Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan XAMPP Untuk Membuat Website

Cara Menggunakan XAMPP Untuk Membuat Website -Website kini sangat  diperlukan untuk keperluan bisnis atau untuk sekedar portofolio pribadi. Sebuah website sangat memerlukan hosting dan domain supaya dapat diakses. Website ini sangat berguna untuk berjualan online shop, atau pun website yang memperkenalkan produk atau kantor.  Penjualan online akan semakin terdorong penjualannya dengan menggunakan website.

Website ini bisa dibaca oleh banyak orang dimanapun dan kapanpun tidak terbatas ruang dan juga waktu.Tetapi, jika Anda belum memiliki hosting dan domain, sehingga membuat website localhost sendiri dengan xampp merupakan salah satu pilihan yang bisa Anda coba. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang cara membuat website dengan XAMPP.

 

cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website

Apa Itu XAMPP?

XAMPP adalah merupakan  aplikasi perangkat lunak open source yang berhubungan tentang pengelolaan server yang dirancang  oleh Apache Friends. XAMPP pada dasarnya adalah local host atau local server. cara menggunakan XAMPP untuk membuatWebsite yaitu untuk membuat situs web Anda secara gratis sebelum mempublishnya ke web server agar bisa diakses.

Cara Membuat Website Localhost dengan XAMPP

Sekarang , marilah kita mulai membuat website localhost dengan memanfaatkan XAMPP. Anda sebaiknya mengerti bahasa pemograman paling tidak sedikit untuk memudahkan membuat website, ikutilah langkah langkah yang dijelaskan berikut ini.

Nyalakan Apache dan MySQL di XAMPP

Pertama-tama bukalah XAMPP, untuk menjalankannya Anda klik lah tombol start di bagian apache dan MySQL. Cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website praktis dan cepat dibuat

Download CMS WordPress

Untuk memudahkan anda dalam membuat website localhost, anda sebaiknya menggunakan CMS WordPress sebagaiwebsite nya. Anda dapat download WordPress.

Setelah  WordPress terdownload , extractlah file WordPress itu  dan simpanlah disatukan di dalam folder htdocs C:\xampp\htdocs. Folder harus diubah namanya menjadi wordpress atau disesuaikan nama website Anda. Cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website ini sangat membantu untuk membuat website. 

Buat Database di PhpMyAdmin

Jika  download file WordPress selesai dan extractlah, kemudian yaitu cara membuat database. Open browser kemudian tulis  localhost/phpmyadmin. Kemudian kliklah menu basis data/database lalu masukanlah nama database yang ingin Anda buat. Kini kita akan memakai  nama ‘wordpress’ untuk nama database nya. Kemudian itu pilih button buat atau create.

Install CMS WordPress

Jika Anda telah membuat nya, lanjutkanlah dengan membuka browser dan tuliskan  localhost/wordpress atau localhost/namafolderAnda. Lanjutkan cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website dengan kliklah button let’s go dan kan muncul tampilannya berubah. Anda boleh ganti nama database nya cocok dengan yang Anda buat tadi ‘wordpress’ lalu untuk user isi dengan ‘root’, password database dibuat kosong saja. Catatlah data yang ada  dan simpan supaya Anda tidak lupa. Berikutnya, jika sudah selesai, kliklah submit.

Untuk form yang sudah diisi dengan benar muncul button run the installation. Klik saja button tersebut. Lalu tunggulah  proses selesai, kemudian . Tuliskan nama website Anda, user dan password untuk login dashboard dan lain-lain. Kemudian installlah WordPress. Website Anda sudah bisa dilihat atau dibuka di browser dengan mengetik localhost/wordpress atau localhost/nama folder Anda

Edit Website Anda

Sebetulnya website Anda sudah jadi, tetapi adalah website standar. Cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website yang berikutnya melakukan pengeditan dan menambahkan kontennya, supaya nampak menarik dan keren. Anda isi url di browser Anda dengan localhost/wordpress/wp-admin. Kemudian masukkan username dan password nya yang sudah dibuat disaat install WordPress

Kemudian masuklah ke dashboard Anda pilih menu appearance -> themes disebelah kiri layar Anda dan pilih add new. Anda anda dapat memilih theme kesukaaan  Anda, kemudian klik install. Setelah themes berhasil terinstall, Anda bisa masuk ke plugins, kemudian add new dan carilah  plugins dengan nama elementor kemudian install dan activate

Cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website langkah selanjutnya yaitu, Jika udah instal elementor, dan telah aktif, Anda dapat masuk ke bagian pages. Jika Anda sudah mempunyai  halaman home , langsunglah  edit halaman itu dengan pilihan edit with elementor.Aapabila Anda belum membuatnya, lanjutlah dengan klik add new diatas.

Masukkanlah judul halaman nya ‘Home’ dan pilihlah template nya menjadi elementor full width dan remove gambar di featured image. Kemudian  publish dan pilih edit with elementor.  Anda pun bisa tambahkan konten kesukaan Anda, caranya cukup  drag and drop. Anda dapat mengedit gambar, tulisan, content box dan lain-lain.  Andapun bisa masukkan konten sesuai kebutuhan Anda dengan mudah tanpa perlu mengerti bahasa pemrograman.

Begitulah kurang lebih  Cara menggunakan XAMPP untuk membuat Website. Langkah-langkah yang dijelaskan sangatlah mudah diikuti , sehingga anda dapat membuat website secara gratis. Semua bisa anda lakukan dengan mudah sekali. Namun penting pula bagi anda yang ingin membuat website sendiri untuk paling tidak mengerti tentang bahasa pemograman yang akan membuat anda mengerti dengan jelas bagaimana cara menggunakan Xampp untuk membuat website. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai membuat website.

 

Post a Comment for "Cara Menggunakan XAMPP Untuk Membuat Website"