Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Manfaat Sayur Pare Untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

 Manfaat sayur pare untuk asam urat sudah dikenal sejak lama. Anda sudah pasti tahu jika sayur pare memiliki rasa yang pahit sehingga jarang orang yang menyukai sayuran ini. Walau memiliki rasa yang pahit, pare menyimpan banyak sekali manfaat di dalamnya. Salah satu manfaat sayur pare adalah dapat mengobati penyakit asam urat. 

Untuk dijadikan obat asam urat, sayur pare perlu diolah dengan benar supaya khasiatnya tetap terjaga. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat sayur pare untuk asam urat dapat mengolahnya menjadi jus dan air rebusan. Berikut ini akan membahas mengenai manfaat sayur pare dan cara mengolahnya. 

Manfaat sayur pare untuk asam urat

 Kandungan Sayur Pare

Sebelum membahas mengenai cara mengolah manfaat pare untuk kesehatan, Anda ketahui terlebih dahulu kandungan sayur pare.  Sayur pare memiliki nama ilmiah Momordica Charantia yang merupakan sayuran dengan kadar nutrisi yang tinggi. Dalam 1 cangkir pare setara dengan 94 gram pare yang mengandung 20 kalori, 4 gram karbohidrat, dan 2 gram serat. 

Tidak hanya itu saja, pare juga memiliki kandungan vitamin yang baik. Dalam secangkir pare terdapat sekitar 93% vitamin C harian dan 44% vitamin A harian. Oleh sebab itu, manfaat pare sangat baik untuk kesehatan karena kandungan vitaminnya yang sangat tinggi. Selain itu, pare juga memiliki kandungan mineral seperti folat, kalium, seng, dan zat besi. 

Manfaat sayur pare untuk asam urat terdapat kandungan katekin, asam galat, epicatechin, dan asam kloroganet. Dimana semua senyawa tersebut sangat baik untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Sayur pare juga rendah kalori tetapi tinggi serat sehingga aman dikonsumsi jika Anda sedang diet.

Inilah Manfaat Sayur Pare Untuk Asam Urat

Manfaat sayur pare sangat beragam mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Berikut ini manfaat sayur pare untuk asam urat, yaitu : 

1.    Mencegah hiperglikemik 

Manfaat sayur pare untuk asam urat yang pertama adalah untuk mencegah hiperglikemik. Beberapa peneliti sudah membuktikan jika buah dan daun pare dapat menurunkan kadar gula darah. Cara mengonsumsinya dengan mengambil ekstrak pare dan mengkonsumsinya secara rutin. Kadar gula darah yang tinggi sangat rentan terhadap berbagai penyakit salah satunya asam urat. Sehingga, jika kadar gula darah tidak tinggi maka resiko terkena asam urat juga kecil. 

2.    Menurunkan berat badan

Manfaat sayur pare untuk asam urat selanjutnya adalah karena pare dapat menurunkan berat badan. Pare dapat meningkatkan produksi hormon insulin yang biasa dipakai untuk mencerna glukosa dalam tubuh. Semakin banyak hormon insulin maka semakin banyak gula darah yang tersimpan di tubuh untuk menjadi energi. 

Dengan begitu, berat badan akan semakin turun. Hal tersebut sangat berkaitan dengan asam urat. Kebanyakan orang yang menderita asam urat memiliki berat badan berlebih atau obesitas. 

3.    Mencegah pembengkakan 

Pare memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berguna sebagai antiinflamasi. Sehingga manfaat sayur pare untuk asam urat dapat sebagai peredam pembengkakan asam urat. 

4.    Mencegah pembentukan asam urat

Pare memiliki kandungan flavanoid yang merupakan senyawa baik untuk menghambat kerja enzim xantin oksidase. Enzim tersebut dapat memicu asam urat sehingga manfaat pare dapat membuat asam urat terhambat. 

5.    Mencegah peradangan

Peradangan adalah akibat dari penumpukan kadar asam urat yang sangat tinggi. Sehingga manfaat sayur pare untuk asam urat dapat mencegah terjadinya peradangan. 

6.    Fungsi ginjal meningkat

Manfaat pare dapat meningkatkan fungsi ginjal dan sehingga mengeluarkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Hal ini karena pare memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang masuk ke tubuh dapat membuat kerja ginjal lebih baik. Sehingga kadar asam urat yang tinggi dapat meresap dan keluar menjadi urine. 

7.    Menurunkan kadar asam urat

Manfaat sayur pare untuk asam urat tentu saja dapat mengurangi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Kandungan folatnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara bertahap. 

8.    Menghilangkan rasa nyeri

Kadar asam urat tinggi akan memberikan rasa nyeri yang luar biasa pada persendian tubuh. Manfaat pare dapat mengurangi rasa nyeri karena asam urat yang tinggi secara perlahan. 

9.    Membantu proses ekresi asam urat

Asam urat dapat luruh melalui urine. Dalam sayur pare terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut dapat membantu proses eksresi asam urat dalam bentuk urine.

Cara Mengolah Manfaat Sayur Pare Untuk Asam Urat

Jika ingin mendapatkan manfaat sayur pare untuk asam urat, Anda harus dapat mengolahnya dengan benar, yaitu :

1. Mengolah sayur pare menjadi jus    

    Proses pembuatan pare menjadi jus adalah sebagai berikut : 

    • Kupaslah kulit bagian terluar pare yang kasar dengan menggunakan pisau sehingga rasa pahitnya          akan berkurang.
    • Kemudian, belah pare menjadi 2 bagian lonjong dan buang biji di dalamnya.
    • Rendam dan remas pare kedalam larutan air garam selama 20 hingga 30 menit. Garam dap                       membantu mengeluarkan rasa pahit dalam pare. Setelah direndam maka pare sudah dapat diolah           menjadi jus.
    • Jika ingin menghilangkan rasa pahit lagi dalam pare Anda dapat merendamnya dengan yogurt.               Rendam pare dengan yogurt sekitar 1 jam sebelum membuat jus.
    • Untuk menyeimbangkan rasa pahit pada pare dapat dengan menambahkan sedikit gula dalam jus.
    • Kemudian blender dan jus pare dapat segera dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa pahit.

2. Mengolah sayur pare menjadi air rebusan

    Manfaat sayur pare untuk asam urat juga dapat dikonsumsi menjadi air rebusan, caranya sebagai            berikut : 

    •    Kupas kulit pare mentah yang sudah dicuci bersih.
    •    Kemudian, buang biji pare hingga bersih dan cuci kembali.
    •    Rebus pare bersama 2 gelas air minum.
    •    Tunggu hingga air rebusan menjadi tersisa 1 gelas.
    •    Jika sudah mendidih bisa dinginkan terlebih dahulu dan saring sebelum dikonsumsi.

Untuk mendapatkan manfaat sayur pare untuk asam urat sangat efektif dengan kedua proses tersebut dibandingkan mengonsumsi langsung. Karena air rebusan tersebut memiliki senyawa alami yang diambil dari sayur pare. 

Efek Samping Mengonsumsi Pare

Walaupun manfaat pare sangat baik untuk kesehatan tetapi tetap harus diperhatikan takarannya. Anda tidak boleh mengonsumsi air rebusan dan jus pare secara berlebihan. Apalagi untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti ibu hamil dan menyusui. Karena jika mengonsumsi pare secara berlebihdan dapat memancing kontraksi bahkan pendarahan. 

Selain itu, pada ibu menyusui yang mengonsumsi sayur pare dapat membahayakan bayi. Sehingga Anda tetap harus bijak dalam mengonsumsinya. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika ingin mengonsumsi sayur pare untuk pengobatan. Dengan begitu, akan lebih aman karena sudah dibawah pengawasan dokter. 

Demikian informasi mengenai manfaat sayur pare untuk asam urat dan cara mengolahnya yang benar. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam mengobati penyakit asam urat. Konsumsi sesuai dengan anjuran dokter supaya meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.

Post a Comment for " 8 Manfaat Sayur Pare Untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya"