Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pantai Sadeng, Pantai Indah Dengan Kampung Nelayan di Dalamnya

 Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal dengan banyak koleksi pantai di dalamnya dan salah satunya adalah Pantai Sadeng. Pantai yang memberikan beberapa hal menarik di dalamnya. Mulai dari pemandangannya yang indah, cerita sejarah dan juga sekaligus wisata nelayan jika Anda berkunjung ke pantai yang satu ini.

Wisata pantai memang masih menjadi favorit bagi kebanyakan orang untuk mengisi waktu liburan mereka. Karena itu tidak heran jika pantai-pantai pun selalu ramai pengunjung saat liburan panjang tiba. Dan dengan mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul, anda tidak akan kehabisa destinasi wisata pantai. Karena dalam satu kabupaten sendiri ada lebih dari 50 pantai indah di dalamnya. Salah satunya adalah Pantai Sadeng. Di dalamnya terdapat pemandangan lautan yang alami dan eksotis. Deburan ombak laut selatan yang berwarna biru mewarnai pemandangan dari sisi pantai ini. Ditambah lagi dengan susunan batu karang dan perbukitan di sekitarnya yang menjadikan pantai ini memiliki pamdangan dan suasana yang lengkap.

Pantai Sadeng Gunung Kidul

pantai-sadeng

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata pantai yang indah dan menenangkan. Saya kira pantai ini cukup layak untuk di rekomendasikan. Karena memang pantai ini tidak seramai beberapa pantai terkenal lainnya. Justru itulah pengunjung bisa melakukan relaksasi dan menenangkan diri di pantai yang satu ini.

Rute Lokasi Menuju Pantai Sadeng

Alamat Pantai Sadeng berada di Desa Song banyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk rute mennuju pantai ini bisa Anda tempuh melalui 2 jalur sebenarnya. Jika Anda dari arah timur bisa melewati Sukoharja, Wonogiri langsung ke wonosari. Dan juga bisa mengambil arah dari Kota Yogyakarta. 

Untuk rute dari kota Yogyakarta sendiri bisa ditempuh melalui jalan wonosari. Kemudian arahkan ke Ambipitu, kemudian jalan baron, lalu setelah itu ambil ke arah tepus, kemudian ambil arah ke Jepitu lalu masuk ke kecamatan Girisubo, sampai sini Anda tingga menuju desa Song Banyu. Pantai Sadeng berada di dalam desa tersebut.

Lokasi Pantai Sadeng di google maps bisa Anda lihat dibawah ini :

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Sadeng

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Sadeng ini ternyata lebih murah ketimbang beberapa pantai lain di Gunung Kidul. Yakni hanya sebesar Rp.5000,- saja kamu sudah bisa masuk kedalam pantai satu ini. 

Selanjutnya kamu akan ditarik untuk biaya parkir. Biaya parkir sepeda motor sebesar Rp.3000,- kemudian untuk parkir mobil pribadi adalah sebesar Rp.8000,-. 

Daftar Hal Menarik Di Pantai Sadeng

Jika Anda mengunjungi Pantai Sadeng tentu saja akan mendapatkan beberapa hal menarik di dalamnya. Hal inilah yang juga dilakukan para pengunjung ke pantai ini. Mereka memburu sesuatu yang indah di dalamnya. Beberapa hal menarik dari Pantai Sadeng tersebut antara lain :

1. Pemandangan indah dan alami dari Pantai Sadeng

Kenapa ada banyak orang yang ingin menghabiskan waktu liburan untuk ke pantai? pasti salah satu alasannya adalah untuk menikmati keindahan alam. Keindahan air laut, ombak, pasir putih dan pemandangan indah di sekitar pantai.

Di pantai yang satu ini kamu juga bakalan mendapatkan keindahan tersebut. Karena di dalam Pantai Sadeng terdapat pemandangan alam luar biasa indah dan masih alami. Mungkin juga karena pantainya tidak padat pengunjung jadi bisa memandangi kondisi alam dengan lepas dan luas.

2. Banyak terdapat spot foto menarik di dalamnya

Jika kamu menginginkan berfoto di spot-spot yang indah dan keren. Pantai yang satu ini juga memilikinya. Hal ini tentu akan melengkapi kegiatan liburan kamu. Yakni sambil mengambil foto-foto yang keren dari dalam pantai ini.

Kamu juga bisa mengabadikan moment liburan kamu bersama dengan rombongan dengan foto bersama-sama. 

Beberapa spot foto menarik di Pantai Sadeng misalnya berfoto dengan naik perahu, berfoto diatas pasir putih, berfoto di bebatuan karang atau bisa juga dengan mengambil foto naik di perbukitan pantai disekitarnya.

3. Terdapat kampung nelayan di dalamnya

kampung-nelayan-pantai-sadeng

Foto by instagram / vjaerial

Salah satu ikonik yang menjadi ciri khas pantai ini adalah adanya kampung nelayan di dalamnya. Memang di sini banyak para nelayan memarkirkan perahu nelayan mereka. Dan banyak pula nelayan yang tinggal di kampung sekitaran pantai ini.

Tentu saja ini menjadi pemandangan yang menarik. Kita bisa melihat bagaimana para nelayan mengoperasikan perahu-perahu dari pantai ini.

Sebagian perahu tersebut juga disewakan untuk para pengunjung yang ingin mencoba naik dan berjalan-jalan di tepian-tepian pantai menggunakan perahu. 

Makanya kalau ke pantai ini jangan lupa untuk mengambil foto - fofo naik perahu karena sebagai ikonik dari Pantai Sadeng.

4. Banyak spot pemancingan ikan untuk pengunjung

Selain nelayan ikan, banyak juga para wisatawan yang ikut memancing di Pantai Sadeng. Karena memang di pantai satu ini terdapat banyak spot-spot untuk mancing ikan yang bagus. 

Anda juga bisa memanfaatkan waktu liburan kamu berkunjung kesini sambil memancing tentu saja. Pastinya menjadi kegiatan hal yang unik dan menyenangkan apabila bisa memancing di tempat yang indah seperti di pantai yang satu ini.

5. Bisa mencicipi kuliner seafood dari Pantai Sadeng

Selain itu Anda juga bisa mencicipi wisata kuliner yang ada di dekat pantai ini. Karena memang ada beberapa warung makan yang buka di area pantai satu ini.

Terutama untuk warung yang menyediakan hidangan seafood seperti ikan, kepiting dan udang tersedia di warung-warung tersebut. Pastinya akan menjadi sesuatu yang menyenangkan apabila mencicipi seafood di lokasi pantai.

6. Fasilitas yang ada di Pantai Sadeng

Meskipun pantai yang satu ini tidak seramai Parangtritis atau Baron, nyatanya untuk fasilitas yang ada di dalamnya sudah lumayan lengkap. Mulai dari tersedianya kamar mandi umum, kemudian tersedia toilet umum.

Lalu untuk keperluan konsumsi sudah ada beberapa warung yang menjual aneka minuman dan juga makanan di area pantai.

Jika liburan panjang tiba biasanya fasilitas akan menjadi lebih lengkap lagi. Karena biasanya pada saat liburan panjang akan ada banyak penjual oleh-oleh yang berdagang di kawasan pantai Sadeng ini.

Bagaimana sobat, tertarik untuk ke pantai ini? Kalau iya kamu bisa mencoba datang di hari liburan terdekat yang kamu miliki. Namun jangan lupa kita sebagai pengunjung harus saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan pantai dengan baik, dengan begitu pantai akan terlihat rapi dan bersih serta tetap terjaga keindahannya.

Demikian sobat ulasan kali ini mengenai Pantai Sadeng Gunung Kidul. Informasi harga tiket masuk, rute menuju lokasi dan juga beberapa hal menarik yang ada di dalamnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Jangan Lupa kunjungi juga beberapa pantai lainnya di Gunung Kidul, antara lain :

  • Pantai Krokoh
  • Panai Karang Telu
  • Pantai Nguluran
  • Pantai Watu Kodok
  • Pantai Torohudan
  • Serta beberapa pantai menarik lainnya.

Post a Comment for "Pantai Sadeng, Pantai Indah Dengan Kampung Nelayan di Dalamnya"