Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kemudahan dan Manfaat E-Commerce Bagi UMKM di Era Global

 Dunia digital yang semakin berkembang, membuat berbagai kemudahan dan manfaat E-Commerce bagi UMKM tak bisa ditampik lagi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM yang masih dalam tahap menaikkan branding diri akan sangat terbantu dengan keberadaan E-Commerce. 

Bagi pebisnis UMKM, manfaat E-Commerce tergolong pada jenis B2C atau Business to Consumers. Bantuan online yang disediakan E-Commerce dapat menjadi batu loncatan para pebisnis agar tingkat penjualan barang semakin naik. Apa saja manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh sistem E-Commerce untuk para pelaku bisnis?

manfaat E-Commerce bagi UMKM

Inilah Manfaat E-Commerce Bagi UMKM

Adapun manfaat e-commerce untuk umkm adalah:

Segi Pembelian Barang

Jika sistem lama mengharuskan para penjual yang harus datang door to door kepada pembeli, sistem yang ditawarkan e-commerce akan lebih memudahkan. Anda hanya perlu membuka toko, gunakan spesifikasi yang tepat, kemudian pembeli akan datang ke toko online Anda.

Manfaat E-Commerce bagi UMKM membuat para pegiatnya hanya perlu fokus pada rincian pesanan customer untuk meminimalisir kesalahan. Meningkatkan layanan dan kualitas produk akan menjadi nilai tambah untuk toko dan semakin memperbesar kepercayaan pelanggan lain untuk berbelanja di toko Anda.

Segi Pemesanan Barang

Pembelian yang melibatkan E-Commerce membuat para pembeli lebih mudah dalam memesan barang. Tak perlu datang ke toko offline, pembeli bisa langsung menuju toko pilihan yang ditawarkan untuk berbelanja sesuai kebutuhan hanya bermodal jaringan internet yang stabil.

Segi Kegiatan Pemasaran

Bila pemasaran lama menggunakan brosur, spanduk, dan pamflet, pemasaran menggunakan jasa E-Commerce lebih simpel dan fleksibel melalui daring.Pihak E-Commerce akan memberikan kesempatan kepada setiap toko online yang terdaftar untuk melakukan promosi. Baik melalui iklan di dalam E-Commerce, maupun di laman lain yang masih sejenis. 

Dengan bantuan pihak E-Commerce, para penggiat UMKM akan memiliki kesempatan untuk menjual produk atau jasa yang dimilikinya lebih banyak. Dengan memanfaatkan E-Commerce, penjual dan pembeli

Pemasaran Menggunakan Media Sosial

Layanan E-Commerce dapat pula membantu para pebisnis UMKM dalam memperluas promosi dengan memberikan alternatif link yang membantu pemasaran.

Website

Secara umum, website adalah salah satu ‘rumah’ bagi para pebisnis dalam mengenalkan dagangannya kepada publik. Layanan bisnis baik berupa barang atau jasa bisa langsung dipermudah bila Anda menggunakan website sebagai jalan. Layanan untuk membuat website juga sudah banyak bertebaran. Pilihan untuk mengembangkan bisnis dengan media online pun semakin dimudahkan.

Instagram

Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling diminati saat ini. Manfaat E-Commerce bagi UMKM juga semakin terasa dengan membantu menautkan link media sosial Anda dalam beberapa jenis media sosial lainnya.

Marketplace

Marketplace menjadi salah satu wadah paling aman yang bisa digunakan penjual dan pembeli. Marketplace adalah tangan tengah yang bisa memberikan layanan yang menghubungkan kedua belah pihak. Secara umum, marketplace tidak menyarankan untuk melakukan transaksi di luar zona marketplace agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan kedua belah pihak.

Facebook

Sosial media yang dikembangkan Mark Zuckerberg ini termasuk laman yang memiliki jumlah pengikut terbanyak di dunia. Pasalnya, Facebook termasuk salah satu media sosial yang pertama kali muncul dan mengemuka hingga penjuru dunia. Memanfaatkan Facebook sebagai sarana pemasaran adalah pilihan yang tepat. 

Tiktok

Terkenal sebagai salah satu lahan untuk berjoget ria, kini Tiktok bisa menjadi salah satu ladang uang baru. Optimasi Tiktok untuk mengenalkan produk melalui gambar secara live akan memudahkan para pebisnis UMKM dalam mendapatkan respon pelanggan. Kini, Tiktok tak hanya dimanfaatkan untuk berjoget ria saja, tetapi juga bisa dijadikan sarana mengenalkan produk Anda kepada jangkauan pelanggan yang lebih luas.

Sisi dari Jangkauan Pelanggan

Manfaat E-Commerce bagi UMKM yang akan langsung terasa yakni pada jangkauan pelanggan. Karena melalui sistem daring, maka pembeli bisa didatangkan dari mana saja di seluruh pelosok tanah air, bahkan luar negeri.

Dilihat dari Sistem Pembayaran

Menggunakan E-Commerce sebagai langkah untuk memupuk pundi uang juga semakin dimudahkan. Pembeli diberikan kesempatan untuk memilih metode pembayaran yang ada saat ini. Apa saja layanan sistem pembayaran yang bisa digunakan untuk E-Commerce?

Layanan Dompet Digital

Pengenalan dompet digital sebagai aplikasi card-less bisa digunakan dalam pembayaran di dunia bisnis online. E-Commerce tertentu bekerja sama dengan perusahaan dompet digital untuk layanan pembayarannya. Anda bisa memilih beberapa list dompet digital yang sesuai dengan keinginan. Kepraktisannya tentu menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan.

Layanan Pembayaran COD

COD atau Cash on Dilivery merupakan salah satu istilah populer di dunia penjualan maya. Artinya pembayaran dilakukan di rumah setelah barang sampai diantarkan. Layanan COD menjadi salah satu manfaat E-Commerce bagi UMKM yang juga bisa ditawarkan kepada pelanggan sebagai alternatif mencegah adanya penipuan. Dengan demikian, tentu akan menguntungkan kedua belah pihak, baik dari pembeli maupun penjual.

Layanan Pembayaran Kartu Kredit

Pembayaran melalui kartu kredit juga disediakan oleh layanan E-Commerce. Meski secara online, penggunaan kartu kredit dapat dijadikan pilihan pembayaran. Nantinya, Anda hanya tinggal membayar angsuran pada pihak bank terkait seperti biasa. E-Commerce menawarkan berbagai kemudahan agar 

Variasi Produk yang Tersedia

Terdapat banyak produk yang bisa Anda tawarkan dengan bantuan E-Commerce. Anda bisa mengembangkan bisnis apapun yang sedang dijalankan. Pilihan bisnis apa saja yang bisa dicontoh?

Layanan Jasa

Pilihan mengembangkan layanan jasa akan mudah ditemukan. Jasa rias, jasa desain, layanan jasa pijat bayi, layanan jasa pengantaran, dan sejenisnya merupakan pilihan yang bisa digunakan dengan sistem online. Jika Anda berminat pada layanan jasa, berikan portofolio dan copywriting yang mumpuni agar semakin menarik minat para calon pelanggan yang datang.

Makanan/Minuman

Tak ada manusia yang tak membutuhkan makan dan minum. Oleh karena itu, bisnis yang berkaitan dengan makanan dan minuman tak akan pernah sepi. Anda bisa menargetkan pasar sesuai dengan keinginan. Makanan Korea, makanan Jepang, serba sambal, serba cemilan, makanan khas daerah tertentu, bisa menjadi pilihan bisnis Anda.

Fashion

Manfaat E-Commerce bagi UMKM penyedia segala jenis fashion akan semakin terasa. Baju, celana, topi, make up, alas kaki dan berbagai pilihan untuk outfit seseorang akan sangat mudah didapatkan. Anda bisa menemukan semua kebutuhan di toko online official yang terpercaya.

Peralatan Rumah Tangga

Produk rumah tangga juga menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan banyak orang. Mulai dari peralatan dapur, properti untuk ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, ruang santai, halaman rumah, dan lainnya. Peralatan rumah tangga termasuk bagian dari kebutuhan papan yang akan dicari dan tidak akan sepi pembeli.

Berbagai kemudahan dan manfaat E-Commerce bagi UMKM di atas, dapat menjadi sebuah bukti bahwa perkembangan dunia digital sudah semakin berkembang. Kekuatan utama yang ditawarkan adalah dalam dunia maya. Tentu saja, hal ini tak hanya menguntungkan pihak penjual saja. Akan tetapi, manfaatnya juga memberikan solusi bagi para customer yang dijangkau dari seluruh penjuru. 

Post a Comment for "Kemudahan dan Manfaat E-Commerce Bagi UMKM di Era Global"