Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Dasar Menajemen Usaha Wajib Dimiliki Pelaku Wirausaha

Tipsseo.net - Ada beberapa dasar management usaha yang harus di miliki oleh seorang yang menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Karena tanpa dasar yang kuat pastinya sebuah usaha tidak akan berkembang dan akan rentan sekali dengan yang namanya kegagalan.

Apalagi untuk seorang pebisnis pemula atau yang baru merintis usaha dari nol atau baru mulai menjadi seorang wirausaha. Sebuah dasar ini menjadi sangat penting sebagai pondasi kekuatan dalam menjalankan usaha tersebut. Sebenarnya beberapa hal yang akan saya sebutkan kali ini bukan rahasia umum lagi dan sobat mungkin sudah pada mengerti, akan tetapi yang mau mendalaminya sangat jarang sehingga banyak yang gagal dalam menjalankan sebuah usaha.

5 Dasar Menajemen Usaha Wajib Dimiliki


dasar-manajemen-usaha


1. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dalam usaha adalah sebuah cara seorang pelaku bisnis dalam mengelola keuangan, baik itu alokasi pemasukan, pengeluaran dan mengatur keseluruhan perputaran uang dalam sebuah usaha. 

Ini menjadi yang pertama kali harus dimiliki oleh seorang yang menjalankan sebuah usaha. Karena pengelolaan keuangan yang benar akan menjadikan usaha tersebut sehat, mampu bertahan dan berkembang.

Lalu, pembelajaran tentang mengelola keuangan yang baik harus Anda dalami ketika ingin menjalankan sebuah usaha, mulai dari pembukuan keuangan dan cara menentukan bersaran prioritas. 

Yang tidak kalah penting adalah mengatur keuangan pribadi, ketika Anda menjalankan bisnis jangan sampai keuangan usaha bercampur dengan kebutuhan pribadi dan juga jangan sampai kebutuhan pribadi kita sehari-hari malah justru menggangu keuangan dalam usaha yang dijalankan.

Kalau kita sudah bisa berhemat dalam keseharian, kemungkinan besar kita juga akan mampu berhemat dalam menjalankan usaha. Lalu perhatikan juga bagaimana cara meminimalisir pengeluaran modal baik itu untuk bahan, proses dan keperluan lainnya pada usaha yang Anda jalankan.

2. Manajemen Pemasaran

Menajemen pemasaran dalam usaha adalah cara kita mengelola tindakan dan juga mempersiapkan strategi dalam melakukan pemasaran atau promosi dari usaha yang kita jalankan.

Manajemen kedua yang wajib dikuasai adalah manajemen pemasaran. Ini juga menjadi sebuah ujung tombak kesuksesan dari sebuah usaha. Terlebih lagi jika usaha tersebut baru dijalankan, maka Anda harus benar-benar mengerti bagaimana cara melakukan pemasaran yang efektif dan efisien.

Jika ingin merintis sebuah usaha, Anda bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara pemasaran terkait produk atau jasa yang ada dalam usaha yang Anda jalankan ini. Misalkan saja sebuah produk harus mengetahui target pemasaran yang tepat, cara memberikan informasi yang tepat, cara menawarkan yang tepat dan beberapa hal lainnya yang menjadikan promosi atau pemasaran cepat berhasil.

3. Manajemen Proses

Manajemen proses dalam usaha adalah bagaimana cara mengelola keseluruhan aktifitas yang ada pada sebuah usaha guna menciptakan sebuah efisiensi dan efektifitas jalannya sebuah usaha.

Dalam point ketiga ini akan ada lebih banyak hal yang perlu Anda pahami. Disini Anda harus benar-benar mengetahui dan bisa menangani seluruh proses di dalam usaha yang Anda jalankan.

Bisa dimulai dari proses pengadaan barang, proses produksi, proses pengiriman, proses return dan proses lainnya yang ada dalam sebuah usaha.

Jika Anda ingin hasil yang maksimal coba tuliskan semua proses yang ada dalam sebuah usaha, lalu dalami semua hal tersebut untuk menjadi maksimal. Bisa dikatakan memang Anda harus menguatkan seluruh aspek dalam usaha agar tidak menimbulkan sebuah celah yang bisa mengakibakan kerugian.

4. Management Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia dalam usaha adalah sebuah cara mengelola semua tenaga kerja dalam sebuah usaha agar bekerja secara maksimal, efektif dan efisien.

Jika Anda menjalankan sebuah usaha dengan memiliki karyawan tentu materi ke 4 ini perlu Anda perdalam. Namun jika Anda sendiri yang menjalankan sebuah usaha, maka yang harus Anda disiplinkan adalah diri Anda sendiri.

Pengelolaan sumber daya manusia atau SDM yang bagus akan membuat sebuah perusahaan cepat berkembang.

Langkah -langkah yang harus Anda lakukan disini adalah membuat karyawan merasa memiliki perusahaan, mempunyai loyalitas yang tinggi kepada perusahaan, dengan begitu sebuah perusahaan akan mempunyai tenaga yang sangat besar untuk berkembang.

5. Manajement Sarana Prasarana

Manajemen sarana prasana dalam usaha adalah pengelolaan sarana meliputi alat, tempat dan semua objek yang berhubungan usaha yang sedang dijalankan. 

Manajemen yang kelima ini juga sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha karena pemeliharaan alat yang bagus akan membuat kita mencegah pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Misalkan saja semua alat yang kita gunakan untuk bekerja tidak ada kendala maka akan menjalankan usaha dengan lancar.

Dengan menggunakan 5 manajeman usaha diatas sebagai dasar bagi Anda berproses maka semuanya akan lebih maksimal. Ini penting untuk dipelajari guna mengantisipasi kegagalan dalam sebuah usaha dan mempercepat perkembangan dan kemajuan yang Anda jalankan.

Demikian sobat mengenai dasar manajemen usaha yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku wirausaha. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "5 Dasar Menajemen Usaha Wajib Dimiliki Pelaku Wirausaha"