Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Dan Adat Di Gunung Kidul Yang Mempesona

Tipsseo.net -  Pantai Ngobaran adalah salah satu destinasi wisata pantai di Gunung Kidul yang cukup unik yang bisa dijadikan tempat wisata pantai dan wisata budaya. Karena memang tempat wisata yang satu ini cukup berbeda dengan beberapa destinasi lain di Gunung Kidul. Selain menyajikan keindahan alam yang memukau, ternyata Pantai Ngobaran ini juga terkenal akan budaya dan upacara adat penduduk sekitar yang masih kental hingga saat ini. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang membuat nama Pantai Ngobaran semakin terkenal dari waktu ke waktu.

Pantai ini bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk berlibur kamu dan juga keluarga tentunya. Dari kutipan diatas kamu akan mendapati sebuah pemandangan indah laut selatan sekaligus juga bisa menyaksikan upacara adat dari masyarakat sekitar. Kalau dari segi pemandangannya sendiri pantai cukup mengagumkan. Kamu akan disuguhkan dengan perbukitan hijau yang ada di sekitaran pantai sekaligus menikmati indahnya deburan ombak biru yang mengenai batu karang di sekitaran pantai. Namun jika kamu berkunjung dan berada di perbukitan tersebut harus ekstra hati-hati karena cukup curam mengarah ke pantai.

Pantai Ngobaran

pantai-ngobaran

Foto by instagram / rizkynur023

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Harga tiket untuk masuk ke Pantai Ngobaran ini juga murah sekali. Kalau dulu tahun 2017 saya pribadi pernah berkunjung ke pantai ini hanya ditarik tiket sebesar Rp.5000,- saja. Namun setelah tahun 2020 ini kabarnya tiket untuk masuk di pantai tersebut adalah Rp.10.000,-. Dengan harga segitu sih sangat murah sekali, apalagi jika sudah masuk kedalam bisa menikmati indahnya wisata Pantai Ngobaran.

Kemudian seperti biasanya kalau kamu hanya perlu membayar biaya lainnya berupa uang parkir. Uang parkir untuk kendaraan bermotor akan dikenakan tarif sebesar Rp.3000,-, kemudian untuk mobil pribadi akan dikenakan biaya sebesar Rp.5000,- kemudian untuk rombongan yang menggunakan bus akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.20.000,-.

Baca juga daftar 60 Pantai Di Gunung Kidul lainnya, agar kamu dapat lebih banyak informasi pantai yang menarik.

Rute Menuju Pantai Ngobaran

rute-lokasi-pantai-ngobaran

Foto by Google Maps/Evelyn Firda

Untuk bisa berkunjung ke Pantai Ngobaran, perlu kamu ketahui bahwa pantai ini beralamatkan di Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul. Kalau kamu yang sudah pernah datang ke Pantai Baron atau beberapa pantai lain di Tepus sebenarnya lebih mudah untuk menemukan pantai ini.

Rute menuju Lokasi Pantai Ngobaran dari Kota Yogyakarta bisa kamu tempuh melalui jalur arah ke Wonosari, kemudian kamu tinggal mengikuti jalan baron dan ikuti jalan menuju ngrenehan. Setelah itu kamu akan menemukan jalan ngobaran, di jalan tersebut kamu tinggal mencari plang atau petunjuk masuk Pantai Ngobaran.

Lokasi Pantai Ngobaran pada google maps bisa kamu lihat dibawah ini :

Baca juga ulasan menarik dari kami tentang : Pantai Krakal

Hal Menarik Di Pantai Ngobaran

Lanjut pada hal atau daya tarik apa saja yang ada di Pantai Ngobaran. Ketika kamu berkunjung sudah pasti mengharapkan sesuatu yang spesial pastinya. Beberapa daya tarik atau hal menarik dari Pantai Ngobaran antara lain :

1. Wisata adat di sekitar Pantai Ngobaran

wisata-adat-pantai-ngobaran

Foto by instagram.com/ndromorrow

Hal menarik yang pertama seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas. Bahwa jika kamu datang ke pantai ini, kamu juga akan disuguhkan dengan wisata adat dan upacara adat sekitar pantai tersebut. Masyarakat disini sering mengadakan beberapa ritual selamatan di dekat pantai dengan tujuan untuk menolak balak. 

Pemandangan ini bisa juga menjadi sebuah pelajaran betapa banyaknya keragaman budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia dan juga sekaligus satu cara kita untuk mewujudkan persatuan meskipun berbeda-beda keyakinan.

Baca juga ulasan pantai lainnya, yakni Pantai Kayu Arum

2. Banyak pemandangan keren di Pantai Ngobaran

pemandangan-pantai-ngobaran

Foto by instagram/ariyaniyantut42

Selain wisata adat istiadat, di Pantai Ngobaran ini kamu juga bakal menemukan pemandangan pantai yang luar biasa indahnya. Apalagi jika kamu sedang berada di perbukitan diatas Pantai Ngobaran. Kamu bakalan bisa melihat luasnya laut selatan serta menikmati pemandangan alam sekitar,

Jika kamu masih belum puas mengenai pemandangan yang kamu lihat, kamu juga bisa sambil melakukan hiking di perbukitan tersebut untuk melihat pemandangan yang lebih banyak lagi dari sekitar Pantai Ngobaran.

Baca juga ulasan pantai lainnya tentang : Pantai Wedi Ombo

3. Melihat sunset di Pantai Ngobaran

sunset-pantai-ngobaran

Foto by instagram.com/bisrimuhammad_

Jika waktu sore hari sudah tiba, maka kamu bisa melihat sunset yang indah dari Pantai Ngobaran ini. Kamu bisa melihatnya dari atas maupun turun kebawah untuk melihatnya dari pantai. Hal ini pasti akan semakin menyenangkan apabila kamu datang atau berada di lokasi pada saat sore hari. Ditambah lagi ditemani dengan pasangan atau keluarga tercinta, pasti akan semakin terasa indah pemandangan tersebut.

4. Banyak spot foto keren di Pantai Ngobaran

spot-foto-pantai-ngobaran

Foto by instagram.com/aguzprasetiya

Buat kamu yang hobi atau suka berfoto-foto, baik itu selfi maupun memburu foto-foto eksotis, di Pantai Ngobaran ini juga bisa kamu dapatkan. Karena memang banyak sekali tempat-tempat yang bagus yang bisa kamu ambil gambar sebagai kenang-kenangan pribadi maupun untuk koleski di media sosial.

Pastinya kamu bakalan mencari tempat seperti ini kan jika berkunjung ke tempat wisata tertentu yakni untuk mengabadikan juga moment liburan bersama dengan orang-orang terdekat Anda.

Baca juga ulasan pantai lain di Gunung Kidul yakni Pantai Banyunibo

5. Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai ngobaran

Selain beberapa daya tarik diatas Pantai Ngobaran juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tersedianya toilet dan juga kamar mandi umum untuk para pengunjung dan juga wisatawan yang datang.

Selain itu buat kamu yang ingin makan dan santap kuliner pantai, di dekat pantai ngobaran ini juga tersdia beberapa warung yang menjual aneka seafood. Seperti menjual udang, menjual ikan dan sejenisnya. Pastinya liburan pantai kamu makin berasa jika sambil menyantap seafood.

Lalu jika sudah selesai kamu juga bisa membeli beberapa cenderamata dan oleh-oleh dari penjual yang ada di sekitar Pantai Ngobaran. Ini bisa kamu gunakan sebagai oleh-oleh orang dirumah ketika pulang atau bisa kamu jadikan sebuah kenangan tersendiri bahwa kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai Ngobaran.

Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan ketika pergi berwisata adalah untuk saling mengingatkan dalam hal menjaga kebersihan pantai agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Karena kebersihan pantai akan menjadi penentu keindahan pantai itu sendiri.

Well, itulah beberapa review dari saya sobat mengenai Pantai Ngobaran, harga tiket masuk, rute dan berbagai hal menarik di dalamnya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Dan Adat Di Gunung Kidul Yang Mempesona"