Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Membuat Website dari Nol dengan Google Sites

Tipsseo.net - Cara Mudah Membuat Website dari Nol dengan Google Sites – Masih banyak yang menganggap bahwa membuat website adalah sesuatu yang sulit dan rumit. Namun, Google Sites hadir membantu pengguna untuk membuat situs web sendiri dengan mudah. Selain itu juga bebas biaya dan cepat, tanpa perlu bekal pemahaman HTML.

Mengenal Google Sites

Platform milik Google ini memfasilitasi untuk dapat membuat website, seperti beberapa platform lainnya. Namun, keunggulannya yang langsung terintegrasi dengan Google, membuatnya lebih mudah dalam menyimpan data. Websiteyang dibuat dengan Google Sites, akan langsung menyimpan data di Google Drive, jadi tidak perlu repot melakukan backup.

Cara membuat website dari nol

Cara Membuat Website dari Nol dengan Google Sites

Diperlukan akun Google untuk dapat mengakses Google Sites. Setelah masuk dalam akun Google, maka dapat langsung memulai untuk membuat Google Sites. Cara membuat website dari noldengan Google Sites, mudah dipahami bagi pemula sekalipun. Langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk memulai membuat website sendiri.

Memilih Nama dan Alamat untuk Website

Setelah masuk pada situs Google Sites dengan gmail. Maka akan ditampilkan laman untuk membuat website baru. Langkah awal adalah, pilih label tanda plus (+) pada bagian kanan bawah di dasbor, kemudian akan diarahkan ke laman situs baru. Pengguna dapat mulai memasukkan nama, kemudian memilih URL sesuai keinginan. Dalam menentukan Nama juga dapat menggunakan gambar. Setelah itu, klik “Publikasikan”.

Memilih Template dan Tema

Selanjutnya, cara membuat website dari nol dengan Google site, akan lebih menarik jika dapat memilih template dan tema sendiri. Pada laman ini, Google Sites akan memberikan kuasa penuh untuk memilih sendiri template yang ada. Sehingga tidak secara otomatis template baru teraplikasi di situs web yang dibuat. Template disediakan secara gratis untuk diaplikasikan dengan mudah. Caranya hanya dengan memilih tombol “apply” pada template yang diinginkan.

Selain itu juga disediakan tema gratis, yang dapat dipilih sesuai selera. Ada enam tema yang disediakan, mulai dari yang sederhana, gaya aristoteles, diplomat, vision, rata dan impresi. Selain itu, juga dapat memilih warna tema yang sesuai. Memilih gaya huruf yang diinginkan seperti klasik atau modern.

Mengedit Tata Letak Situs

Cara membuat website dari nol denan Google Sites selanjutnya adalah menata tata letak. Tata letak untuk situs web juga dapat dipilih sendiri. Pilih tombol di sudut kanan atas, kemudian dapat mulai edit secara manual. Jika ingin lebih mudah, dapat juga memanfaatkan tata letak yang default.

Membuat Halaman Baru

Proses membuat haaman dimulai dengan memilih template, kemudian beri nama setiap halaman sesuai dengan keinginan. Jika ingin mudah, maka gunakan template default. Namun jika ingin mencari template lebih banyak, Google Sites juga menyediakan beberapa pilihan. Langkah terakhir dalam membuat halaman adalah mengatur posisi yang sesuai untuk halaman baru tersebut.

Membuat Konten Baru

Pada tahap cara membuat website dari nol dengan Google Sites ini, sudah dapat mulai membuat konten yang diinginkan. Pengguna dapat masuk pada antarmuka situs untuk mengedit atau menambahkan konten. Beberapa menu juga disediakan di bagian atas. Dapat digunakan oleh pengguna untuk menambahkan kolom, table atau tombol +1 untuk merekomendasikan halaman.

Sampai tahap tersebut, website sudah jadi dan dapat dilacak dalam situs pencarian. Website tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai digunakan secara pribadi atau bisnis. Memanfaatkan website secara gratis tentunya lebih hemat dan mudah. Apalagi jika hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi. Namun, jika kurang puas dengan URL web yang masih kurang profesional dengan mencantumkan Google Sites, maka dapat membeli domain.

Cara membuat website dari nol dengan Google Sites, sangat mudah diikuti meski untuk pemula. Website sederhana pun dapat dimiliki dengan cepat tanpa ribet dalam proses membuatnya. Selain itu, disediakan juga pilihan template dan tema. Dengan keunggulannya karena milik Google tersebut, maka banyak yang memilih platform ini untuk membuat website awal mereka.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Website dari Nol dengan Google Sites"