Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memahami Makna Islam Rahmatan Lil Alamin Secara Luas

Tipsseo.netMemahami Makna Islam Rahmatan Lil Alamin Secara Luas - Islam merupakan agama terakhir yang diturunkan oleh Allah ke muka bumi ini dan disebar luaskan oleh rosulnya yang mulia yang bernama Nabi Muhammad Salawlahu Alaihi Wassalam. Perjuangan nabi dalam menyebarkan dan mengajarkan Islam kepada seluruh umatnya memiliki sejarah perjuangan yang luar biasa, banyak orang yang menghalangi bahkan menentang ajaran dari Beliau.

Hanya sebagian orang terdekat dan orang yang telah dibukakan pintu hatinya oleh Allah yang mendukung dan membantu perjuangan beliau. Penyebaran agama Rahmatan Lil Alamin ini bergerak dengan pelan tapi pasti. Hingga terbukti setelah kembali dari Kota Madinah beliau memiliki banyak umat. Bahkan saat ini, agama Islam merupakan agama yang paling banyak dipeluk, khususnya Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar. simak juga tentang contoh akhlak Nabi Muhammad SAW

Islam Rahmatan Lil Alamin
Islam Rahmatan Lil Alamin

Memahami Islam Rahmatan Lil Alamin Secara Luas

Banyak makna yang terselip dalam kata Islam Rahmatan Lil Alamin. Meskipun pada dasarnya maksud di dalamnya tersebut sama. Untuk itu tidak boleh dipermasalahkan antara satu presepsi dengan pendapat lain yang berbeda. Mengingat setiap orang memiliki cara berfikir dan kepemahaman yang berbeda. Meski demikian, pemaknaanya harus diluruskan agar tidak keluar dari inti atau makna yang terdapat di dalamya yang dapat membahayakan.

Kepahaman Dalam Memaknai Islam Rahmatan Lil Alamain

Islam mengalami perkembangan yang luar biasa hingga dalam jangka waktu sekitar 22 tahun telah berhasil mendominasi agama masyarakat di negara arab. Di usianya yang cukup lama ini, Islam dapat berkembang luar biasa dan menjadi agama dengan jumlah penganut yang luar biasa dan menjadi agama dengan jumlah pengikut paling banyak. Hal tersebut disebarkan pertama oleh pribadi yang santun, sederhana dan dipenuhi oleh keistimewaan dari Allah.

Dan perjuangan tersebut diteruskan oleh para khalifah Islam yang terus menyebar luaskan agama ke daerah lain di seperti Persia, Afrika, India, hingga ke semenanjung melayu dan berbagi negara lainnya. Setiap bangsa memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga sangat cocok dengan makna Islam Rahmatan Lil Alamin. Di mana kita harus menjaga toleransi dengan berbagai pihak yang memiliki perbedaan latar belakang, ras, suku, maupun bahasa.

Justru bahwa berbagai perbedaan tersebut yang menjadi penguat antara umat tersebut. Bukankah dari manapun asal latar belakang kita, selama sama-sama Islam maka kita adalah seorang tersebut merupakan saudara. Dan seorang saudara seharusnya saling membantu, saling memahami, saling toleransi dalam beberapa hal yag berbeda. Kecuali adalah akidah yang harus dipegang dengan benar. Sedikit saja kesalahan akidah akan berdampak fatal.

Dalam Islam Rahmatan Lil Alamin manusia yang baik adalah mereka yang mampu menjaga hubungan antara horizontal dan vertikal secara bersamaan. Dan pada dasarnya kedua hal tersebut saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Hubungan vertikal yang dimaksud tidak lain adalah hubungan langsung dengan Allah. Sebagai makhluknya kita memang bukan apa-apa tanpa bantuan dan izin dari Sang Maha Pencipta.

Untuk itu, ikutilah perintah dan larangan Allah. Bukan untuk Allah melainkan untuk diri anda pribadi. Jika anda benar-benar mengikutinya anda juga yang akan untung. Anda akan mendapat kedamaian dalam menjalani kehidupan di dunia ini yang penuh dengan problematika. Selain itu, dengan ibadah diri anda akan jauh lebih dekat dengan Allah. Hal itu akan meningkatkan rasa syukur dan karakter diri anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Dengan menyandarkan segala sesuatu kepada Allah. Hal tersebut harus dilakukan dengan disertai doa dan usaha yang kuat. Jika hal itu baik untuk anda maka pastilah akan terkabulkan. Selalu ingat jika Allah memberi apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan kepada hambanya yang beriman. Hal ini juga yang meningkatkan kita untuk menjadi seseorang yang menganut Islam Rahmatan Lil Alamin.

Hubungan kedua yang harus dijaga adalah hubungan horizontal. Hal ini justru memiliki tantangan tersendiri yang luar biasa. Mengingat setiap kepala memiliki karakter yang berbeda meski mereka saudara. Perlu saling pengertian dan kepamahaman antara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Untuk itu sangat penting memiliki pengetahuan luas untuk mampu memahami keadaan yang sedang terjadi dan berbagai prepektif dari orang lain.

Critical thinking juga sangat diperlukan untuk memilah informasi yang di dapatkan. Mengingat saat ini semua orang dapat menyebarkan berita. Dan tidak semua berita tersebut adalah benar. Sangat disayangkan jika kita ikut menyebarkan berita bohong tersebut. Ditakutkan justru akan menzolimi orang lain. Untuk itu berpikir kritis dengan wawasan luas menjadi usaha mewujudkan  Islam Rahmatan Lil Alamin di lingkungan bermasyarakat.

Bersosialisasi dengan yang lain sangat dilakukan memang membatasi diri dalam lingkungan pertemanan itu perlu. Namun, jangan sampai anda membatasi pertemanan. Pribadi andalah yang seharusnya pandai dalam memposisikan diri untuk mengkontrolnya dengan baik. Selalu jaga toleransi antar teman dan akan jauh lebih baik jika anda terus berusaha dengan konsisten untuk memperluas pengetahuan dan wawasan anda di bidang agama dan bidang lain.

Belajarlah agama pada orang yang tepat. Ditakutkan jika tidak justru presepsi yang berlainan dengan Islam Rahmatan Lil Alamin. Seperti banyak kasus teroris yang terjadi saat ini, yang justru melakukan hal yang tidak diperbolehkan dalam Islam, beberapa diantaranya adalah dengan bunuh diri dan menyakiti orang lain. Pemaham Islam yang kelitru tersebut mampu memberikan pengaruh fatal bagi dirinya pribadi maupun orang lain.

Bertukar fikiran dengan orang lain memang perlu. Namun, perbanyaklah pertemanan, jangan itu-itu saja. Maka dengan banyaknya pertemanan maka fikiran anda akan menjadi lebih terbuka terhadap berbagai hal yang terjadi saat ini. Dan anda dapat memiliki banyak pemikiran yang berbeda yang diutarakan teman anda dalam satu moment yang sama. Dengan begitu juga dapat melatih anda untuk berpikir dari berbagai aspek yang berkaitan.

Pemikiran luas akan memberikan peluang tersendiri dalam menghadapi problematika kompleks yang terjadi saat ini. Untuk dapat mengatasi masalah pribadi maupun masalah orang lain. Pikiran luas juga akan mengajarkan anda untuk mampu bersikap dewasa. Dan hal ini tidak dapat dilakukan dengan cara instan dan harus dilatih dengan benar, telaten, dan konsisten dengan penerapan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Meski penerapannya memiliki tantangan yang berbeda di setiap masa. Bukan berati hal tersebut tidak mungkin tercapai. Dengan keyakinan dan semangat penerapan yang tinggi, pastilah ada hal baik juga yang menjadi tibal balik yang akan diterima. simak juga tentang pribadi Gus Miek

Penerapan Islam Rahmatan Lil Alamin memiliki makna yang beragam. Namun intinya menjaga hubungan baik antara Allah dan manusia. Memang tidak mudah, dan terdapat tantangan besar dalam penerapannya. Namun, tidak ada hal yang tidak mungkin jika diizinkan Allah.Kita harus mencobanya mulai dari diri kita sendiri. Selalu berdoa dan berusaha agar diri kita tetap berada di jalan yang lurus. Dan menjadi manusia beriman yang mampu memberikan manfaat.

Post a Comment for "Memahami Makna Islam Rahmatan Lil Alamin Secara Luas"