh di zaman dahulu petani menggunakan kerbau dan sapi untuk membajak sawah, kalau untuk sekarang, petani sudah menggunakan mesin berupa traktor. Tentu saja kecepatan pengolahan lahan di zaman dahulu dan sekarang menjadi lebih cepat berkat tekbologi pertanian.

Pengertian Teknologi Pertanian, Contoh Dan Manfaat Yang Didapat


pengertian-teknologi-pertanian


Pengertian Teknologi Pertanian

Teknologi pertanian adalah alat, metode, dan proses yang digunakan untuk mengolah dan mendukung seluruh proses di bidang pertanian. Atau bisa disebut juga dengan hal-hal yang berkaitan dengan "cara" juga termasuk dalam jenis kategori teknologi pertanian.

Pengertian teknologi pertanian menurut Prayitno dalam Ilyas (2001), adalah seluruh perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia

Pengertian teknologi pertanian Mardikanto (1993), adalah suatu perilaku produk, informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan

Pengertian teknologi pertanian menurut Soeharjo dan Patong (1984) dalam Wasono (2008) dibagi menjadi 3 hal, antara lain : Teknologi baru hendaknya lebih unggul dari sebelumnya, mudah digunakan; dan tidak memberikan resiko yang besar jika diterapkan.

Teknologi pertanian juga meliputi hal-hal yang berkaitan dengan penelitian di bidang pertanian. Jika dahulu mungkin belum ada alat-alat untuk meneliti sebuah bibit apakah bagus atau tidak dengan menggunakan laboratorium. Dan semuanya masih dikerjakan secara manual. Namun sekarang sudah semakin canggih dengan adanya laboratorium pertanian.

Sekolah di bidang pertanian pun semakin maju dari waktu ke waktu. Mereka bisa melakukan berbagai macam eksperimen karena perkembangan teknologi pertanian ini.

Manfaat Teknologi Pertanian

Manfaat teknologi pertanian juga bisa kita rasakan sekarang dari waktu ke waktu. Tentu saja dengan cepat dan mudahnya pengolahan lahan pertanian salah satunya. Selain itu juga bisa rasakan dalam produksi produk pertanian yang semakin meningkat dari waktu. Secara garis besar beberapa manfaat dari teknologi pertanian antara lain :

  • Mempercepat pengolahan lahan
  • Meningkatkan kemudahan dalam proses dan pengolahan bidang pertanian
  • Membantu meningkatkan produksi pangan dari pertanian
  • Membantu melakukan berbagai macam eksperimen di bidang pertanian
  • Membantu menciptakan pupuk dan obat untuk hama di pertanian
  • Membantu dan memudahkan penelitian penyakit-penyakit dalam proses pertanian

Beberapa manfaat diatas tentu saja bisa di dapatkan apabila berbagai macam teknologi pertanian bisa dimanfaatkan dengan baik. Dan tentu saja membutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak agar setiap petani bisa menggunakan teknologi pertanian terbaru tersebut.

Contoh Teknologi Pertanian

Contoh teknologi pertanian sudah saya singgung sedikit diatas mengenai beberapa alat yang sering digunakan dalam bidang pertanian. Beberapa contoh untuk teknologi pertanian tradisional adalah alat-alat yang digunakan untuk para petani dalam mengolah sawah seperti cangkul, sabit, alat bajak sawah dan sejenisnya. Kemudian semakin berkembang menjadi traktor, mesin peggiling padi dan sejenisnya. Beberapa contoh teknologi pertanian kekinian antara lain :

  • Contoh teknologi pertanian transplanter, yakni sebuah teknologi pertanian yang direkomendasikan oleh Litbang Kementan RI untuk dalam hal penanaman padi masa kini. Teknologi ini dipercaya bahwa bisa meningkatkan hasil pertanian hingga mencapai 30% dari hasil pertanian sebelumnya.
  • Contoh teknologi pertanian sistem indo Combine Harvester. teknologi pertanian yang satu ini adalah alat untuk menjalankan proses panen padi. Khususnya untuk memudahkan pemotongan pada saat proses pertanian
  • Munculnya mesin canggih dalam teknologi pertanian, yakni mesin pemilih bibit unggul. Mesin ini diciptakan untuk pemilihan benih baru seperti bibit jagung hibrida unggul.
  • Munculnya teknologi pertanian baru seperti alat pengering kedelai. Biasanya ini digunakan untuk melakukan pengeringan kedelai. 
  • Teknologi pertanian yang lain contohnya adalah instalasi pengolahan limbah. Biasanya teknologi ini digunakan untuk proses mengolah limbah kemudian dijadikan pupuk untuk tanaman.

Diatas adalah beberapa contoh dari teknologi pertanian terbaru masa kini. Tentu saja dengan munculnya teknologi terbaru tersebut diharapkan bisa semakin memajukan industri pertanian. 

Demikian materi kali ini tentang pengertian teknologi pertanian, contoh dan manfaat yang diberikan dengan adanya teknologi pertanian. Semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Pengertian Teknologi Pertanian, Contoh Dan Manfaat Yang Didapat"