Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Website dari Nol Menggunakan Blogger

Tipsseo.net - Cara Membuat Website dari Nol Menggunakan Blogger – Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat website adalah dengan mencari platformweb gratis. Meski itidak paham bahasa pemrograman, menggunakan platform ini lebih mudah untuk dibuat dan dikelola. Salah satunya adalah dengan Blogger.

Blogger dapat menjadi pilihan untuk memulai membuat website. Baik untuk kebutuhan personal, atau kebutuhan usaha. Tanpa perlu modal, Blogger dapat membuat website tampil menarik untuk dijangkau banyak orang. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Mudah saja. Hanya butuh 4 langkah, website sudah jadi dan siap digunakan.

cara membuat website dari nol

Mengapa Blogger?

Blogger merupakan salah satu platform gratis yang tersedia untuk pilihan membuat website. Blogger merupakan layanan yang dibuat terintegrasi dengan Google, sehingga akan memudahkan cara membuat website dari nol. Hanya dengan melakukan sign-in otomatis dengan akun Gmail yang sudah ada. Hal tersebut yang kemudian Blogger menjadi banyak diminati.

Cara Membuat Website dari Nol Menggunakan Blogger

Mudahnya membuat website dengan Blogger juga harus didukung dengan isi website yang menarik, jika ingin diminati banyak pengunjung. Sebelum mulai, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki e-mailyang masih aktif digunakan. Lebih baik jika menggunakan e-mail dari Gmail, karena Blogger merupakan salah satu layanan dari Google. Sehingga akan lebih mudah terintegrasi.

Membuat Website

Langkah pertama cara membuat website dari nol yang perlu dilakukan tentu saja dengan mengakses website Blogger. Pilih pada tampilan halaman website, tombol “Create Your Blog”. Kemudian akan diarahkan untuk masuk menggunakan akun Gmail. Setelahnya, hanya dibutuhkan konfirmasi profil blog. Seperti nama blog atau website yang ingin ditampilkan. Kemudian klik “Lanjutkan ke Blogger”.

Tampilan pertama yang paling penting untuk dibuat adalah judul websitedan alamat URL. Masuk pada “Create New”, kemudian masukan judul website pada bagian “Title”. Judul ini nantinya akan muncul di halaman depan website. Lalu dibagian “Address” dapat dimasukkan URL yang ingin digunakan sebagai alamat website. Alamat ini akan gratis untuk digunakan, dengan otomatis diikuti ekstensi “.blogspot.com”.

Selanjutnya adalah memilih “Theme” yang menarik untuk tampilan website. Beberapa tema sudah disediakan gratis, namun dapat juga untuk mengkostumnya sendiri. Setelah semuanya diisi, kemudian klik “Create Blog”. Kini cara membuat website dari nol menggunakan Blogger sudah berhasil dilakukan.

Membuat Post atau Halaman

Membuat website saja tentu tidak cukup hanya sampai disitu. Sudah pasti pada halaman website juga harus diisi dengan konten yang diinginkan. Hal tersebut agar website dapat berfungsi optimal. Mulai dengan membuat post, dengan memilih menu “Post”, kemudian klik “New Post”. Sedangkan untuk membuat halaman, pilih pada menu “Page”.

Mengatur Tampilan Website

Cara membuat website dari nol selanjutnya dengan membuat tampilan web menarik. Tampilan dapat dibuat dengan menu “Theme” yang sudah disediakan. Beberapa tema disediakan gratis, namun nantinya dapat juga menggunakan tema pilihan yang dapat di-install. Jika menginginkan kustomisasi yang lebih lanjut, maka pilih “Customize”.

Mengatur Layout Website

Selanjutnya, untuk melengkapi tampilan juga perlu dilakukan pengaturan pada layout. Mengatur layoutatau susunan elemen pada website dapat diatur sendiri sesuai keinginan. Pilih pada menu “Layout” dan dapat langsung mengonfigurasikan setiap elemen yang tersedia. Beberapa elemen seperti gadget dapat disusun melengkapi tampilan dan fungsi dari website.

Blogger dapat menjadi pilihan tepat untuk memulai cara membuat website dari nol. Selain memang tidak membutuhkan biaya, platform ini juga lebih simple dan mudah. Namun yang perlu diingat bahwa dunia internet sifatnya sangat dinamis. Sehingga memungkinkan dalam beberapa waktu ada perubahan dalam membuat website menggunakan Blogger. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Membuat Website dari Nol Menggunakan Blogger"