Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Cek 6 Jenis Bantuan Sosial (Bansos) Yang Cair di Tahun 2021

 Cara Cek 6 Jenis Bantuan Sosial (Bansos) - Bantuan sosial atau Bansos sampai saat ini masih terus dicairkan dari pihak pemerintah. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meringankan dan membantu beban masyarakat Indonesia. Apalagi setelah dari tahun 2020 kemarin terkena bencana wabah Covid 19. Masyarakat banyak yang mengeluhkan bahwa perekonomian mengalami penuruanan yang cukup drastis. Hal ini dikarenakan roda perekenomian yang sempat terhenti dan melambat.

Program bansos tahun 2021 ini sudah mulai dicairkan oleh pemerintah dari bulan januari. Hal ini menargetkan beberapa sektor. Mulai dari bantuan kartu prakerja, token listrik pln gratis, Bansos Tunai dan beberapa jenis bansos yang lainnya. Dengan penargetan sedemikian rupa diharapkan bisa benar-benar tepat sasaran dan juga bisa meringankan beban masyarakat terdampak covid-19.

Dan pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara cek penerimaan Bansos 2021. Setelah sebelumnya juga sudah saya jelaskan salah satu cara mengajukan bansos PKH untuk Anda.

Cara Cek 6 Jenis Bantuan Sosial (Bansos) Yang Cair di Tahun 2021

cara cek bansos

Ada 6 jenis Bansos atau Bantuan Sosial yang dikucurkan atau dicairkan dari pihak pemerintah. Dan untuk cara mengeceknya masing-masing bansos tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Cek bansos kartu sembako

Yang pertama adalah bagaimana cara cek bansos untuk kartu sembako. Yang mana pemerintah semenjak januari tahun 2021 ini mencairkan bansos kertu sembako dalam jumlah besar. Untuk cara cek bansos kartu sembako silahkann Anda buka halaman dtks.kemensos.go.id.

Bantuan kartu sembako ini diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat di Indonesia setelah terdampak penurunan daya beli berkat covid-19. Menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini, bahwa bantuan bansos kartu sembako di tahun 2021 ini sudah mulai dicairkan dari bulan januari kemarin.

Dan bantuan ini akan menargetkan sebanyak 18.8 juta KPM. Dengan besaran indeksnya adalah sebesar Rp200.000 setiap bulan per KPN. Kemudian untuk nilai Bansos yang sialurkan rata-rata jumlah perbulan adalah 3,76 triliun rupiah. Jumlah tersebut diharapkan bisa membantu keluarga yang kurang mampu.

2. Cek bansos PKH

Selanjutnya adalah Bansos PKH atau Bantuan Sosial untuk Program Keluarga Harapan. Bantuan ini juga dikucurkan oleh pemerintah pada tahun 2021 ini. Dengan harapan bisa membantu daftar keluarga miskin atau keluarga yang terdampak covid-19 dari tahun 2020 kemarin.

Jika Anda ingin mengecek daftar penerima dari Bansos Program Keluarga Harapam (PKH). Silahkan cek di dtks.kemensos.go.id. Setiap penerima dari Bansos PKH ini akan masuk ke dalam daftar DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, disitu adalah daftar penerimanya.

Untuk program Bansos PKH ini sendiri ditujukan untuk masyarakat. Dan diharapkan bisa digunakan sebagai biaya konsumtif sehari-hari atau bisa juga untuk tambahan modal usaha. Selanjutnya akan mendapatkan bantuan modal sebesar 3.5 juta rupiah untuk mereka yang lulu seleksi PKH.

3. Cek bansos Rp 300 ribu

Selanjutnya ada Bantuan Sosial Tunai atau yang sering disebut BST, yakni sebesar Rp300.000,-. Bantuan ini ditujukan untuk membantu warga masyarakat yang terdampak covid-19. Seperti yang kita ketahui bersama dampak dari Covid 19 yang berlangsung dari tahun 2020 kemarin cukup menjatuhkan ekonomi masyarakat kita.

Kemudian untuk mengecek penerima bansos 300ribu ini Anda bisa mengeceknya di dtks.kemensos.go.id

Untuk daftar penerima Bantuan Sosial Tunai atau BST 300ribu ini. Bisa saja juga terdaftar dalam daftar penerima batuan PKH atau tidak. Tergantung dari kondisi penerima bantuan itu sendiri. Kemudian untuk proses penyaluran atau pencairan akan dilakukan melalui POS dan juga bias melalui transfer rekening Bank.

4. Cek bansos kartu prakerja

Bantuan Sosial dalam bentu kartu prakerja juga sudah banyak disalurkan oleh pemerintah dari tahun 2020 kemarin. Jutaan penerima sudah mendapatkan bantuan ini berupa uang insentif setelah menjalani pelatihan tertentu. 

Hal ini tentu sangat bagus sekali untuk mendongkrak kualitas mutu SDM di Indonesia. Dan untuk cara mengeceknya Anda tinggal login ke dalam personal area akun prakerja milik Anda di prakerja.go.id.

Pencairan bantuan sosial dalam bentuk kartu prakerja sudah berlangsung sebanyak 12 gelombang. Dan untuk gelombang 13 sendiri baru ditutup kemarin dan masih menunggu untuk kelanjutan proses pencairan.

5. Cek bansos BLT dana desa

Bantuan yang selanjutnya adalah jenis BLT Dana Desa. Bantuan ini dikucurkan oleh pemerintah kepada seluruh desa yang ada di Indonesia. Untuk penerima bantuan yang satu ini biasanya akan diumumkan oleh pemerintah desa setempat.

Lalu jika ingin mengecek Bansos BLT Dana Desa Anda bisa mengunjungi lumbungfile.kemendesa.go.id. Disitu akan ada daftarnya.

Seperti biasanya untuk perangkat desa biasanya akan memberikan pengumuman kepada warganya baik dalam sebuah rapat desa atau secara langsung menemui daftar penerima BLT tersebut.

6. Cek bansos token gratis PLN

Untuk jenis Bantuan Sosial atau Bansos yang ke enam adalah Tiken listrik gratis PLN. Ini juga sudah berlangsung semenjak merebakknya kasus covid-19 tahun 2020 kemarin. Dan untuk masa penerimaan bantuan sendiri sudah diperpanjang di tahun 2021 ini. 

Bagu Anda yang menggunakan listrik dengan daya 450VA dan 950VA akan turut menerima bantuan kali ini. Untuk mengecek dan melakukan klaim token gratis Anda bisa mengeceknya di www.pln.co.id atau di stimulus.pln.co.id

Dari ke enam jenis Bantuan Sosial diatas pemerintah berharap bisa membantu meringankan beban masyarakat kita dalam hal ekonomi. Dan semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar serta tepat sasaran. Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai cara cek bansos. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah berkunjung

Post a Comment for "Cara Cek 6 Jenis Bantuan Sosial (Bansos) Yang Cair di Tahun 2021"