Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Cara Kerjasama Dengan JNE Untuk Olshop Dan Keuntungannya

Tipsseo.net - Cara kerjasama dengan JNE untuk olshop adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan guna melengkapi pelayanan olshop Anda langsung dengan keagenan JNE. Artinya ketika produk Anda di online shop laku Anda juga bisa memprosesnya langsung dengan pengiriman JNE dari tempat Anda tersebut. Selain untuk olshop sebenarnya dengan menjadi keagenan JNE dengan melayani masyarakat luas juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Seperti halnya menjalankan perusahaan ekspedisi dengan nama brand ternama pasti lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. 

Cara kerjasama dengan JNE untuk olshop sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Selama Anda melengkapi semua data yang dibutuhkan kemudian sesuai syarat biasanya JNE juga pasti akan menyetujui. Meskipun begitu pihak JNE nantinya akan mengadakan uji coba terlebih dahulu selama tiga bulan dengan targeting sesuai dengan grade masing-masing. Jadi ada level tersendiri dari keagenan JNE sesuai dengan kemampuan omset penjualan setiap bulannya. Baiklah langsung saja kita masuk pada langkah-langkah yang harus dilakukan.

Cara Kerjasama Dengan JNE Untuk olshop


cara-kerjasama-jne-untuk olshop


1. Persiapkan syarat administrasi kerjasama JNE

Yang pertama harus dilakukan untuk bekerjasama dengan JNE adalah mengisi atau melengkapi syarat administrasi terlebih dahulu. Untuk syarat administrasi sendiri meliputi 2 hal, yakni syarat administrasi umum dan khusus. Kita mulai dari syarat yang umum terlebih dahulu antara lain :

  • Mengisi Formulir Pendaftaran dari pihak JNE
  • Menyerahkan Copy KTP 1 lembar
  • Pas photo 4x6 1 lembar
  • Fotocopy rekening koran dalam 3 bulan terakhir
  • Membayar perlengkapan sales
  • Memberikan sejumlah deposit awal (untuk jaminan kerjasama)
  • Memberikan keterangan tempat usaha, sewa atau milik sendiri melampirkan suratnya masing-masing
  • Menyerahkan surat domosili usaha
  • Fotocopy pembayaran PBB
  • Foto denah lokasi usaha dari 4 sisi dan semua difoto tampak luar dan tampak dalam

Kemudian untuk syarat khususnya yang membedakan adalah status usahanya. Usaha keagenan JNE tersebut pribadi atau lembaga. Jika Anda menggunakannya untuk olshop pribadi, maka cuma perlu melampirkan dokumen tambahan Kartu Keluarga dan NPWP pribadi. Kemudian jika Anda berbadan hukum atau keagenan JNE non pribadi maka wajib melampirkan surat-surat keterangan lembaga atau perusahaan Anda.

Baca juga : Pengertian waralaba beserta contohnya

2. Pastikan lokasi membuka agen JNE memenuhi syarat

Kemudian langkah selanjutnya untuk bisa bekerja sama dengan JNE guna memperlancar bisnis olshop Anda, pastikan lokasi Anda memenuhi syarat. Sebenarnya pihak JNE mensyarakatkan umumnya tidak boleh terlalu dekat dengan keagenan JNE yang sama. Jadi minimal harus berjarak radius 1 kilometer dari keagenan lain. Kemudian juga tidak boleh satu komplek ruko atau satu komplek pertokoan dengan keagenan JNE lain.

Kemudian syarat yang kedua adalah ruangan yang digunakan memadai. Dari pihak JNE memberikan syarat minimal ukuran ruang yang digunakan adalah 3 x 4 meter atau dengan luas 12 meter persegi.

Ketika beberapa syarat jarak lokasi dan juga ruangan lokasi Anda memenuhi, maka bisa lanjut mengajukan kerjasama dengan JNE.

3. Pastikan perlengkapan kerjasama JNE memenuhi syarat

Untuk kerjasama dengan JNE juga akan mensyaratkan atau memastikan bahwa perlengkapan Anda memadai, pelengkapan tersebut meliputi :

  • jaringan internet yang lancar
  • PC yang memadai
  • Jaringan komunikasi
  • printer
  • Timbangan
  • Keranjang sortir
  • Alat-alat penulisan
  • Menyediakan troli barang

4. Wajib memenuhi syarat penjualan dari JNE

Kemudian syarat selanjutnya yang harus dipenuhi oleh agen JNE adalah lolos dalam masa uji coba penjualan. Untuk uji coba ini sendiri nanti akan mendapatkan kelasnya masing-masing. Sistem penargetan uji coba penjualan keagenan baru JNE antara lain :

  • KCU Grade A : Rp50.000.000,-. (lima puluh juta rupiah)
  • KCU Grade B dan C : Rp10.000.000,-. (sepuluh juta rupiah)
  • KCU Grade D dan E : Rp2.000.000,-. (dua juta rupiah

5. Mengikuti interview yang diadakan JNE

Kemudian pada saat Anda melakukan pengambilan berkas kerjasama nantinya juga akan dilakukan interview dari pihak JNE yang menanyakan seputar keagenan tersebut intinya. Bagaimana prospek lokasi dan usaha Anda pasti juga akan ditanyakan dalam interview. Asalkan persyaratan lengkap semua dan tidak ada masalah apapun, interview ini hanya untuk memperjelas kerjasama saja, yang pasti kemungkinan besar diterima dan lanjut untuk kerjasama dengan JNE

Baca juga : Cara daftar waralaba sicepat

6. Keuntungan kerjasama dengan JNE

Sampai disini sebenarnya mengenai cara kerjasama dengan JNE sudah selesai. Tambahan mengenai keuntungan kerjasama dengan JNE sendiri ada banyak sekali, Antara lain sebagai berikut :

  • Mendapatkan harga paket spesial yang akan menjadi keuntungan untuk agen JNE
  • Mudah dalam pemasarannya karena JNE merupakan sebuah brand besar yang sudah terpercaya oleh seluruh masyarakat indonesia
  • Tidak usaha susah-susah merancang program kerja usaha ekspedisi, karena semua sudah ditentukan dari pihak JNE
  • Membantu meningkatkan penjualan olshop, karena setiap transaksi yang masuk bisa segera di proses dari tempat karena memiliki keagenan sendiri. Berbeda jika tidak memiliki keagenan sendiri Anda harus mencari agen JNE atau pengiriman lain untuk mengirimkan paket olshop.
  • Membuat usaha Anda semakin ramai, karena sekaligus melayani masyarakat yang ingin melakukan pengiriman paket menggunakan JNE.

7. Cara mengembangkan kerjasama dengan JNE

Selanjutnya jika Anda sudah mendapatkan kerjasama, pastinya Anda harus memikirkan cara mengembangkan usaha Anda dengan JNE ini. Sebenarnya jika olshop Anda sudah ramai, masalah omset JNE nya tidak perlu dikhawatirkan, namun jika olshop masih sepi, berarti Anda perlu melakukan yang namanya promosi ekspedisi JNE nya untuk menigkatkan dan mencapai target yang telah di tetapkan oleh pihak JNE. Beberapa langkah agar usaha keagenan JNE anda semakin besar antara lain sebagai berikut :

  • Pasang plang atau spanduk ekspedisi JNE di tempat usaha Anda. Pastikan mencolok dan bisa dilihat jelas oleh masyarakat yang lewat. Hal ini penting guna memberi tahu masyarakat sekitar bahwa Anda melayani jasa pengiriman menggunakan jasa ekspedisi JNE.
  • Promosikan melalui media sosial. Bergabunglah dengan forum atau grup yang masih satu daerah dengan usaha Anda. Dengan begitu Anda bisa memberi tahu masyarakat di sekitar Anda bahwa Anda melayani pengiriman dengan keagenan JNE.
  • Agar lebih maksimal lagi, bekerjasamalah dengan penjual online shop yang lain agar mereka menggunakan pengiriman JNE dari tempat Anda. Dengan begitu akan membantu peningkatan omset dan memenuhi target yang sudah disyaratkan.
  • Memberikan pelayanan dengan baik kepada setiap customer dan pelanggan Anda. Karena dengan pelayanan lah mereka akan nyaman dan kembali memakasi jasa ekspedisi JNE milik Anda.

Sekian dulu sobat mengenai penjelasan saya tentang cara kerjasama JNE untuk olshop sekaligus dengan keuntungan serta cara meningkatkannya. Jadi dengan bekerja sama dengan JNE akan mendapatkan keuntungan ganda. Yang pertama mempercepat penjualan dari olshop Anda dan yang kedua adalah untuk mendapatkan keuntungan dari masyarakat yang memakai jasa ekspedisi dari keagenan JNE Anda. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. 

Info pendaftaran di https://www.jne.co.id/id/solusi-bisnis/kemitraan/keagenan

Post a Comment for "7 Cara Kerjasama Dengan JNE Untuk Olshop Dan Keuntungannya"