Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara MEMPERBAIKI LCD HP bergaris, Lakukan Ini Sebelum Di Service

Tipsseo.net - Bagaimanakah Cara MEMPERBAIKI LCD HP bergaris? Diantara sobat pasti ada yang pernah mengalami pertanyaan seperti ini. Penyebabnya pun macam-macam, mulai dari ketindihan di wakru tidur, handphone terjatuh, konektor layarnya yang terkena masalah atau terkena air juga bisa menyebabkan LCD bergaris-garis. 

Baik itu LCD bergaris secara vertikal maupun horizontal, pastinya akan sangat mengganngu kita dalam menggunakan handphone, apalagi jika kondisinya sudah parah. Sebenarnya ada tingkatan kerusakan sendiri ketika HP kamu mengalami garis-garis di LCD. Ada bergaris masih kategori ringan, biasanya berbentuk tipis-tipis dan handphone masih bisa digunakan. Namun ada pula yang sudah rusak parah seperti bergaris sampai dengan menutup tampilan layar. Kemudian ada pula bergaris karena gangguan aplikasi yang baru diinstal dan ada juga bergaris karena memang LCD hardwarenya yang sudah rusak. Dalam mengatasi LCD HP bergaris ini pun ada beberapa cara, dan akan saya coba bahas pada artikel kali ini.

Cara MEMPERBAIKI LCD HP bergaris


cara-memperbaiki-lcd-hp-bergaris


1. Memperbaiki LCD bergaris dengan masuk ke safe mode

Cara mengecek dan memperbaiki yang pertama, Anda bisa masuk ke dalam safe mode. Ini bisa berhasil asalkan garis-garis tersebut diakibatkan karena crash dari beberapa aplikasi yang terinstal dalam hp tersebut. 

Caranya hampir sama dengan melakukan hard reset, yakni masuk dulu ke dalam mode recovery dengan menggunakan tombol kombinasi.Tombol kombinasi paling umum dengan menekan tombol power + volume up/down. Kemudian setelah muncul mode recovery, Anda pilih opsi "safe mode"

Jika dalam posisi safe mode tersebut garis-garis pada LCD hilang. berarti masalah utama adalah pada aplikasi yang terkhir Anda install sebelum LCD bergaris muncul.

2. Tes LCD bergaris menggunakan aplikasi penghilang garis

Yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi penghilang garis LCD. Ketikkan saja di google play store "aplikasi penghilang garis LCD", biasanya ada banyak sekali aplikasi sejenis, sebagai contoh adalah aplikasi Dead pixel yang paling sering digunakan.

Selanjutnya gunakanlah aplikasi tersebut untuk melakukan deteksi layar LCD bergaris. Jika garis-garis LCD hilang, maka kamu bisa mengoreksi kembali aplikasi apa saja yang menyebabkan LCD bergaris bukan karena hardwarenya.

3. Tes LCD bergaris dengan menonaktifkan snow pointer dan smart sidebar

Yang selanjutnya bisa diperbaiki atau di cek terlebih dahulu menggunakan snow pointer atau kalau dalam hp berbahasa indonesia biasanya disebut "tampilkan lokasi penujuk".

Ini bisa kamu cek kalau kamu masuk pada opsi pengembang terlebih dahulu dengan cara pengaturan, kemudian pilih opsi pengembang, lalu pada opsi "tampilkan lokasi penunjuk" atau "snow pointer", ceklist yang sedang aktif kamu nonaktifkan. Biasanya kalau LCD masih normal hardwarenya, maka garis LCD akan hilang setelah itu.

Atau kamu juga perlu nonaktifkan smart sidebar di bagian atas handphone kamu. Tinggal tarik kebawah dari atas lalu nonaktifkan. Biasanya ini juga bisa menghilangkan LCD HP bergaris.

4. Tes Soket LCD dengan cara menekan layar

Untuk memastikan apakah soket LCD dalam keadaan normal atau tidak, kamu bisa menekan nekan layar terlebih dahulu.

Lakukan penekanan layar dari atas ke bawah secara lembut dan dengan perasaan. Tekanlah dengan merata, biasanya kalau LCD bergaris disebabkan soket bergeser dia akan pulih dengan cara yang satu ini.

5. Cek langsung soket LCD dengan membuka casing

Kemudian pengecekan soket LCD juga bisa kamu lakukan secara langsung. Kamu bisa membuka casing hp dari tutup belakang, kemudian membuka casing hp depan. 

Disitu kamu bisa pastikan kalau soket LCD benar-benar seluruh pin nya menancap dengan benar. Jika ada yang longgar bisa kamu benerin dari situ. Lalu coba hidupkan hp kembali apakah LCD bergaris tersebut sudah hilang atau belum.

6. Tes LCD dengan factory reset

Kemudian seperti yang saya katakan diatas, LCD bergaris bukan karena masalah hardware. Tapi bisa karena crash aplikasi yang diinstal. Maka dari itu kamu bisa melakukan restart handphone untuk memastikan handphone kembali pada posisi default. Dengan begitu LCD akan kembali normal apabila bergarisnya disebabkan karena aplikasi atau software yang terinstall.

7. Tes LCD dengan melakukan uji coba LCD lainnya

Kemudian kamu juga bisa melakukan tes dan memperbaikinya dengan mencoba LCD lainnya. Ini bisa kamu lakukan apabila beberapa cara diatas tidak berhasil. Artinya ada kemungkinan bahwa hardware LCD kamu memang benar-benar sudah rusak. 

Kalau memang di reset masih saja bergaris dan diganti LCD lain menjadi normal, alhasil LCD anda memang sudah rusak dan minta diganti. 

Beberapa pengecekan diatas perlu kamu lakukan sebelum kamu melakukan service ke konter. Karena takutnya cuma gara-gara salah install aplikasi namun kamu melakukan ganti LCD maka sayang sekali duitnya.

Nah begitulah sobat bagaimana Cara MEMPERBAIKI LCD HP bergaris, itu bisa kamu lakukan sendiri untuk memastikan apakah masih bisa pulih dengan beberapa cara diatas, atau memang harus melakukan penggantian LCD. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara MEMPERBAIKI LCD HP bergaris, Lakukan Ini Sebelum Di Service"