Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Jenis Digital Marketing Untuk Promosikan Bisnis Anda

Tipsseo.net - Dalam menjalankan sebuah strategi pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing. Yakni sebuah strategi marketing yang memanfaatkan teknologi digital. Dimana saat ini teknologi digital terus menerus berkembang dari waktu ke waktu dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha asal tahu caranya.

Digital marketing adalah sebuah jenis langkah atau upaya dalam melakukan pemasaran produk maupun jasa yang menggunakan teknologi digital berbasis online atau melalui internet. Hal ini memanfaatkan tingginya traffic pengguna internet saat ini. Tentu saja banyak kelebihan dari menggunakan digital marketing. Mulai dari lebih ekonomis dalam segi harga, kecepatan penyebaran informasi dengan cangkauan yang sangat luas. Lalu apa saja jenis-jenis digital marketing, selengkapnya akan saya jelaskan pada artikel kali ini.

Jenis-jenis Digital Marketing Beserta Manfaatnya


jenis-jenis-digital-marketing

1. Digital marketing dengan menggunakan sosial media

Jenis digital marketing yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan sosial media. Ini bisa Anda lakukan secara langsung dengan memasarkan produk atau jasa melalui beranda sosial media anda. Mulai dari menggunakan facebook, twitter, Instagram atau sosial media lainnya.

Kemudian manfaat menggunakan digital sosial media adalah menjangkau orang-orang yang menggunakan sosial media. Mulai dari pertemanan, anggota sebuah grup, atau dari followers fanspage yang Anda buat. Kemudian Anda juga bisa menjalankan digital marketing dengan sosial media ads yang berbayar guna menggunakan fasilitas iklan tertarget.

2. Marketing menggunakan situs website

Selanjutnya digital marketing juga bisa menggunakan sebuah website. Website yang Anda buat bisa menampilkan produk atau jasa yang Anda jual. Dengan banyaknya orang yang mengunjungi website Anda, berarti disitulah proses marketing terus berjalan.

Cara melakukannya Anda bisa membuat sebuah website dengan nama bisnis Anda. Kemudian melakukan display produk dan jasa. Lalu mempromosikan website tersebut agar memiliki banyak pengunjung.

3. Search Engine Optimization

Salah satu strategi digital marketing yang lain adalah dengan menggunakan Search Engine Optimization atau sering dikenal dengan istilah SEO. Yang artinya mencoba menambilkan usaha produk atau jasa Anda di hasil pencarian search engine. Tentu ini juga memerlukan media yakni website atau situs usaha Anda. Dengan website Anda tampil di hasil pencarian dari search engine, berarti Anda akan mampu mendapatkan visitor organic yang potensial untuk bisnis Anda.

Untuk melakukan optimasi SEO, Anda juga bisa melakukannya dengan belajar SEO sendiri atau bisa juga menggunakan jasa SEO agar bisnis Anda bisa tampil di halaman pertama penelusuran dari search engine dan akhirnya bisa mendapatkan visitor organic dan calon pembeli potensial untuk bisnis Anda.

4. Sistem promosi iklan PPC

Yang termasuk strategi digital marketing yang lain adalah dengan menggunakan iklan PPC atau Pay Per Click. Disini Anda bisa membayar kepada perusahaan iklan PPC. Dan pembayarannya nanti dihitung berdasarkan target tampilan atau click pengunjung. Strategi promosi menggunakan iklan PPC ini cukup bagus karena biasanya ada sistem relevansi guna mendapatkan klik dari pengunjung potensial yang menyesuaikan antara konten dan iklan Anda.

5. Digital marketing dengan menggunakan video online

Strategi digital marketing yang laina adalah dengan menggunakan sebuah video promosi. Video ini bisa Anda sebarkan melalui online, mulai dari sosial media, website dan juga mengunggahnya di youtube. Promosi menggunakan video tentu dalam pembuatannya akan lebih sulit dan bahkan lebih mahal. Akan tetapi digital marketing bebasis video akan jauh lebih maksimal dibandingkan menggunakan tulisan. Apalagi di zaman sekarang ini, orang lebih suka menonton video ketimbang membaca, jadi bisa dibilang promosi menggunakan video merupakan promosi paling jitu untuk saat ini.

6. Promosi menggunakan sistem afiliasi pemasaran

Digital marketing juga bisa dilakukan dengan sistem afiliasi online. Yakni dengan mengundang banyak orang untuk ikut mempromosikan produk atau jasa. Selama program afiliasi yang Anda sediakan bagus, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan afiliator, dan semakin banyak orang yang bergabung dalam afiliasi, maka bisnis tersebut juga akan mampu cepa berkembang.

7. Pemasaran menggunakan contact building

Strategi digital marketing yang lain yakni dengan mengunakan contact building, yakni sebuah cara mengumpulkan list kontak lalu melakukan promosi. List contact tersebut bisa berupa email, nomer WA atau bisa juga nomer telegram. Kemudian sekali melakukan promosi, akan menyebarkan promosi tersebut kedalam seluruh list kontak yang sudah didapatkan. Kalau menurut saya lebih bagus lagi jika membuat sebuah grup sendiri dari list kontak tersebut.

Nah sampai disini saya kira sudah jelas mengenai jenis-jenis dari digital marketing itu sendiri. Selama Anda mau belajar, saya yakin Anda bisa memanfaatkan media online dengan baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "7 Jenis Digital Marketing Untuk Promosikan Bisnis Anda"