Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Beserta Fungsi Dan Manfaatnya

Tipsseo.net - Pengetahuan dan kemampuan mengelola manajemen sumber daya manusia yang baik harus di miliki setiap pelaku usaha atau pemilik perusahaan. Dimana SDM yang unggul akan mendukung lancarnya proses usaha tersebut.

Tentu bukan hal yang mudah untuk mendapatkan sumber daya manusia yang bagus untuk sebuah usaha yang dijalankan. Harus melalui sebuah seleksi yang baik dan benar. Selanjutnya pun harus memberikan bimbingan dan peletihan khusus agar kualitas majemen sumber daya manusia tersebut tetap bagus dan terus meningkat.

Manajemen Sumber Daya Manusia


manajemen-sumber-daya-manusia


Pengetian Manajemen Sumber Daya Manusia ?

Sumber daya manusia adalah suatu kelompok atau perkumpulan orang yang melakukan kegiatan untuk mendapatkan hasil tertentu. Kemudian manajemen sumber daya manusia adalah sebuah cara mengelola sekelompok orang tertentu demi memaksimalka kegiatan dan hasil. 

Bisa diartikan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah langkah mengelola dan memaksimalkan peran sekumpulan orang untuk target terntentu. Baik itu dalam sebuah kumpulan masyarakat, organisanisai maupun dalam usaha atau perusahaan tertentu.

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut beberapa ahli, antara lain :

1. Pengertian Manajemen Sumbe Daya Manusia Menurut Achmad S. Rucky

MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengemebangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

2. Pengertian Menurut Melayu SP. Hasibuan

MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

3. Pengertian Menurut (Anwar Prabu Mangkunegara, 2001:2)

Menurut pendapat dari Anwar Prabu Mangkunegara, sumber daya manusia (SDM) merupakan sebagai suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Cara Mendapatkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Untuk Sebuah Usaha

Lanjut pada cara mendapatkan atau memperoleh sumber daya manusia yang unggul harus melalui beberapa proses, baik itu dari mulai mendatangkan sumber daya menusia itu sendiri sampai dengan mengelolalnya. Langkah mendapatkan sumber daya manusia unggul tersebut antara lain :

  1. Melakukan proses seleksi atau membuka sebuah lowongan dengan kriteria yang jelas dan juga sesuai dengan peran atau jabatan sumber daya manusia yang dibutuhkan
  2. Melakukan tes secara ketat kepada calon sumber daya manusia yang hendak masuk kedalam sebuah usaha atau perusahaan. Tes tersebut bisa melalui beberapa jenis tes agar bisa mengetahui kemampuan berfikir, otak, fisik kepribadian dan juga skill atau keahlian.
  3. Melakukan training di awal masuknya tenaga SDM yang baru agar mengetahui tugas dan kewajiban yang harus dilakukan
  4. Melakukan pelatihan secara berkala agar kualitas SDM tidak mengalami sebuah penurunan
  5. Memberikan motivasi yang baik agar kinerja SDM tetap semangat dan terjaga dengan baik
  6. Memperhatikan keinginan dan kesejahteraan manajemen sumber daya manusia yang ada dalam sebuah usaha.
Dari beberapa langkah diatas apabila dilakukan dengan maksimal dan konsisten pastinya akan mendapatkan SDM yang berkualitas untuk sebuah usaha atau perusahaan.

Fungsi, manfaat dan tujuan manajemen sumber daya manusia

Lanjut kepada fungsi, manfaat dan tujuan manajemen sumber daya manusia dilakukan. Jadi semua hal diatas dilakukan tentu demi sebuah hasil yang diharapkan. Lalu mengenai fungsi manfaat dan tujuan manajemen sumber daya manusia antara lain sebagai berikut : 

  1. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dan bisa maksimal dalam menjalankan peran mereka masing-masing
  2. Untuk mendukung seluruh proses yang terjadi dalam sebuah perkumpulan, usaha atau perusahaan agar semuanya berjalan dengan lancar dan maksimal.
  3. Demi meningkatkan kualitas hasil dari apa saja yang di kerjakan oleh tenaga SDM tersebut
  4. Demi memajukan sebuah organisasi, instansi atau sebuah usaha atau perusahaan tertentu.
  5. Demi melakukan penghematan dana dan juga memaksimalkan keuntungan dengan adanya peran dari SDM yang berkualitas tersebut.
Kelima hal diatas adalah tujuan, manfaat serta fungsi dari dilakukannya manajemen sumber daya manusia. Jadi kalau prosesnya maksimal dalam setiap tahapannya maka tujuan pun dapat segera tercapai.

Contoh kegiatan manajemen sumber daya manusia

Agar sobat lebih paham lagi, mari kita lanjut pada materi contoh kegiatan manajemen sumber daya manusia yang dilakukan dalam sebuah instansi, organisasi atau usaha tertentu. Contoh kegiatan tersebut antara lain :

  1. Pemberian training teori kepada karyawan dalam ruangan
  2. Pemberian training praktek kerja di lapangan
  3. Memandu seluruh anggota atau karyawan untuk melakukan diskusi bersama dalam sebuah rapat, hal ini bertujuan untuk menignkatkan keaktifan dari para tenaga SDM.
  4. Memberikan out bond kepada anggota atau karyawan demi membangun keakraban sesama tenaga SDM
  5. Memberikan motivasi dan pengarahan secara rutin kepada karyawan dalam 1 bulan sekali

Dan masih banyak lagi contoh kegiatan yang lainnya. Yang pada dasarnya kegiatan manajemen sumber daya manusia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam melakukan peran mereka masing-masing. 

Demikian sobat pembahasan kali ini mengenai pengertian manajemen sumber daya manusia secara lengkap. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Beserta Fungsi Dan Manfaatnya"