Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Daftar Amalan Mbah Kholil Beserta Manfaat Yang Diberikan

 Daftar Amalan Mbah Kholil Beserta Manfaat Yang Diberikan. Amalan sendiri merupakan bacaan atau pekerjaan yang harus dikerjakan dalam bentuk rangkaian ibadah. Jenis dari amalan sendiri sangatlah beragam. Hal tersebut tergantung dengan maksud dan tujuan dari amalan itu sendiri. Meskipun begitu, amalan akan sangat bagi jika digunakan dengan tujuan baik. Sebelum melakukan amalan akan sangat baik jika memahaminya terlebih dahulu.

Anda dapat menanyakan hal ini kepada ustadz atau orang yang memiliki pendalaman agama yang sangat kuat. Anda juga dapat anda mengikuti syekh atau pemuka agama terdahulu. Namun, pelajari dahulu secara keseluruhan dengan sebaik-baiknya. Ditakutkan jika tidak hal tersebut akan memberikan mudharat. Sehingga dampak negatif tersebut akan kembali pada pribadi dari kalian sendiri. Tentu hal ini harus dihindari dalam melakukan amalan tersebut. 

Amalan Mbah Kholil
Amalan Mbah Kholil 

Daftar Amalan Mbah Kholil Beserta Manfaat Yang Diberikan

Salah satu tokoh Islam Indonesia yang dikenal memiliki beberapa jenis amalan adalah Mbah Kholil. Ulama yang populer dengan nama Kholil al-Bangkalan ini terkenal memiliki beberapa amalan yang manjur dalam mencapai tujuannya tersebut. Amalan Mbah Kholil ini sendiri juga disarankan untuk beberapa tujuan baik yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan diri. Berikut daftar amalan yang selama ini Mbah Kholil lakukan.

Istighfar, Amalan Mbah Kholil Paling Utama

Mungkin hal ini terlihat sangat sederhana dan ringan untuk diuncapkan. Namun hal ini dapat memberikan manfaat besar bagi Anda. Selalu lakukan dengan sepenuh hati dan dan keyakinan yang anda miliki. Setiap orang pastilah memiliki kesalahan. Hal ini sangat baik jika meminta maaf dari kesalahan tersebut. Untuk itu, cara yang paling tepat dapat dilakukan untuk meminta maaf kepada Sang Penguasa Alam Semesta adalah dengan sering-sering melakukan istigfar.

Amalan Mbah Kholilsendiri yang pertama juga merupakan istigfar ini. Usahakan lakukan dengan sungguh-sungguh. Maka, akan terdapat beberapa manfaat yang dilakukan. Namun, selalu ingat untuk melakukan hal tersebut karena Allah bukan yang lainnya. Istigfar dapat membantu memudahkan permasalahan yang dihadapi, baik masalah rezeki, anak, maupun bisnis atau usaha yang sedang dijalani.

Surah Al-Fatihah

Sebuah surat pembuka Al-Qur’an atau dikenal juga tujuh ayat yang berulang, surah ini dinamakan surah Al-Fatihah. Diperlukan pemahaman dalam membaca surah ini. Salah satu pemahaman salah, bahwa seseorang bisa meragukan keislaman seseorang hanya karena dianggap tak fasih dalam bacaan. Padahal kita tahu, bahwa adab diperlukan dalam berilmu. Ada sebuah kisah yang wajib Anda ketahui mengenai salah satu amalan membaca surah ini.

Menjadi seorang imam atau pemimpin agama pastinya tak pernah terputus dari bacaan surah Al-Fatihah ini. Salah satu kisah dari amalan Mbah Kholilmengenai cara membaca surah al-fatihah yang menurut muridnya salah dalam pengucapan atau kurang fasih. Murid tersebut merasa bacaan dia sudah benar dan sesuai standar. Namun, murid tersebut ternyata salah dan banyak doa Mbah Kholil yang dikabulkan oleh Allah, ia pun berguru kepada Mbah Kholil.

Konon, masalah yang sama pun terjadi pada Mbah Kholil. Hal ini terjadi saat Mbah Kholil mengimami jamaah shalat dengan santri dari Kedamangan yang saat itu kedatangan orang Arab. Orang Arab itu pun menegur bahwa bacaan Al-Fatihah beliau kurang fasih dan Mbah Kholil hanya menganggapi dengan tenang. Tiba-tiba ketika orang Arab tersebut mengambil wudhu, ternyata ada seekor macan tutul menghampirinya. Ia pun mengusirnya dengan bahasa Arab fasih.

Tetapi, seekor macan itu tak kunjung pergi dari sana. Kemudian, Mbah Kholil pun membantunya mengusir macan tersebut dengan mengucapkan satu atau dua kata yang kurang fasih terdengarnya. Alhasil, macan itu bergegas menjauh dari tempat. Dari amalan Mbah Kholil ini, orang Arab tersebut sadar bahwa hal ini ditujukan untuk memberi peringatan pada dirinya. Bahwa dalam pengucapan tidak bersandar pada kefasihan, tetapi makna dan penghayatan sendiri.

Asmaul Husna

Allah mempunyai 99 nama yang baik dan patut untuk kita hafalkan dan diterapkan bagi umat manusia. Banyak sekali keutamaan membaca Asmaul Husna, diantaranya dapat mendekatkan diri kepada Allah, dibukakan pintu rezeki, dilindungi oleh Allah, dan sebagainya. Dan ternyata, Asmaul Husna ini dapat menjadi petunjuk bagi murid besar dari Mbah Kholil untuk mendirikan Jamiyah NU. Kisah ini bermula ketika murid utusan Mbah Kholil menyampaikan amanatnya.

Amalan Mbah Kholiluntuk melafalkan Asmaul Husna beliau tujukan kepada KH Asyim Asyari melalu murid utusannya bernama Kyai As’ad. Mbah Kholil menyerahkan sebuah tongkat dan menyampaikan surah Thaha ayat 17-23 untuk KH Hasyim Asyari. Kyai As’ad melakukan amanat tersebut dan segera menyampaikan kepada Kyai Hasyim di Tebuireng. KH Hasyim Asy’ari pun tersentuh atas amanat yang disampaikan dan seolah memberi isyarat baik kepadanya.

Namun, hari berganti bulan dan perlahan setahun berlalu. Namun, isyarat dari Mbah Kholil untuk mendirikan Jam’iyah belum Kyai Hasyim laksanakan. Kyai As’ad disuruh untuk menyampaikan pesan kedua berisi kalimat “Ya Jabbar Ya Qahhar” agar bisa diterapkan setiap waktu. Setelah kedua pesan tersampaikan pada Kyai Hasyim, hatinya merasa yakin dan mantap untuk mendirikan Jam’iyah. Tak lama, setelah Mbah Kholil wafat, Jam’iyah NU dibangun.

Shalawat Nabi

Gajah yang mati, meninggalkan gading. Ungkapan seperti ini yang tepat bagi seorang Mbah Kholil, seorang ulama legendaris bagi guru para kyai di pulau Jawa. Beliau meninggalkan doa-doa yang bisa dibaca dan diterapkan bagi kehidupan sehari-hari. Amalan Mbah Kholil dalam bershalawat, selalu mengingatnya pada Nabi Muhammad SAW. Terdapat shalawat yang mujarab untuk menghilangkan segala kesusahan dan bisa mendapatkan apa yang dicapai.

Doa dan shalawat ini, membaca Basmallah, kedua membaca “La haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzhiim”. Ketiga membaca bacaan salam dalam tahiyat, Hasbunallah wani’mal wakiil, ni’mal mawla wa ni’man  nashir.” Yang keempat disambung dengan membaca “wala haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim, Laa ilaha  illalallahu muhammadur-rasulullah (1 kali).” Terakhir membaca shalawat nabi sebanyak 1000 kali.

Q.S Yasin

Amalan Mbah Kholil ini sering beliau lakukan disaat masih muda dan dalam perjalanan mencari ilmu. Surah yasin dapat memberikan kelancaran atas segala urusannya dan diampuni dosanya. Mbah Kholil muda saat itu sedang mondok di pesantren Keboncandi dan pergi berjalan kaki ke Sidogiri. Saat itu jarak yang ditempuh sekitar 20 km ke Sidogiri.

Disaat perjalanannya menemukan pohon besar, ia pun berhenti dan membaca surah Yasin. Terhitung selama perjalanan ke Sidogiri, beliau membaca surah Yasin sebanyak 20 kali. Begitu pula saat perjalanan pulang dari sana, beliau pun melakukan hal yang sama. Agar bisa melengkapi bacaan Yasin sebanyak 41 kali, beliau membaca surah tersebut 1 kali ketika sampai di Warungdowo. simak juga tentang Karomah Syeh Nawawi Al-Bantani

Nah, demikianlah amalan Mbah Kholilyang patut untuk ditiru dan dirasakan manfaatnya untuk ketenangan jiwa dan raga. Banyak sekali ragam ibadah yang dapat kita lakukan sebagai bekal untuk kehidupan nyata di akhirat nanti. Lakukanlah hal positif yang dapat membuat segala urusan lancar. Beramalah dengan rasa ikhlas dan Anda akan merasakan kedamaian dalam hati.

Post a Comment for "Daftar Amalan Mbah Kholil Beserta Manfaat Yang Diberikan"