Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal

Tipsseo.net - Cara menjadi agen sembako tanpa modal adalah sebuah langkah berjualan sembako dengan sistem keagenan dan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Ini adalah sebuah bisnis yang menjanjikan, dimana sembako adalah sebuah bahan pokok wajib yang dibutuhkan oleh semua orang setiap harinya. Yang artinya, bisnis sembako juga merupakan bisnis yang laku setiap hari. Pasti diantara Anda ada yang pernah atau sedang melirik bisnis yang satu ini. Selama Anda mempunyai niat dan mau bekerja keras, bisnis sembako akan mampu memberikan omset yang besar setiap harinya. Jangankan jutaan, puluhan hingga ratusan juta pun bisa. 

Cara menjadi agen sembako tanpa modal tentu akan berbeda dengan Anda melakukannya dengan modal sendiri. Bedanya jika Anda tidak punya modal harus melakukan kerjasama dengan pihak tertenu. Ya, kerjasama inilah yang akan membantu Anda agar bisa menjalankan bisnis agen sembako tersebut. Kemudian kerjasama itu sendiri ada banyak macamnya, baik itu kerjasama dalam stock sembako maupun kerjasama dalam bentuk modal keuangan. Baiklah, langsung saja kita akan masuk pada langkah-langkah bagaimana cara menjadi agen sembako tanpa modal tersebut.

Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal


cara-menjadi-agen-sembako-tanpa-modal


1. Menjadi reseller sembako secara online

Cara yang pertama adalah dengan cara online. Yakni menjual sembako dengan memanfaatkan toko online Anda atau dengan cara berjualan di ecommerce dan marketplace. Dengan menjadi reseller sembako artinya Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk stock barang. Anda bisa melakukannya hanya bermodalkan gambar-gambar dan keterangan harga saja.

Apakah semudah itu ? Tentu saja tidak. Karena untuk penjual sembako sendiri sudah sangat banyak sekali. Jadi Anda harus bisa bersaing dengan kopetitor Anda dengan baik. Mulai dari segi kualitas, harga dan juga pelayanan, Anda harus unggul. Kemudian targetkan penjualan secara online kepada para pedagang eceran seperti para pemilik toko kelontong atau warung sembako kecil-kecilan. Cara ini tentu jauh lebih efektif, karena menjadi agen fokusnya adalah menjual dalam skala yang lebih besar dibandingkan jual eceran. 

Baca juga : Cara menjadi agen frozen food

2. Menjalin kerjasama dengan distributor sembako besar

Cara menjadi agen sembako tanpa modal selanjutnya adalah menjalin kerjasama dengan distibutor atau pedangang besar di bidang sembako. Pertama-pertama buatlah program penjualan sembako yang menarik untuk Anda tawarkan dengan mereka. Biar lengkap buat program tersebut dalam sebuah proposal pengajuan kerjasama agen sembako. 

Buat pedagang besar tersebut mau bekerjasama. Dengan begitu Anda bisa melakukan stock sembako terlebih dahulu tanpa harus bermodal uang. Dan Anda akan melakukan setoran apabila produk sudah laku.

Namun untuk mendapatkan chanel kerjasama ini tentu tidak akan mudah. Jadi Anda juga harus melampirkan perjanjian tertulis dan semacamnya agar si pedagang besar sembako tersebut mempercayai Anda dan mau bekerjasama.

3. Menjalankan kerjasama dengan investor untuk jadi agen sembako

Selain bekerjasama sembako dalam bentuk barang, Anda juga bisa mencari investor untuk menjadi agen sembako tanpa modal. Jika ingin mencari investor pastikan bahwa Anda cukup meyakinkan dan bisa dipercaya oleh calon investor Anda.

Cara yang paling cepat adalah mencari investor pada orang yang sudah Anda kenal. Hal ini tentu lebih mudah dibandingkan dengan orang yang belum kenal sama sekali dari segi kepercayaan. Selanjutnya jangan lupa untuk membuat proposal pengajuan kerjasama investor. Proposal tersebut tentu saja harus berisi bagaimana program keganenan sembako Anda dijalankan dan juga segala macam rincian lainnya.

Jika Anda menjalankan keagenan sembako dari dana investor pastikan untuk bisa menargetkan keuntungan dengan tepat karena Anda memiliki tanggungjawab untuk mengembalikan uang. Berbeda dengan sebelumnya tadi dengan stock barang, kalau stock barang tidak laku bisa dikembalikan, namun jika uang sudah menjadi barang pasti akan berbeda cerita.

Baca juga : Usaha toko kelontong sederhana

4. Membuka cabang dari bisnis sembako orang lain

Cara selanjutnya jika Anda ingin menjadi agen sembako namun tidak punya modal adalah menawarkan pembukaan cabang baru untuk toko sembako yang sudah Ada. Cara Anda harus menghubungi seorang atau pihak penjual sembako besar. Kemudian menawarkan kepada mereka untuk membuka cabang baru yang nantinya Anda kelola.

Jika Anda menggunakan cara yang ke 4 ini, pastikan Anda menyiapkan tempat, sarana dan juga sistem pejualan yang meyakinkan. Dengan begitu pedagang sembako tersebut akan tertarik untuk membuka cabang baru yang nantinya Anda kelola. 

Dan jangan lupa setiap melakukan kerjasama untuk melakukan perjanjian hitam diatas puting yang nantinya akan Anda jadikan pegangan kedua belah pihak. Ini penting karena menyangkut beberapa hal mulai dari keamanan kerjasama dan juga kesepakatan mengenai bagi hasil dan sejenisnya. Jika sudah ada perjanjian hitam diatas putih pastinya akan aman untuk kedua belah pihak.

5. Partnering usaha agen sembako dengan orang lain

Yang kelima Anda juga bisa menjadi agen sembago tanpa modal dengan cara berpartner dengan orang lain. Bedanya dengan beberapa cara sebelumnya adalah peran dari kedua belah pihak. Jika sebelumnya yang menjalankan usaha hanya Anda, namun dalam cara kelima ini Anda menjalankan usaha agen sembako bersama dengan orang lain. 

Anda bisa mengajak teman atau kenalan dengan mendirikan agen sembako bersama. Jika Anda tidak punya modal uang paling tidak Anda mempunyai tempat. Dengan begitu kerjasama akan menjadi seimbang. 

Dalam sistem mendirikan agen sembako bersama ini tentu saja harus ada kesepakatan yang jelas. Mulai dari cara menjalankan usaha tersebut sampai dengan pembagian hasil. Dengan begitu akan jelas bagaimana sebuah usaha agen sembako itu berjalan.

Baca juga : Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

6. Cara memasarkan usaha agen sembako

Sebagai tambahan saya akan menjelaskan sedikit mengenai cara memasarkan agen sembako. Berbeda dengan penjualan ritel toko sembako biasa dengan agen. Agen adalah berfokus mencari tengkulak sembako yang dia jual langsung kepada konsumen. Cara memasarkan agen sembako Anda bisa menjalin kerjasama dengan banyak toko kelontong dan juga warung-warung sembako kecil. Semakin banyak Anda menjalin kerjasama maka akan semakin cepat juga untuk melakukan penjualan.

Dalam menawarkan sembako ke warung-warung eceran, yang paling menentukan adalah harga. Jadi usahakan bahwa harga yang Anda tawarkan adalah harga yang menguntungkan untuk mereka. Biar saja Anda untuk sedikit yang penting semakin banyak warung yang mengambil sembako di toko Anda. Dengan begitu toko sembako Anda akan mampu menjual sembako dalam volume besar dengan waktu yang rekatif singkat. Meskipun Anda mengambil untung sedikit namun kalau lakukanya banyak, untung yang didapatkan juga semakin besar tentunya.

Saya rasa cukup penjelasan dari saya mengenai cara menjadi agen sembako tanpa modal sekaligus cara memasarkan usaha agen sembako itu sendiri. Yang jelas selama Anda bisa menjalin kerjasama dengan baik maka modal tidak akan menghalangi Anda untuk membuka agen sembako sendiri. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "6 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal"