Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Link Dan Cara Daftar Bansos PKH, IBu Hamil Dan Balita

 Cara daftar Bansos PKH tahun 2021 - Bansos atau bantuan sosial adalah sebuah program pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia. Tentu saja tujuan utamanya adalah meringankan beban masyarakat kita. Apalagi setelah dilanda wabah covid-19 mulai dari tahun 2020 kemarin sampai dengan saat ini masih belum hilang. Akibatnya banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, kehilangan sumber penghasilan dan daya beli telah jauh menurun. Dengan adanya program Bansos dari pemerintah ini di harapkan bisa turut meringankan beban masyarakat tersebut. 

Untuk jenis-jenis dari Bansos itu sendiri ada banyak sekali. Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa ada 5 - 6jenis bansos yang cair di bulan Maret sampai dengan April. Dari semua jenis bansos tersebut pemerintah melakukan sebuah penyaluran bantuan yang tertarget. Dan semoga saja di lapangan benar-benar tertarget atau tepat sasaran agar masyarakat bisa merasakan manfaat dari program bansos yang di adakan. 

Dan untuk kali ini kita bahas soal Bansos PKH atau Program Keluarga Harapan tahun 2021. Ini adalah program bansos yang ditunjukkan untuk keluarga miskin yang ada di Indonesia. Dan untuk Anda yang belum tahu mengenai cara daftarnya silahkan simak materi ini sampai selesai. 

Link Dan Cara Daftar Bansos PKH, IBu Hamil Dan Balita

Dana Bansos

Baiklah sobat, pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan bagaimana cara daftar beserta linknya untuk Anda yang ingi tahu cara daftar bansos PKH 2021, untuk ibu hamil, balita dan beberapa kategori lainnya. Untuk lagkah-langkahnya kami rangkum dalam 10 point dibawah ini, antara lain sebagai berikut : 

  1. Warga masyarakat dalam hal ini yang tergolong dalam keluarga miskin. Mulai mendaftarkan diri ke desa/kelurahan di tempat tinggal setempat syaratnya hanya dengan bawa KTP dan KK saja.
  2. Selanjutnya masyarakat yang sudah mendaftar tersebut. Datanya akan dibahas dalam musyawarah desa. Ini nanti akan dibahas siapa saya yang berhak menerima bantuan. Khususnya untuk menentukan kelayakan waga yang masuk di dalam DTKS
  3. Selanjutnya akan ada musyawarah desa atau musyawarah kelurahan yang dikenal dengan Musdes atau Muskel. Yang akan menetukan list daftar penerima Bansos yang tadinya diseleksi dari semua daftar yang masuk.
  4. Selanjutnya untuk pre list akhir akan di serahkan dan digunakan oleh dinas sosial guna melakukan verifikasi data atau cek ke valida an data dengan DTKS, dan itu dilakukan dengan kunjungan rumah tangga.
  5. Kemudian untuk data yang sudah diverifikasi akan dimasukkan ke dalam aplikasi SIKS atau Sistem Informasi Kesejahteraan sosial.
  6. File SIKS yang sudah jadi akan di kirimkan ke dinas sosial yang kemudian di konversi ke dalam SIKS jenis online agar mudah diakses
  7. Selanjutnya hasil tersebubt akan di dikirmkan atau diteruskan kepada Bupati atau Walikota setempat.
  8. Selanjutnya Bupati akan meneruskan kepada gubernur untuk disahkan dan diteruskan lagi sampai kepada Menteri Sosial.
  9. Penyampaian dilakukan dengan cara mengimpor data hasil verifikasi validasi tadi ke SIKS-NG dan mengunggah surat pengesahan bupati/wali kota serta berita acara musdes/muskel.
  10. Proses selesai dan untuk data penerima PKH dapat dilihat di laman https://dtks.kemensos.go.id/ dengan cara memasukkan NIK penerima manfaat.

Jadi ke 10 langkah diatas adalah bagaimana cara dan proses atau alur dari mulai pendaftaran sampai dengan Bansos PKH diterima oleh masyarakat. Dan untuk penargetan serta jumlah terima bansos, menurut bisnis.com adalah sebagai berikut : 

Untuk Bidang Kesehatan : 

  • Ibu hamil/nifas, berhak mendapatkan bantuan Rp3 juta per tahun
  • Anak usia dini, berhak mendapatkan bantuan Rp3 juta per tahun. 

Untuk Bidang Pendidikan :omponen pendidikan: 

  • Anak umur 6--21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar
  • Anak SD/sederajat, berhak mendapatkan bantuan Rp900.000 per tahun
  • Anak SMP/sederajat, berhak mendapatkan bantuan Rp1,5 juta per tahun
  • Anak SMA/sederajat, berhak mendapatkan bantuan Rp2 juta per tahun
  • Sementara itu, untuk kategori disabilitas berat dan lansia juga berhak mendapatkan bantuan masing-masing Rp2,4 juta per tahun.

Oke sobat, diatas adalah penjelasan dari mengenai cara daftar Bansos PKH atau Program Keluarga Harapan. Dan semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung

Post a Comment for "Link Dan Cara Daftar Bansos PKH, IBu Hamil Dan Balita"