Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Website Dengan Python

Tipsseo.net - Membuat Website Dengan Python – Dengan berkembangnya teknologi dan berbagai aplikasi membuat banyak orang berpikir untuk terjun dalam dunia coding, alhasil banyak sekali pemula yang bingung untuk memulai langkah awalnya.

Salah satu bagian dari bahasa pemrograman yang paling banyak diminati adalah python. Python masih memakai filosofi perancangan dengan fokus kepada tingkat keterbacaan kode, dengan begitu python mampu menggabungkan kemampuan, kapabilitas dan sintaksis kode dengan baik.

Membuat Website Dengan Python

Keunggulan Membuat Website Dengan Python

Mudah dipelajari

Semua bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali python. Sebelum Membuat website Dengan Python alangkah baiknya kita mempelajari fitur yang membuatnya istimewa. Bahasa pemrograman python sangat mudah dipelajari dibanding bahasa pemrograman lainnya, hal ini karena python menggunakan sintaks-sintaks yang sederhana sehingga lebih dinamis dan memimiliki tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

Free dan open source

Bahasa pemrograman python dapat diunduh secara gratis, selain itu juga memiliki lisensi open source yang disetujui OSI, hal ini memungkinkan bahasa pemrograman python bebas untuk digunakan dan didistribusikan bagi kebutuhan komersil

Fleksibel

Bahasa pemrograman python sangat fleksibel. Membuat Website Dengan Python bisa dilakukan dengan segala sistem operasi seperti, Unix, mac Os, Windows, atau bahkan perangkat seluler sekalipun.

Mudah Diaplikasikan

Kelebihan bahasa pemrograman python dalam sistem pengaplikasiannya membuatnya mudah digunakan dalam pengembangan suatu produk, seperti situs, software dan video game.

Membuat Website Dengan Python

Bahasa pemrograman Python digunakan pada pembangunan aplikasi web sisi bagian server. Python tidak digunakan pada browser web, hal ini karena browser web seperti chrome, firefox, dan internet explorer menggunakan bahasa pemrograman dalam bentuk java script.Jika Anda ingin membuat website dengan python terlebih dahulu Anda harus menguasai HTML,CSS dan Java Script, karena bahasa pemrograman python sendiri tidak bisa berdiri sendiri alias selalu membutuhkan unsur pendukung.

Alat Membuat Website Dengan Python

Bahan paling utama yang harus ada setiap kali membuat website Python adalah web server, untuk membuat web server bisa menggunakan Apache atau langsung paket XAMPP. Bagi para pengguna linux python akan otomatis terinstall, namun bagi pengguna windows harus melakukan install terlebih dahulu.

Bahan yang kedua adalah CGI (common Gateway Interface), CGI sendiri adalah sebuah aplikasi yang akan bertugas untuk menjalankan script yang Anda buat dan dikeluarkan sebagai sebuah halaman website hingga memberi solusi dalam membuat website Dengan Python.

Menulis Script Dalam Membuat Website Dengan Python

Script sendiri dalam sebuah kode atau perintah yang digunakan untuk bahasa pemrograman, termasuk python. Yang lebih menarik adalah suatu website yang bagus dapat dilihat dari seberapa rumit script yang digunakan. Untuk menuliskan script dalam membuat website memakai Python memiliki beberapa cara seperti berikut ini.

Menggunakan Command Prompt atau CMD

Untuk menggunakan command line di proses membuat website Dengan Python harus masuk pada menu windows explorer, setelah itu masuk ke disk “C” maka akan ada folder dengan nama “python35” setelah itu klik dua kali pada folder “Python” dan akan muncul layar berwarna hitam seperti layar command prompt.

Selain cara di atas Anda juga bisa langsung masuk pada menu CMD, ubah direktori dengan mengetik “CD C:/” lalu ketik “C:/Python35/python.exe” maka tampilannya akan berubah menjadi layar window hitam dengan tulisan-tulisan putih. Selanjutnya Anda hanya tinggal memasukkan script sesuai keinginan.

Menggunakan IDLE

Untuk menggunakan IDLE di dalam membuat website Dengan Python caranya sama dengan menggunakan CMD, bedanya layar IDLE berwarna putih bukan hitam, hal ini terjadi karena IDLE tidak menggunakan fasilitas milik CMD pada windows tetapi membangun GUInya sendiri.

Menambahkan CSS Dalam Membuat Website Dengan Python

CSS adalah sebuah bahasa Cascading Style Sheet yang digunakan untuk mengatur elemen yang tertulis dalam Script. Membuat website memang tidak selalu harus memakai CSS, namun tampilan yang menggunakan CSS akan lebih bervariatif dan terkesan unik.

Contoh Aplikasi Yang Dibuat Dengan Python

Setelah berbicara banyak hal, membuat website  mungkin akan menjadi salah satu pilihan Anda. Tidak heran karena berbagai kelebihan yang Ia miliki banyak sekali developer yang menggunakannya, tidak hanya dalam web tetapi juga desktop bahkan video game hingga memaksimalkan proses membuat website Dengan Python

Web Based

Web based merupakan aplikasi yang berbasis web, banyak sekali situs-situs besar berbasis web yang menggunakan bahasa pemrograman python. Seperti, Instagram, spotify, youtube, dan dropbox. Setiap orang  pasti mengetahui atau paling tidak pernah mendengar tentang situs-situs yang saya sebutkan.

Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop adalah situs berupa aplikasi yang bisa diakses dengan komputer atau laptop. Aplikasi desktop yang menggunakan python antara lain, bazaar, bitlander dan cinema 4D. Bagi para pengguna windows mungkin masih sedikit asing dengan aplikasi yang saya sebutkan, namun bagi para pengguna linux pasti sudah sangat familiar dalam membuat website Dengan Python

Video Game

Tidak hanya digunakan developer website dan aplikasi, python ternyata juga banyak digunakan oleh developer pembuat game. Seperti, Battlefield 2, Bridge Commander dan Civilization 4.

Dari sekian banyak banyak pengguna python, maka mungkin belajar membuat website dengan Python dan Membuat website dengan Python Django harus menjadi salah satu prioritas Anda.


Post a Comment for "Membuat Website Dengan Python"