Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Nilai-Nilai Dalam Islam Modern Yang Dihadapi Generasi Sekarang

Tipsseo.netNilai-Nilai Dalam Islam Modern Yang Dihadapi Generasi Sekarang-Semua pasti sudah tahu, bahwa teknologi semakin lama semakin maju. Segala peralatan manusia juga semakin canggih. Bahkan sekarang manusia lebih dimudahkan dengan adanya teknologi tersebut. Harusnya bukan bertambah mundur, tetapi bertambah maju atau modern. Namun bukan berarti menghilangkan nilai-nilai ajarannya. 

Kemajuan teknologi memang memberikan segala kemudahan. Namun di setiap kelebihan tersebut pastinya terdapat kekurangan. Terutama dalam hal pengajaran Islam. Hampir semua orang tua muslim ingin memberikan pendidikan yang tinggi, namun tidak menghilangkan ajaran-ajaran islam.  Untuk itu diperlakukan pengetahuan kewajiban orang tua terhadap anak. simak juga tentang konsep dan kerukunan antar umat beragama

nilai-nilai dalam Islam modern
nilai-nilai dalam Islam modern

3 Kewajiban Orang Tua Dalam Mengajarkan Nilai-Nilai Islam Modern

Di dalam Islam, seorang anak memiliki kedudukan tersendiri. Setiap anak berbeda, sehingga setiap orang tua harus bisa memiliki model atau cara mendidik anak. Terutama memasukkan nilai-nilai dalam Islam modern. Untuk itu, orang tua harus mengetahui kewajiban-kewajiban yang harus diajarkan kepada anaknya.

Memberikan hubungan dasar kepada Allah SWT

Sebagai orang tua sepatutnya yang pertama diajarkan adalah tentang Tuhannya. Kenalkan kepada anak-anak siapa Allah, dan kenapa wajib taat kepadaNya. Berikan penjelasan bahwa dengan taat kepadaNya, hidupnya akan lebih baik dan bahagia. Bukan karena Allah adalah pencipta atau pemilik hidup. Dengan demikian, anak tidak akan menganggap Tuhannya sebagai pengawas atau hakim.

Berikan pola asuh yang tepat bagi anak dengan memasukkan nilai-nilai dalam Islam modern namun tidak memaksakan langsung kepada anak. Untuk memulai, ajarkan salat sejak dini. Dan itu juga bisa sebagai salah satu cara untuk mengajarkan arti habluminallah. Berikan pula pengertian arti dalam mengeĊ•jakan salat, kenapa harus salat?

Memberikan hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya

Salah satu peran manusia adalah sebagai makhluk sosial. Artinya mereka tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Untuk itu, menjaga hubungan baik dengan sekitarnya juga diperlukan setelah mengerjakan habluminallah. Ajarkan anak cara bergaul yang baik dengan sesama, cara menghormati yang lebih tua.

Apalagi di zaman modern ini. Kebanyakan dari orang tua lebih sibuk dengan pekerjaannya dibandingkan untuk mendidik anaknya. Meskipun zaman sudah berubah, namun penerapan ajaran Islam jangan sampai terlupakan. Anggap saja bernama nilai-nilai dalam Islam modern. Nilai-nilai yang tidak akan kekang oleh waktu.

Memberikan dasar yang kuat untuk menghadapi zaman modern

Semakin hari semakin banyak tantangan yang akan dihadapi oleh anak kelak di masa depan. Oleh karena itu, berikan pendidikan dasar pada anak-anak. Misalnya bagaimana dia harus selalu menjadi kuat imannya. Selalu santun kepada sesama, serta kuat ilmu agama dan umumnya. Berikan ajaran agar dia bisa bertahan dan selalu memiliki solusi di setiap permasalahannya.

Memang tidak mudah untuk memasukkan nilai-nilai dalam Islam modern kepada anak sekarang. Apalagi sejak majunya teknologi informasi. Banyaknya informasi yang beredar mungkin akan membingungkan anak-anak. Untuk itu, sebagai orang tua juga perlu pengetahuan luas untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

4 Tantangan Untuk Memasukkan Nilai-Nilai Dalam Islam Modern

Teknologi yang maju memang membuat mudah semua pekerjaan, namun tidak bisa dihindari akan tantangan yang akan dihadapi. Memang tidak ada panduan atau sekolah untuk menjadi orang tua yang baik. Tapi orang tua juga dituntut sebagai pendidik anak yang baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Untuk itu, ketahui beberapa tantangan yang akan dihadapi orang tua modern.

Informasi yang terlalu banyak

Kemajuan teknologi informasi memang memudahkan orang tua untuk mencari referensi menjadi orang tua yang baik yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Islam modern.  Berbagai macam pola pengasuhan melalui media sosial yang dibagikan oleh berbagai influencer. Dan itu sering membuat bingung orang tua untuk menerapkannya.

Di dalam Islam sudah jelas diajarkan pola asuh anak yang sesuai dengan ajaran Islam. Misalnya pola pengasuhan anak dan remaja harusnya berbeda. Untuk anak-anak diasuh seolah dia adalah raja, namun ada batasannya. Sedangkan pola asuh pada anak remaja adalah membuat dia sebagai teman.

Dibanding-bandingkan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap anak memiliki keunikan sendiri-sendiri. Mulai dari kecil sampai dewasa tidak mau dibanding-bandingkan dengan orang kain. Selain jangan suka membandingkan dengan orang lain, perlu memasukkan juga  nilai-nilai dalam Islam modern. Karena pengajaran anak jaman dahulu berbeda dengan sekarang.

Pola asuh yang berbeda

Untuk masalah ini, biasanya muncul ketika hidup bersama orang tua atau mertua. Seringkali orang tua dahulu memaksakan kehendak untuk menerapkan pengasuhan anak yang sudah menjadi tradisi turun temurun. Namun, kebanyakan orang tua muda memiliki pandangan pengasuhan yang berbeda.

Untuk mengatasinya, cobalah bicarakan dengan orang tua atau mertua. Diskusikan dan berikan pemahaman cara mengasuh anak yang sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga bisa memasukkan nilai-nilai dalam Islam modern. Ingat, untuk tetap menghormati mereka.

Gadget dan anak

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang gadget merupakan alat penting. Apalagi pada musim pandemi Covid 19. Hampir semua tugas sekolah anak menggunakan gadget. Tak sedikit orang tua juga menurunkan pengawasan terhadap gadget yang dipegang anak. Bukan hanya kelebihan yang didapatkan, namun tak sedikit kekurangannya.

Itulah beberapa tantangan yang dihadapi oleh orang tua modern dalam memberikan pengajaran yang berdasarkan nilai-nilai dalam Islam modern. Memang tidak mudah untuk mengajarkannya, namun tidak ada yang sulit jika dihadapi bersama. Namun tetapi diingat, ajarkan anak namun jangan memaksakan tradisi sendiri kepada anak. Karena kedepannya mereka akan hidup di era yang berbeda.

Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin maju. Ketika anak-anak mulai mencari jati diri dalam agama Islam, ibaratnya seperti dua sisi uang koin yang berbeda. Dengan adanya teknologi, mereka akan sangat mudah mendapatkan informasi agama Islam hanya dengan menggunakan ujung jari. Dan informasi apapun akan muncul di layar.

Dengan banyaknya informasi yang didapatkan akan membuat mereka belajar semuanya. Bisa mengetahui segala informasi yang mungkin tidak bisa dijawab oleh orang tua mereka tentang nilai-nilai dalam Islam modern. Sehingga bisa menjadi generasi Islam yang menjadi pemecah masalah, penemu, pemikir, dan banyak sebagainya.

Karena selalu mendapatkan informasi segala hal, maka generasi sekarang lebih banyak melakukan dengan pencapaian berbagai hal dibandingkan orang tua mereka. Namun harus tetap ada dasar ilmu pengetahuan agama Islam. Karena beberapa informasi tentang Islam modern ada yang berusaha menyesatkan. simak juga tentang cara mendidik anak secara islami

Selain itu, adanya basis pengetahuan yang kuat tentang ajaran Islam juga bisa menjawab yang mungkin dari pertanyaan  rekan-rekannya. Karena untuk memudahkan mencari rujukan. Untuk menghadapi era yang modern, kuncinya adalah dari dukungan orang tua. Sehingga nilai-nilai dalam Islam modern tidak membuat mereka jauh dari keluarga, terutama iman mereka. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Nilai-Nilai Dalam Islam Modern Yang Dihadapi Generasi Sekarang"