Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

9 Kiat Sukses Usaha Dagang Untuk Seorang Pemula

Tipsseo.net - Belajar mengenai kiat sukses usaha dagang adalah sebuah kewajiban untuk seorang pemula yang baru terjun ke dunia perdangagan. Dimana bisnis perdagangan sendiri akan mempunyai banyak tantangan di dalamnya, baik itu tantangan yang datang dari diri kita sendiri atau juga dari persaingan dalam dunia perdagangan.

Usaha dagang adalah usaha terbaik kalau Anda bisa sukses di dalamnya. Dimana yang namanya perdagangan adalah pemutar roda perekonomian di dunia ini. Namun semuanya tentu butuh sebuah proses yang baik dan benar, apalagi untuk seorang pemula. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips dan kiat khusus untuk membantu kesuksesan Anda dalam berdagang.

9 kiat sukses usaha dagang untuk pemula


kiat-sukses-usaha-dagang


1.  Memahami produk dagangan yang dijual

Langkah awal kalau Anda ingin sukses dalam berdagang tentu saja harus paham benar mengenai produk yang Anda jual. Mulai dari spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan seluk beluk dari barang yang Anda perdagangkan tersebut. Semakin anda paham mengenai barang dagangan Anda, maka semakin baik pula Anda dalam proses berdagang.

Maka dalam memilih bisnis dagang, usahakan di bidang yang benar-benar Anda kuasai. Dengan begitu Anda bisa menjalani proses dagang dengan baik dan maksimal.

2. Mengetahui target pemasaran dagang yang tepat

Yang kedua setelah Anda paham barang dagangan, Anda harus tahu kemana target yang paling tepat untuk menjual barang dagangan tersebut. Dengan mengetahui target pemasaran yang tepat maka Anda akan menghemat waktu dalam memasarkan barang tersebut, selain itu Anda akan lebih cepat bertemu dengan pelanggan yang tepat dan barang dagangan mudah laku.

Mengetahui target pemasaran yang tepat juga bisa mendukung penghematan biaya Anda dalam berdagang dan juga waktu serta tenaga yang anda keluarkan.

3. Harus pandai dalam penawaran dan negosiasi

Selanjutnya adalah dalam hal penawaran dan negosiasi. Seorang pedagang harus benar-benar menguasai kemampuan yang satu ini. Seorang pedagang pemula harus terus mengasah kemampuan dalam menawarkan barang dagangan sehingga bisa cepat mendapatkan pembeli.

Selain itu dalam hal negosiasi juga harus Anda kuasai jika Anda ingin sukses dalam berdagang. Bagaimana caranya Anda negosiasi untuk mendapatkan harga pembelian dan penjualan terbaik dengan keuntungan yang maksimal.

4. Mempunyai jiwa pedagang yang ulet dan konsisten

Seorang pedagang harus ulet tahan banting dan tidak mudah menyerah. Apalagi jika masih pemula, pasti akan menghadapi berbagai macam penolakan. Dan dari sini Anda tidak boleh menyerah begitu saja jika banyak mendapatkan penolakan. 

Selain harus menjadi pedagang yang ulet dan tidak mudah menyerah juga harus mampu konsisten terus menerus dalam menjalankan usaha dagang yang dirintis. Seorang pedagang pemula yang konsisten akan cepat ahli dalam berdagang dan bisa sukses di kemudian hari nanti.

5. Harus mampu bersaing dari segi harga dan kualitas

Langkah selanjutnya adalah mampu bersaing. Bersaing dalam usaha dagang bisa meliputi banyak hal, dari segi pelayanan, pemasaran, segi kualitas dan juga bersaing dari segi harga. Yang terutama adalah dari kualitas dan juga harga. Selama Anda bisa menjual barang dagangan dengan kualitas terbaik dan harga yang sedikit lebih murah maka pastinya barang dagangan akan cepat laku.

Makanya ada sebuah teknik biar cepat dapat banyak pembeli. Yakni dengan mengambil keuntungan sedikit saja dalam berdagang. Keuntungan sedikit tapi rutin justru akan menjadikan Anda lebih sukses dalam berdagang.

6. Mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk berdagang

Selanjutnya adalah harus mampu update dan mengikuti perkembangan teknologi. Dengan mengikuti perkembangan teknologi kita tidak akan ketinggalan dari segi kecepatan dan profesionalisme. Pedangan profesional biasanya selalu update soal teknologi tekait dengan bidang yang dia perdagangkan.

Contoh pedagang yang mampu mengikuti perkembangan teknologi adalah pedagang yang sudah menggunakan mesin. Selain itu pedagang yang sudah menggunakan sistem digital marketing dalam memasarkan produk dagangan mereka.

7. Harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik

Kiat sukses usaha dagang yang ketujuh adalah harus mampu memberikan pelayanan terbaik. Buatlah calon pembeli Anda merasa nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan. Kalau calon pembeli sudah menyukai pelayanan Anda, maka kemungkinan mereka untuk jadi membelipun semakin besar.

8. Mampu menjaga kepercayaan pelanggan

Kiat sukses selanjutnya adalah harus mampu menjaga kepercayaan pelanggan. Mulai dari menjaga kualtas untuk tetap bagus dan tidak mengecewakan. Selain itu menjaga kepercayaan jika mendapatkan pesanan atau orderan tertentu. Kepercayaan bisa dibagun dengan baik dengan pelanggan asalkan omongan kita bisa dipegang dan tidak pernah ingkar janji dengan pelanggan.

9. Rutin melakukan evaluasi kegiatan perdagangan

Yang terakhir adalah rajin melakukan evaluasi, ini adalah sebuah langkah penting jika Anda ingin sukses dalam berdagang. Evaluasi bisa Anda lakukan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Evaluasilah semua kegiatan dagang yang sudah Anda jalankan, apakah ada hal yang perlu ditinngkatkanm apakaha ada hal yang bisa diperbaiki. Dengan evaluasi tersebut tentu saja Anda akan berdagang dengan cara yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai kiat sukses usaha dagang, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "9 Kiat Sukses Usaha Dagang Untuk Seorang Pemula"