Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ingin Membuat Toko Online Sendiri? Berikut Cara Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula

Tipsseo.net - Ingin Membuat Toko Online Sendiri? Berikut Cara Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula- Ingin membuat website berupa toko online bukan lagi menjadi impian. Bahkan bisa terwujud walaupun tidak mengerti bahasa pemrograman. Membuat website toko online bisa dijadikan salah satu strategi bisnis. Karena masyarakat Indonesia banyak yang beralih belanja online dari pada offline.

Banyak yang berpikiran kalau sulit membuat website toko online. Padahal tidak seperti yang diperkirakan, yaitu mudah sekali untuk membuatnya. Dengan adanya CMS (ContenManagement  System)bisa membuat toko online sendiri hanya dengan hitungan menit saja. Bukan hanya itu saja, pengaturan dan pengoperasiannya juga mudah.

cara membuat website dari nol

Berikut tahapan-tahapan cara membuat website dari nol berupa toko online. Yang pertama adalah pesan hostingdan domain, instal CMS Wordpress dan plugin Woo Commerce. Selanjutnya ganti templateWordpressagar lebih friendly. Lakukan setting website dan toko online. Yang terakhir adalah mengembangkan toko online.

Ketika melakukan setting websitedan toko online, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Mengatur Woo Commercedengan menambahkan produk dan gambarnya, sekaligus mengatur halaman utama agar terlihat menarik. Untuk mempermudah, berikut akan dijelaskan lebih gamblang satu persatu.

Bagaimana Cara Membuat Website Dari Nol Berupa Toko Online

Sebelum membahas lanjut tentang membuat toko online,ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Yaitu menyiapkan domain dan hosting. Banyak cara membuat website dari nol berupa toko online tanpa perlu tahu coding sama sekali. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Pesan hosting dan domain

Yang harus dilakukan pertama kali adalah memesan hosting dan domain. ada banyak website yang menawarkan hosting, bahkan ada yang gratis domain pula. Tentukan hosting sesuai dengan keinginan.  Misalnya durasi yang akan dipakai oleh websitenya. Ketika mencari domain, pastikan menggunakan nama domain yang mudah diingat dan kalau bisa unik.

Instalasi website

Cara membuat website dari nol selanjutnya adalah melakukan instalasi program yang dibutuhkan. Misalnya menginstal toko online dengan wordpress, plugin Woocommerce,dan instal tema. Instal Wordpress digunakan agar toko online bisa diakses melalui internet. Jika website yang dibuat memiliki fitur yang lengkap, maka instal plugin Woo Commerce. Selanjutnya adalah memginstal tema yang akan dipakai untuk toko online.

Lakukan pengaturan website

Bagian ini akan membahas cara membuat website toko online khusus untuk bagian pengaturan website. Sebelumnya ketika melakukan instal wordpress, sudah ditentukan nama dan deskripsi website yang sudah dibuat. Namun untuk nama dan deskripsi toko online belum sempurna. Untuk mengubahnya pilih menu "setting> general". Pada bagian "Site title" masukkan nama toko online. Sedangkan pada menu "Tagline" silakan masukkan deskripsi toko.

Setting toko online

Cara membuat website dari nol berupa toko online selanjutnya adalah melakukan settingWoo Commerce. Dengan melakukannya, sudah mulai bisa menambah produk yang akan dijual. Yang pertama dilakukan adalah melakukan pengaturan Woo Commerce. Selanjutnya bisa menambahkan produk. Bisa pula menambahkan beberapa gambar kategori. Berikutnya adalah pengaturan halaman depan pada website. Buatlah semenarik mungkin.

Kembangkan toko online

Pada langkah terakhir, pasti sudah bisa dan selesai membuat toko online sampai bisa memasukkan produk yang akan dijual. Selanjutnya adalah menambahkan beberapa fitur penting, misalnya menambahkan halaman kontak atau cara pemesanan produk. Agar produk yang dijual bisa masuk indeks mesin pencari, verifikasi website ke googlewebmaster.

Itulah beberapa cara membuat website dari nol berupa toko online. Dengan adanya toko online sendiri bisa memasarkan produk jualan lebih luas. Bahkan lebih cepat dan mudah. Yang perlu diingat selalu pilih hosting yang berkualitas sebagai tempat toko online. Hosting yang dipilih harus memiliki fitur keamanan, kecepatan, dan server yang selalu uptime. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Ingin Membuat Toko Online Sendiri? Berikut Cara Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula"