Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Daftar Usaha Sampingan Anak Kuliah Ini Wajib Kamu Coba

Tipsseo.net - Masuk pada materi usaha sampingan anak kuliah terbaik tahun 2021. Yakni sebuah peluang usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah. Seperti yang kita tahu bahwa masa kuliah harusnya menjadi sebuah masa emas untuk bisa berkembang. Baik itu untuk study kuliah itu sendiri dan juga untuk sebuah kesuksesan di masa depan. Tidak ada salahnya jika Anda mengisi waktu luang di masa kuliah untuk menjalankan sebuah usaha sampingan. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk keuangan Anda, bisa membantu membayar biaya kuliah, bisa membantu orang tua dan bahkan bisa memiliki penghasilan yang fanstatis ketika kamu masih muda. 

Usaha sampingan untuk anak kuliah pun banyak sekali jumlahnya. Apalagi dengan adanya teknologi online yang makin memudahkan untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Anda pun tidak perlu pusing soal modal, karena sekarang ini banyak sekali jenis-jenis usaha yang bisa dimulai bahkan dengan modal kecil sekalipun. Mulailah belajar juga tentang kewirausahaan, karena manfaat kewirausahaan untuk mahasiswa akan membantu kamu sukses dalam menjalankan sebuah usaha nantinya. Dan kali ini saya sudah rangkumkan beberapa usaha sampingan yang pastinya perlu untuk Anda coba sambil kuliah.

Usaha Sampingan Anak Kuliah


usaha-sampingan-anak-kuliah


1. Usaha sampingan menjual jasa penulisan artikel

Salah satu usaha sampingan yang cocok untuk anak kuliah adalah dengan menyediakan atau menjual jasa penulisan artikel. Apalagi buat kamu yang hobi dalam dunia pengetikan atau penulisan. Kamu bisa menjual artikel tersebut melalui online kepada para developer website yang membutuhkan.

Kamu bahkan bisa menulis seputar apa yang kamu pelajari semasa kuliah. Lalu tulisan tersebut kamu jual. Bukankah luar biasa, selain kamu bisa memperdalam materi kuliah, kamu juga bisa sambil terus menghasilkan uang.

Kamu juga bisa mencari job penulisan melalui beberapa website yang menjual artikel, biasanya mereka akan terus melakukan perekrutan penulis dari waktu ke waktu. Selama tulisan kamu berkualitas dan enak dibaca, pasti kamu bisa menghasilkan banyak uang dari usaha sampingan yang satu ini.

2. Usaha sampingan dengan menjadi blogger

Usaha sampingan yang cocok untuk anak kuliah selanjutnya adalah dengan menjadi seorang blogger. Mudah kok caranya, kamu cuma perlu membuat sebuah blog kemudian melakukan update artikel secara rutin. Selama kamu bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog milik kamu, peluang penghasilan pun akan datang dengan sendirinya. Mulai dari google adsense dan melayani pengiklan yang ingin pasang iklan di blog milik kamu.

Kamu bisa mengisi blog tersebut dengan hal-hal yang kamu kuasai. Bisa mengenai materi kuliah, hobi atau artikel bermanfaat yang lainnya. Sesuaikan saja niche blog yang kamu buat dengan hal-hal yang kamu kuasai agar lebih mudah dalam melakukan update artikel rutin.

Baca juga : sumber penghasilan blogger

3. Usaha sampingan membuka laundry kiloan

Kalau kamu memiliki modal, kamu juga bisa membuka usaha sampingan dengan membuka laundry kiloan. Ini bisa kamu jalankan diluar waktu kuliah.

Usaha laundry kiloan bisa kamu mulai dengan membeli berbagai macam peralatan laundry dengan mesin cucinya. 

Kalau kamu tinggal di dekat kampus, pasti akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak pelanggan. Kamu juga bisa mempromosikannya di kampus kamu kalau kamu menyediakan jasa laundry kiloan tersebut.

4. Usaha sampingan jualan pulsa dan paket data

Alih-alih mengisi waktu luang kamu selain melakukan aktifitas kuliah, kamu juga bisa sambil menjalankan usaha sampingan jualan pulsa dan paket data.

Tenang saja, jualan paket data dan pulsa ini merupakan jenis usaha yang laku setiap hari. Jadi jangan kuatir kalau tidak laku.

Kalau bisa memberi tahu seluruh teman-teman kampus kamu bahwa kamu berjualan pulsa dan paket data, dengan begitu mereka akan lebih mudah membeli kepada kamu ketika mereka sedang butuh.

5. Usaha sampingan menjadi youtuber

Profesi menjadi seorang youtuber pastinya sudah tidak asing lagi buat kamu. Dan ini juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan usaha sampingan sambil menyelesaikan masa kuliah.

Kamu bisa membuat sebuah video original dan menarik untuk di upload melalui chanel youtube. Selama vide kamu bisa mendatangkan banyak subscriber dan viewers pastinya peluang penghasilan akan bisa kamu dapatkan. Mulai dari pembayaran google adsense, mendapatkan endormen, mendapatkan iklan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : cara menghasilkan uang dari youtube

6. Usaha sampingan berjualan online shop

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan jualan online. Jualan online bisa kamu lakukan melalui berbagai macam cara, mulai dari media sosial, situs jual beli online dan beberapa ecommerce yang ada di Indonesia.

Jualan online bisa kamu jalankan sebagai usaha sampingan dan bisa tanpa modal. Yakni dengan cara menjadi dropshiper atau reseller online. 

Selama kamu memiliki motivasi yang kuat untuk berjualan online, pasti dikemudian hari kamu bisa menghasilkan uang dari usaha sampingan kamu tersebut. 

7. Usaha sampingan menjadi penerjemah online

Usaha sampingan yang selanjutnya Anda juga bisa menjadi seorang penerjemah online. Hal ini bisa kamu lakukan asal menguasai bahasa asing tertentu. 

Caranya kamu bisa menjual jasa penerjemah online kamu tersebut melalui online. Atau kamu bisa mengambil job freelancer dan juga bisa bergabung dengan situs penerjemah online.

Menjadi penerjemah online bisa kamu lakukan sambil kuliah. Daripada kamu banyak waktu kosong yang tidak terpakai, dengan menerjemahkan job tertentu kamu bisa menghasilkan banyak uang.

8. Usaha sampingan dengan memberikan les privat

Membuka atau menyediakan jasa les privat juga bagus buat kamu yang masih kuliah. Hal ini bisa kamu lakukan asalkan ahli dalam bidang pelajaran atau keahlian tertentu.

Lakukan saja buka iklan bahwa kamu melayani les privat. Lebih bagus lagi kalau menargetkan pelajar SD, SMP dan SMA. Kan pastinya anak kuliahan banyak paham materi sekolah dasar.

9. Usaha sampingan menjual foto online

Masih ada usaha sampingan yang lain yakni dengan menjual foto secara online. Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu hobi fotografi. Yakni dengan memotret objek-objek yang menarik, kemudian foto kamu tersebut bisa kamu jual secara online.

Banyak situs penjual foto terpercaya yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto kamu tersebut. Jangan salah, meskipun kelihatannya sepele, tapi usaha sampingan yang satu ini juga mampu mendatangkan banyak uang.

10. Usaha sampingan dengan menjadi freelancer online

Selanjutnya kamu juga bisa menjadi seorang freelancer secara online. Yakni dengan bergabung dengan situs-situs freelancer. Kemudian kamu bisa mendapatkan job dari sana lalu menyelesaikannya. Banyak sekali job yang tersedia di situs freelancer, mulai dari penulisan, penerjemah, desain grafis, job pembuatan aplikasi, dan banyak lagi yang lainnya. Pilih saja sesuai dengan keahlian kamu untuk menyelesaikan job dan menghasilkan uang.

Demikian penjelasan dari saya mengenai usaha sampingan anak kuliah yang bisa kamu coba. Selama kamu tekun dalam menjalankannya pasti akan mampu menghasilkan banyak uang. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "10 Daftar Usaha Sampingan Anak Kuliah Ini Wajib Kamu Coba"