Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pantai Sundak, Pantai Dengan Suana Indah Menenangkan Hati Di Gunung Kidul Yogyakarta

Tipsseo.net - Pantai Sundak adalah salah satu pantai unik dari Gunung Kidul beberapa daya tarik tersendiri yang bisa kamu jadikan destinasi wisata bersama keluarga. Seperti beberapa pantai yang lain di Gunung Kidul. Setiap lokasi selalu saja menawarkan sesuatu yang spesial. Sama dengan pantai yang satu ini. Nama Pantai Sundak sendiri dulu terbentuk karena ada perkelahian antara Anjing dan Landak dalam jumlah besar. Anjing dalam bahasa jawa adalah "Asu", maka jadilah nama "Sundak" yang artinya adalah Asu Landak.

Selain latar belakang sejarahnya tersebut, Pantai Sundak juga menyajikan beberapa daya tarik yang lainnya. Mulai dari pemandangannya yang asri dan cukup menawan bagi para pengunjung. Terutama terdapat sebuah iconik atau ciri khusus berupa batu karang besar yang berada di tengah pantai tersebut. Selain itu pantai ini juga sangat luas dengan hamparan pasir putihnya. Hal ini menjadikan area untuk berwisata juga semakin luas saja. Terutama bagi Anda yang ingin mengajak keluarga yang membawa anak kecil, saya rasa pantai yang satu ini cukup cocok untuk direkomendasikan. 

Pantai Sundak Gunung Kidul

pantai-sundak

Tiket Masuk Ke Pantai Sundak

Untuk tiket masuk ke pantai yang satu ini sebenarnya jadi satu dengan TRP di Pantai Baron. Kamu hanya perlu membayarkan Rp.10.000,- saja sudah bisa mendapatkan kunjungan ke beberapa pantai sekaligus. Memang dari banyaknya Pantai di Kabupaten Gunung Kidul memiliki tarif yang cukup murah, padahal pemandangan dan daya tariknya lumayan banyak.

Selain membayar tike masuk, seperti biasa Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Biaya parkir sendiri di sesuaikan dengan jenis kendaraan yang Anda bawa. Mulai dari kendaraan roda dua atau kendaraan bermotor akan ditarik biaya parkir sebesar Rp.2000,-. Sedangkan untuk kendaraan mobil pribadi akan ditarik biaya parkir sebesar Rp.5000,-. Dan untuk kendaraan rombongan yang memakai Bus akan ditarik biaya parkir sebesar Rp.20.000.

Baca juga ulasan menarik lainnya yakni Pantai Siung

Rute Menuju Pantai Sundak

rute-pantai-sundak

Foto by eksotisjogja.com

Rute menuju lokasi Pantai Sundak cukup mudah untuk Anda temukan. Pantai ini berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Cukup dekat dengan Pantai Krakal dan juga Pantai Drini.

Untuk kamu yang berasal dari Kota Yogyakarta bisa mengambil arah ke Wonosari, Kemudian kamu bisa menyusuri Jalan Baron, Setelah itu pertigaan baron kamu ambil arah ke Pantai Drini, dan tinggal lurus sedikit lagi sudah sampai pada Pantai Sundak.

Untuk lokasi Pantai Sundak di Google maps, bisa kamu lihat dibawah ini :

Baca juga 60 Daftar Pantai Di Gunung Kidul

Daftar Hal Menarik Dari Pantai Sundak

Jika kamu berkunjung ke Pantai Sundak. Maka akan mendapatkan beberapa keunikan dan juga hal-hal yang menarik. Hal inilah yang akan menjadikan liburanmu ke pantai yang satu ini menjadi lebih berwarna. Beberapa hal menarik dari pantai sundak tersebut, antara lain :

1. Pemandangan batu karang indah di Pantai Sundak

batu-karang-pantai-sundak

Foto by instagram/coco_z.o.e

Daftar menarik yang pertama dari Pantai Sundak adalah dari segi pemandangannya. Pantai yang satu ini menyajikan pemandangan yang cukup berbeda dengan beberapa pantai lain di Gunung Kidul.

Wilayah pantainya yang luas dengan hamparan pasir putih dan juga beberapa batu karang menjadikan pemandangan pantai ini sedap dipandang mata.

Ditambah dengan airnya yang cukup jernih karena berada di pasir putih dan batu karang terlihat semakin eksotis. Ditambah lagi dengan suasana pantai yang menenangkan bisa membuat kamu lebih fresh ketika mengunjungi pantai yang satu ini.

Jika di sore hari tiba kamu bakal menyaksikan keindahan sunset di ufuk barat dari pantai yang satu ini. pasti bakalan menyenangkan bila mendapati pemandangan sunset indah tersebut.

Baca juga ulasan menarik lainnya yakni Pantai Indrayanti

2. Banyak Spot foto keren di Pantai Sundak

spot-foto-pantai-sundak

Foto by instagram.com/dikiwahyusetiaanggara

Hal menarik yang kedua adalah banyak tersedia spot-spot untuk berfoto yang keren abis. Kamu bisa mengoleksi dan mendapatkan banyak foto dari pantai yang satu ini. 

Buat kamu yang hobi untuk berburu spot indah untuk keperluan fotografi saya yakin Pantai Sundak ini layak untuk kamu kunjungi.

Kemudian buat para selebgram dan juga vlogger yang membutuhkan tempat instagramable dengan datang ke pantai ini saya yakin juga akan mendapatkan koleksi yang keren-keren.

Pastinya kamu juga pengen kan mengabadikan moment-monet liburan bersama dengan teman-teman dan juga keluarga dengan befoto di tempat-tempat yang bagus seperti ini untuk dijadikan sebuah kenangan.

Baca juga ulasan menarik lainnya yakni Pantai Sepanjang Jogja.

3. Bisa melakukan snorkling di Pantai Sundak

snorkling-pantai-sundak

Foto by instagram.com/rik_ki1

Pantai ini merupakan sebuah pantai yang memiliki air yang cukup jernih. Tidak heran jika banyak pengunjung yang bisa melakukan snorkling ke dasaran Pantai Sundak untuk dapat melihat pemandangan karang yang indah dan juga ikan-ikan yang berwarna warni.

Pastinya akan sangat menyenangkan apabila kamu berwisata pantai sambil bisa melakukan eksplorasi keindahan dalam laut tersebut. Kamu juga bisa membawa kamera yang tahan air untuk mengabadikan moment-moment snorkling yang kamu lakukan.

Untuk menyewa peralatan snorkling sendiri kamu bisa membayar sebesar Rp. 100.000,- saja nanti akan dipinjamkan peralatannnya untuk para petugas setempat.

4. Cocok digunakan wisata keluarga bawa anak kecil

wisata-keluarga-panta-sundak

Foto by instagram.com/enik456782310

Dengan dataran pantai yang cukup datar serta banyak pasir putih, Pantai Sundak ini menjadi cocok untuk Anda yang ingin membawa anak kecil untuk bermain kesini. Terutama untuk menuruti liburan liburan sekolah anak atau saudara.

Anak-anak jika diajak kesini bisa bermain pasir pantai dan juga bisa mandi air di tepian dengan aman. Karena memang ombak besarnya berjarak cukup jauh dari tepian pantai tersebut. Kecuali jika air pasang, pada air biasa atau surut ombak di tepian akan menjadi jauh lebih tenang.

5. Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Sundak

Kemudian beberapa fasilitas dan bangunan juga tersedia di area pantai yang satu ini. Tentu ini bertujuan demi kenyamanan dan mencukupi keperluan para pengunjung. Seperti halnya ada beberapa toilet dan kamar mandi umum untuk berganti pakaian. 

Kemudian ada pula beberapa gazebo di area pantai ini yang bisa kamu jadikan tempat nongkrong bersama dengan rombongan ketika beristirahat. 

Lalu ada pula beberapa rumah makan yang buka untuk mencukupi keperluan pengunjung yang ingin makan dan juga mencoba beberapa kuliner laut. 

Meskipun tidak terlalu populer seperti halnya Pantai Parangtritis atau pantai baron, namun nyatanya Pantai Sundak ini memiliki banyak daya tarik dan keindahan yang tidak kalah.

Demikianlah sobat review dari saya mengenai Pantai Sundak, harga tiket masuk, rute menuju lokasi dan beberapa hal terkait daya tarik dan kelebihan dari pantai ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Pantai Sundak, Pantai Dengan Suana Indah Menenangkan Hati Di Gunung Kidul Yogyakarta "