Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

11 Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil Kecilan Ini Wajib Kamu Ketahui

Tipsseo.net - Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan adalah sebuah cara yang bagus untuk sukses bisnis di bidang kuliner dengan modal yang relatif lebih kecil. Ini cocok buat kamu yang ingin menekuni bisnis makanan namun hanya memiliki modal yang sedikit. Sebenarnya soal modal itu urusan kedua, yang paling utama adalah niat dan ketekunan Anda dalam memulai usaha kuliner itu sendiri. Utamakan Anda memang benar-benar memiliki pashion/potensi atau hobi dalam bidang kuliner dan memasak. Dengan begitu saya yakin kamu akan lebih cepat untuk sukses.

Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan bisa kamu persiapkan dari sekarang juga. Terutama untuk pemilihan jenis kuliner. Karena bidang kuliner mempunyai cakupan yang sangat luas. Banyak belajar mengenai bidang kuliner sangat kamu perlukan sebelum memulai usaha. Kamu bisa belajar dari yang sudah berpengalaman atau bisa belajar mandiri melalui buku panduan atau artikel di internet.

Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan


cara-memulai-usaha-kuliner-kecil-kecilan


1. Menentukan jenis usaha kuliner

Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan bisa Anda awali dengan memilih jenis usaha kuliner terlebih dahulu. Dalam memilih jenis kuliner ini kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari keahlian kamu dalam memasak, tempat dan modal yang dimiliki dan juga melihat minat masyarakat atau pelanggan yang akan kamu targetkan.

Gak usaha buru-buru, kamu pikirkan dulu matang-matang mengenai jenis usaha kuliner yang hendak kamu pilih. Sampai pada akhirnya kamu mendapatkan jenis usaha kuliner yang benar-benar cocok. Tidak ada salahnya jika kamu meminta saran kepada orang-orang yang sudah sukses dalam usaha kuliner, biasanya masukan dari mereka akan menjadi sebuah wawasan yang berguna buat kamu.

Baca juga : Cara menentukan usaha yang tepat

2. Banyak belajar materi usaha kuliner

Setelah mendapatkan jenis usaha kuliner yang tepat, kamu perdalam lagi ilmu jenis kuliner yang kamu pilih tersebut. Misalkan kamu memutuskan untuk menjalankan "warung soto". Maka kamu perlu belajar mengenai usaha-usaha soto yang sudah berjalan.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba makan atau mendatangi usaha kuliner yang sama dengan yang kamu pilih. Misalkan kamu memilih menjalankan "warung soto". Coba saja makan di beberapa tempat warung soto di kotamu atau bahkan diluar kota. Hal ini akan memberikan banyak wawasan dan inspirasi mengenai "warung soto" yang hendak kamu jalankan.

Atau kamu memilih usaha kuliner yang lain ? Sesuaikan saja dengan usaha kuliner yang kamu pilih tersebut. 

3. Mempersiapkan modal untuk memulai usaha kuliner

Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan yang selanjutnya adalah mempersiapkan modal. Meskipun kecil-kecilan ya tetap harus memperhitungkan modal secara rinci. Perhitungkan baik-baik kebutuhan modal dan uang yang tersedia. Hitung mulai dari kebutuhan sewa tempat, kebutuhan belanja bahan makanan, sarana prasana memasak dan semua kebutuhan untuk kamu memulai usaha kuliner.

Dengan perhitungan yang matang akan mencegah kamu mengalami resiko usaha yang berupa kehabisan modal. Diluaran sana banyak kejadian kehabisan modal karena memang perhitungannya asal-asalan. Belum sampai menghasilkan keuntungan namun sudah terpaksa berhenti, hal seperti ini tentu harus Anda hindari.

4. Mengetahui cara mendapatkan bahan kuliner berkualitas

Selanjutnya adalah mengenai bahan makanan yang hendak kamu gunakan. Yang namanya bahan akan menentukan hasil. Jalinlah kerjasama dengan pihak yang menjual bahan-bahan makanan untuk usaha kuliner yang kamu jalankan.

Lebih bagus lagi jika kamu bisa bekerja sama dengan petani atau peternak langsung, guna mendapatkan bahan makanan yang yang masih fresh dan segar. 

Selain itu kamu juga perlu memikirkan bagaimana caranya mendapatkan bahan makanan dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Hal ini sangat penting guna memaksimalkan keuntungan yang kamu dapat.

5. Menciptakan resep kuliner andalan

Sebuah usaha kuliner harusnya memiliki ciri khas tersendiri. Yakni berupa resep spesial yang mereka miliki. Jika Anda mau sukses usaha di bidang kuliner harus mampu menciptakan hal yang satu ini. Cobalah untuk melakukan beberapa eksperimen untuk menciptakan menu atau resep andalan dari warung kamu sendiri. 

Dalam menciptakan resep makanan tersebut, kamu bisa meminta banyak orang untuk mencicipi dan memberikan penilaian sampai mendapatkan resep andalan yang disukai oleh mereka semua. Dengan begitu usaha kuliner Anda akan memiliki sebuah ciri khas tertentu dan mudah diingat oleh pelanggan di kemudian hari.

6. Melakukan riset pasar bidang kuliner

Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan yang selanjutnya adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar bidang kuliner sesuai dengan jangkauan Anda. Mulai dari tingkat persaingan dan juga mengetahui bisnis kuliner yang sedang trend atau banyak disukai oleh orang-orang.

Setelah melakukan riset pasar, menurut saya lebih baik kamu mendirikan sebuah usaha kuliner yang belum banyak pesaingnya di daerah kamu tersebut. Dengan begitu kamu akan lebih mudah merebut pasar pada jenis kuliner tersebut. Sebagai contoh, di tempat kamu akan membuka usaha, satu kecamatan ternyata belum ada warung sate, berarti ada peluang yang lebih besar dalam mendirikan warung sate. Dengan catatan kamu juga ahli dalam bidang sate, kalau tidak ya jangan dipaksakan.

Baca juga : Kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan pasar adalah

7. Mulai memilih tempat untuk menjalankan usaha kuliner

Selanjutnya adalah memikirkan soal tempat Anda menjalankan usaha kuliner. Perlu Anda ingat bahwa usaha kuliner di tempat strategis bisa memberikan peluang keberhasilan yang besar. Kalau kamu bisa mendapatkan tempat yang strategis berarti sebuah keuntungan buat kamu. Namun kalau tidak jangan kuatir, karena sekarang sudah umum order makanan via online. Jadi meskipun usaha kuliner kamu tidak strategis bisa di maksimalkan dengan order makanan via online.

8. Mulai menetapkan seluruh harga dan sistem pelayanan usaha kuliner

Selanjutnya adalah menetapkan harga dan sistem pelayanan pada usaha kuliner yang akan kamu jalankan. Perlu diketahui bahwa harga perlu kamu sesuaikan dengan masayarakat di sekitarmu. Kalau memasang harga tinggi di kalangan penduduk menengah kebawah yang susah laku pastinya. Jadi pastikan kamu menetapkan harga setiap menu makanan dengan baik.

Kemudian tetapkan juga sistem pelayanan usaha kuliner yang kamu jalankan. Apakah hanya melayani makan ditempat, dibungkus atau bisa sekaligus order online. Kalau saran saya sediakan fasilitas pelayanan usaha kuliner yang lengkap agar usaha kamu berjalan lebih maksimal.

9. Mulai mendirikan usaha kuliner kecil kecilan

Jika semua persiapan sudah kamu lakukan, maka kamu bisa memulai mendirikan usaha kuliner kecil kecilan milik kamu. Adakan peresmian meskipun hanya dengan sedikit karyawan atau dengan keluarga. Peresmian ini menjadi sangat penting meskipun usaha kecil kecilan. Dengan menandai moment peresmian pendirian usaha, kamu di tahun-tahun yang akan datang lebih mudah melakukan evaluasi. Siapa tahu di masa depan usaha kuliner kamu jadi besar dan sukses, tanggal peresmian tersebut bisa jadi catatan sejarah buat kamu pastinya.

10. Melakukan promosi usaha kuliner

Jika usaha kuliner kamu sudah berdiri, maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Jadi jangan cuma mengandalkan orang lewat atau menunggu saja. Istilahnya kamu juga harus bisa menjemput bola. Caranya kamu bisa membuat selebaran atau brosur menu makanan dan harga untuk dibagikan kepada masyarakat.

Salah satu trik biar usaha kuliner kamu mengundang perhatian adalah mengajak teman-teman kamu datang untuk makan atau keluarga dan saudara. Meskipun kamu harus berbagi di awal usaha. Ini merupakan sebuah trik yang jitu. Jika usaha kuliner kamu terlihat banyak yang datang, disitulah akan mampu menarik perhatian orang-orang untuk mencoba makan atau beli makanan di tempat kamu.

Baca juga : Macam-macam strategi promosi

11. Menekuni usaha kuliner yang anda dirikan

Langkah terakhir adalah terus menekuni usaha kuliner yang kamu dirikan tersebut. Bagaimanapun juga sebuah usaha membutuhkan waktu untuk bisa berkembang, jadi usahakan untuk terus konsiten melakukan sistem usaha kuliner yang sudah kamu buat. Tetap sabar dan tekun sampai usaha kuliner kamu terkenal di tengah masyakat.

Diatas adalah panduang lengkap dari saya mengenai cara memulai usaha kuliner kecil kecilan. Semoga saja apa yang saya tulis ini bisa membantu kamu untuk memulai sebuah usaha kuliner. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga sukses selalu dan terima kasih.

Post a Comment for "11 Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil Kecilan Ini Wajib Kamu Ketahui"