Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Speaker Hp Pecah, Sember, Mati Atau Suara Kecil

Tipsseo.net - Masuk pada materi cara memperbaiki speaker pecah, sember dan suara kecil. Yang namanya menggunakan handphone, pastinya sobat akan lebih nyaman jika semuanya normal. Baik itu layar, touchscreen, kamera, internet dan bahkan audio buat mendengarkan musik alias speaker. Hal yang sangat menjengkelkan memang jika mengetahui handphone kita tiba-tiba suaranya menjadi pecah, volume nya tidak maksimal dan tidak nyaman buat mendengarkan musik atau lagu-lagu.

Apalagi buat kamu yang hobi banget mendengarkan musik setiap harinya pakai handphone pastinya dunia kamu bakalan suram karena speaker hp mu yang rusak itu. Pasti kamu bakalan kefikiran buat membawa hp mu ke konter buat di servis kan? Tapi tunggu dulu, sebelum kamu membawanya ke service yang mungkin dikenakan biaya yang cukup mahal, sebenarnya handphone kamu itu bisa kamu perbaikin sendiri. 

Cara Memperbaiki Speaker Hp Pecah, Sember, Mati Atau Suara Kecil 


cara-memperbaiki-speaker-hp-pecah


Seperti pengalaman saya beberapa waktu yang lalu, ketika mendapati handphone xiaomi redmi 5 saya tiba-tiba suaranya pecah, gak hanya pecah, bahkan volumenya pun sangat kecil sekali. Karena saya memang orang yang suka mengotak-atik handphone saya, alhasil saya uji coba otak atik sendiri. Tapi bukan murni ide sendiri sebenarnya. Namun saya mencoba mencari beberapa petunjuk kepada salah satu teman yang biasa menerima service panggilan buat jasa service android.

Setelah itu saya mendapatkan jawaban mengenai cara memperbaiki speaker hp pecah tersebut. Beberapa langkah untuk memperbaiki speaker hp pecah tersebut antara lain :

  • Matikan handphone terlebih dahulu
  • Karena batrey tanam, jadi saya mengeluarkan kartu sim card terlebih dahulu
  • Kemudian buka casing handphone
  • Kemudian siapkan obeng kecil sesuai dengan ukuran buat/mur handphone
  • Lalu buka penutup speaker
  • Bersihkan debu yang ada di dalam speaker tersebut
  • Bersihkan menggunakan kapas dan juga tiup sampai benar-benar bersih, bagus lagi kalau mempunyai kompresor kecil guna membersihkan debu tersebut
  • Kemudian tutup kembali penutup speaker handphone
  • Tutup kembali casing handphone
  • Lalu masukkan lagi kartu sim card
  • Kemudian nyalakan handphone kamu dan coba lakukan untuk memutar lagu

Dan apa yang terjadi? Ternyata suara speaker kembali normal seperti sebelumnya. Saking penasarannya akhirnya saya membuka video tutorial di youtube. Dan yang benar saja ternyata banyak tutorial yang sama mengajarkan cara memperbaiki speaker hp pecah seperti yang sudah saya lakukan diatas tadi. 

Bagaimana jika speaker hp mati? Alias tidak ada bunyinya sama sekali.

Itu sudah beda cerita antara speaker handphone pecah dengan speaker handphone mati. Karena untuk kasus speaker handphone pecah, kebanyakan karena ada debu kecil-kecil yang masuk kedalam speaker tersebut. Biasanya terjadi karena sering berada di luar atau di jalanan, atau handphone sempat jatuh ke tanah. 

Speaker handphone mati atau tidak mengeluarkan bunyi, ada 3 kemungkinan yang terjadi, antara lain :

  1. Jalur menuju speaker terputus
  2. Memang speakernya sudah mati dan minta ganti
  3. Masalah pada jack headset yang terdeteksi tertinggal atau masih menancap pada handphone padahal headset sudah dicabut.

Kalau untuk mengatasinya Anda harus melakukan diagnosa terlebih dahulu tentunya. Kalau bisa dan punya alat buat cek jalur ya bisa di cek sendiri, kalau tidak ya lebih baik membawanya ke tukang service handphone ketimbang merusak komponen lainnya. 

Kemudian dari salah satu penyebab diatas kenapa speaker tidak bunyi adalah jack headset yang terdeteksi tertinggal padahal headset sudah dicabut, cara mengatasinya coba tancapkan headset kembali kemudian mencabutnya lagi. Biasanya kalau belum error jack headsetnya, speaker handphone akan kembali berbunyi. Namun kalau masih tidak berbunyi dan ada "logo headset" diatas layar, maka lebih baik di bawa ke service untuk memastikan apakah jack headset itu rusak atau tidak. 

Speaker hanphone pecah atau sember, suara kecil dan bahkan tidak berbunyi sama sekali, selalu ada penyebabnya tentu saja. Maka dari itu penting juga untuk menggunakan handphone kamu dengan rawatan yang baik. Karena sayang kan kalau harus berganti handphone karena speakernya saja. Dan juga agar lebih awet speaker handphone Anda, lakukan beberapa tips berikut ini :

  • Pastikan mendengarkan handphone dengan volume sedang, selain merawat speaker juga demi menjaga kesehatan telinga kita pastinya.
  • Pastikan untuk tidak terlalu lama memutar musik, misalkan hari libur memutar musik seharian, itu juga bisa menjadi penyebab utama speaker hp cepat rusak
  • Gunakan headset atau headphone untuk mengurangi penggunaan speaker hp
  • Pastikan untuk mencopot headset dengan hati-hati atau tidak asal-asalan, karena lubang headset yang rusak juga bisa mengakibatkan speaker hp tidak berbunyi.
Demikian sobat tutorial kali ini mengenai cara memperbaiki speaker hp pecah, sember, suara kecil atau mati. Semoga saja artikel ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Speaker Hp Pecah, Sember, Mati Atau Suara Kecil "