Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Finanku Pinjaman Online, Fintech P2P Di Bawah OJK Dengan Pengajuan Cepat Dan Mudah

 Kebutuhan mengenai uang sering kali menghampiri setiap orang secara tiba-tiba. Entah itu untuk sebuah keperluan pribadi maupun untuk keperluan usaha. Lalu setiap orang pasti menggunakan cara mereka masing-masing untuk menangani kebutuhan keuangan tersebut. Salah satunya adalah dengan meminjam uang secara online. Karena sekarang ini memang sudah jaman digital, semua serba online, termasuk dalam mengajukan pinjaman kredit dan keuangan. Lagi pula untuk perusahaan yang menyediakan pinjaman secara online sudah banyak sekali jumlahnya. Untuk yang berada di bawah OJK sendiri ada lebih dari 150 perusahaan yang tergabung. Namun dari sekian banyak perusahaan fintech yang menyediakan layanan pinjol, tidak semuanya bagus. Jadi harus pintar memilih demi kenyamanan dan keamanan data Anda saat meminjam uang.

Kali ini saya ingin mereview salah satu dari sekian banyak fintech P2P atau aplikasi pinjaman online (Pinjol), yakni aplikasi yang bernama Finanku. Aplikasi yang satu ini juga bisa Anda gunakan memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Dan untuk fintech yang satu ini juga sudah terdaftar dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi kemungkinan besar keamanannya lebih terjamin. Sebagian orang mungkin berpendapat meskipun sudah ada izin OJK belum tentu aman. Baiklah, kalau yang sudah memiliki izin saja belum tentu aman, apalagi yang tidak memiliki izin. Dari sinilah Anda akan lebih mempertimbangkan untuk memilih fintech yang berlisensi OJK.

Finanku Pinjaman Online

Finanku

Finanku adalah layanan fintech yang disediakan oleh PT Smart Karya Digital. Untuk alamatnya sendiri berada di Graha KAS, Lt. 2 Suite 3, Perkantoran Kebayoran Baru Mall, Jl. Raya Kebayoran Baru No.88, RT.4/RW.7, Gunung, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120, Indonesia. 

Finanku ini menurut saya memiliki trust yang cukup bagus karena perusahaan fintech yang satu ini bermitra dengan Bank BNI dan juga Axa Financial Mandiri. Jadi kemungkinan tidak akan menjadi aplikasi pinjol yang abal-abal jika bermintra dengan pihak yang terpercaya. Kemudian sudah memiliki izin dari OJK sejak tahun 2019 kemarin. Selain itu juga tergabung dalam Aosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Finanku sendiri memiliki beberapa produk pinjaman di dalamnya. Menurut saya ini merupakan jumlah yang cukup besar untuk ukuran pinjaman online. Yakni mulai dari Rp. 1.500.000,- hingga Rp. 10.000.000,-. Kemudian masa pelunasa di mulai dari 2 bulan hingga 6 bulan. Tentu saja untuk besaran pinjaman tersebut menyesuaikan kualifikasi si peminjam. Finanku sendiri mengkelompokkannya menjadi 3 tingkatan, yakni Grade A, Grade B dan Grade C. Ini menentukan seberapa besar bisa meminjam dan juga seberapa besar bunga yang di bebankan. Tentunya semakin bagus kualifikasi peminjam semakin bagus juga jenis pinjaman yang di dapatkan.

Untuk informasi tambahan bahwa di Finanku ini besaran bunga dan biaya lainnya yang dibebankan antara lain sebagai berikut :

  • Biaya Bunga Pinjaman: 0,5% - 0,8% per hari dimana di dalamnya sudah termasuk biaya administrasi
  • minimum Rp 500.000 atau 7,5% dari Pokok Pinjaman (produk cair 5 hari kerja)
  • 5% dari Pokok Pinjaman (produk cair 1 hari kerja)
  • Biaya Penanganan: tidak ada 
  • Denda Keterlambatan: 0,8% per hari dimana di dalamnya sudah termasuk biaya penagihan sebesar Rp 100.000 per angsuran dan bunga keterlambatan

Cara Mengajukan Pinjaman di Finanku

Bagi sobat yang membutuhkan uang darurat atau untuk keperluan usaha bisa juga meminjam di aplikasi yang satu ini. Namun sebelum melakukan pinjaman, alangkah baiknya untuk Anda memahami terlebih dahulu persyaratan untuk meminjam di Finanku. Persyaratan tersebut antara lain :

  • Berusia minimal 21 tahun maksimal adalah 55 tahun
  • Memiliki identitas diri KTP elektronik
  • Memiliki id card kerja atau slip gaji sebagai bukti income stabil
  • Memiliki surat keterangan usaha bagi peminjam seorang wirausaha
  • Memiliki foto tempat usaha bagi wirausahawan
  • Memiliki handphone android dan nomer handphone yang aktif

Selanjutnya jika semua persayaratan diatas sudah lengkap, Anda bisa lanjut pada langkah-langkah mengajukan pinjaman di Finanku, antara lain sebagai berikut :

  1. Download aplikasi Finanku di google playstore atau klik disini
  2. Lakukan pendaftaran dengan email untuk mendapatkan akses login
  3. Login di aplikasi finanku untuk melakukan pinjaman
  4. Pilih jenis produk pinjaman yang Anda inginkan
  5. Lakukan pengisian data diri pribadi sejelas mungkin
  6. Lakukan pengisian data pekerjaan secara jelas
  7. Lakukan upload semua foto dokumen yang diperlukan seperti Foto KTP asli, Foto selfie bersama KTP dan foto lain yang dibutuhkan
  8. Klik ajukan pinjaman jika semua data dan dokumen sudah diisi

Setelah itu pengajuan data Anda akan diproses dan diverifikasi oleh tim Finanku. Lama proses verifikasi ini pihak finanku menjelaskan maksimal adalah 5 hari kerja. Kemudian jika pengajuan disetujui maka akan dilanjutkan dengan proses pencairan dana. 

Jika Anda ingin disetujui pastikan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan semua data diri sudah diisi dengan benar
  • Pastikan semua nomer handphone yang dilampirkan aktif dan bisa dihubungi
  • Kemudian pastikan foto ktp, foto selfi dan yang lainnya terlihat dan terbaca dengan jelas
  • Pilih nominal pinjaman yang lebih kecil dan tenor lebih cepat biasanya lebih mudah disetujui
  • Pastikan pada saat survey nomor kontak darurat Anda bersiap untuk menerima telepon
  • Jika beberapa hal ini Anda penuhi dan syarat juga memenuhi kemungkinan besar akan disetujui

Review Dan Ulasan Pengguna Finanku

Aplikasi finanku sampai dengan hari ini tanggal 03 januari 2021 sudah mendapatkan ulasan sebanyak lebih dari 1000 ulasan. Dan sudah di download lebih dari 100.000 kali. Bisa dibilang kalau aplikasi satu ini memang cukup banyak yang menggunakan.

Berbagai tanggapan para pengguna cukup beragam. Ada yang memberikan ulasan positif dan juga ada yang memberikan ulasan negatif. Ulasan positif biasanya pengguna yang berhasil mendapatkan pinjaman tentunya. Dan ulasan negatif ada juga, beberapa menyatakan bahwa mereka tidak mendapatkan kabar yang jelas mengenai status pinjaman mereka. Dan ada juga beberapa yang menyatakan sudah menunggu 5 hari dan hasilnya ditolak. Lalu ada juga beberapa ulasan yang menyatakan bahwa mereka masih takut akan keamanan data yang sudah mereka serahkan di dalam aplikasi.

Menanggapi ulasan tersebut menurut saya hal yang wajar. Kalau pengguna yang ditolak memang rata-rata kecewa. Namun yang kurang bagus adalah ada yang tidak mendapatkan jawaban dari pengajuan mereka alias digantung. Namun selama sebagian nasabah di setujui menurut saya aplikasi pinjaman online ini masih bisa digunakan. Lalu bagiamana sikap Anda menyikapi hal ini, tergantung pada kebijakan Anda sendiri. 

Oke sobat, demikian informasi dari saya kali ini mengenai salah satu aplikasi pinjaman online yang bernama Finanku. Semoga bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih.

Baca juga beberapa pinjaman online lainnya, antara lain :

  • Uatas Apk Pinjaman online 
  • Pinjaman online teman prima 
  • Pinjaman online OKP2P
  • Pinjaman online Bantusaku

Post a Comment for "Finanku Pinjaman Online, Fintech P2P Di Bawah OJK Dengan Pengajuan Cepat Dan Mudah"