Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Di Bukalapak Agar Lapakmu Tidak Sepi

Tipsseo.net - Artikel ini akan membahas tentang 10 cara meningkatkan omset penjualan di bukalapak, tentu biar lapak makin laris, banyak pembeli serta semakin besar omset. Seperti yang kita tahu bukapalapak masih menjadi salah satu perusahaan ecommerce besar di Indonesia. Masuk di 5 besar selain kawan-kawannya shopee, tokopedia dan juga lazada. Banyaknya pelapak yang bergabung di bukalapak menjadikan Anda harus terus berfikir bagaimana memenangkan persaingan tersebut. Karena hanya dengan memenangkan persaingan penjualan di bukalapak akan menjadi terus meningkat dan stabil.

Cara meningkatkan penjualan di bukalapak bisa ditempuh dengan berbagai macam cara. Namun saya sarankan Anda tetap memakai cara-cara yang bersih dan sportif. Memangnya ada penjual yang menggunakan cara kotor dalam persaingan di bukalapak? Mungkin ada. Karena trik-trik menjatuhkan penjual lain dalam sebuah market sudah lama ada. Seperti halnya membeli dari kompetitor kemudian sengaja memberikan rating dan ulasan yang jelek. Hindari semua cara kotor dalam berdagang agar rejeki Anda berkah dan mendapatkan kesuksesan yang sebenarnya.

10 Cara Meningkatkan Penjualan Di Bukalapak


cara-meningkatkan-penjualan-di-bukalapak


1. Memberikan harga promo penjualan di Bukalapak

Yang paling sering dicari orang-orang adalah promo dan potongan harga. Makanya Anda sebagai seorang penjual, juga harus bisa menyediakan promo dagangan Anda di Bukalapak. 

Ketika menjalankan penjualan di Bukalapak, cobalah untuk menjual salah satu barang Anda dengan harga yang cukup murah. Kalau perlu paling murah daripada penjual lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengundang banyak calon pembeli menuju lapak milik Anda. 

Sebagai contoh, jual lah salah satu produkmu dengan harga modal saja. Biarkan saja satu produk tersebut tidak mendapatkan untung. Tapi dengan produk tersebut bisa terjual, akan mendatangkan pembeli, komentar ulasan dan juga rating. Dan ini mampu meningkatkan kredibilitas toko Anda di bukalapak.

Mainkan harga tersebut terus menerus, agar lapak Anda tidak pernah sepi dari pembeli. Kalau Anda tidak menggunakan trik ini dan produk Anda tidak ada yang memberikan rating dan ulasan, maka akan sulit meningkatkan penjualan.

2. Menjaga kualitas produk yang dijual di Bukalapak

Kualitas menjadi penentu selanjutnya selain harga. Karena dengan kualitas produk sesuai dengan standartnya, maka pembeli Anda tidak akan kecewa.

Kemudian mereka juga akan memberikan rating dan ulasan yang baik selama Anda menjual produk yang berkualitas sesuai dengan standartnya.

Jangan coba-coba menipu pelanggan dengan deskripsi kualitas bagus original, namun Anda berikan yang KW. Meskipun bisa saja untung banyak, tapi itu hanya sesaat. Setelah ada pembeli yang paham dan melakukan ulasan jelek, saat itulah toko Anda justru akan makin sepi.

Jadi jelaskan kualitas produk sesuai dengan apa adanya.

3. Memberikan pelayanan terbaik kepada calon pembeli di Bukalapak

Selanjutnya pelayanan di Bukalapak yang Anda berikan juga sangat menentukan. Usahakan untuk terus online setiap saat. Atau usahakan ada notif ketika ada calon pembeli yang bertanya. Hal ini bertujuan agar Anda segera bisa membalas setiap pertanyaan yang Anda terima.

Anda perlu ingat bahwa ketika seorang calon pembeli bertanya dan tidak ada jawaban. Maka dia akan langsung mencari pelapak lain. Dan saat itulah peluang terjual Anda lewatkan sia-sia.

Kalau Anda sibuk Anda tentu bisa membayar karyawan secara sift untuk melayani chat di Bukalapak. Dengan chat Anda selalu online maka akan lebih banyak menangkap peluang.

Baca juga : cara menyisihkan uang hasil dagang

4. Memberikan deskripsi yang jelas dan jujur pada display produk di Bukalapak

Lakukan pemberian deskripsi produk secara lengkap dan jujur. Dengan begitu Anda tidak akan kesalahan ketika mendapatkan komplain kalau sudah menjelaskannya di deskripsi.

Kalau memang produk Anda terdapat minus, ya harus dijelaskan pula pada deskripsi produk penjualan.

Kemudian unggulkan juga beberapa kelebihan produk yang Anda jual di deskripsi tersebut untuk menarik minat calon pembeli. 

5. Memberikan pemilihan jasa pengiriman yang lengkap di Bukalapak

Selanjutnya sediakan pula jasa pengiriman yang lengkap pada lapak Anda. Misalkan saja Anda siap mengirim dengan beberapa jenis perusahaan ekspedisi, baik itu JNE, TIKI, Sicepat, Pos Indonesia, J&T, grab, gojek dan beberapa jasa kurir lainnya.

Hal ini penting Anda lakukan demi kenyamanan pelanggan Anda. Meskipun banyak pembeli yang akan memilih harga paket pengiriman yang murah, namun jika pilihannya lengkap pasti akan lebih menarik.

6. Bebaskan ongkos kirim

Lalu untuk beberapa produk bisa Anda jual dengan bebas ongkos kirim. Hal ini juga merupakan salah satu metode yang cukup ampuh agar calon pembeli memilih produk Anda.

Dalam filter bukalapak sendiri ada fitur "free ongkir", dan ketika pembeli yang mengaktifkan fitur tersebut, maka produk Andalah yang akan ikut muncul. Dengan begitu proses penjualan akan lebih maksimal.

Hitung barang-barang yang sekiranya memiliki keuntungan cukup besar sehingga Anda bisa menjualnya dengan gratis ongkir.

7. Sediakan fasilitas Cash On Dilivery untuk wilayah yang terjangkau

Sediakan pula untuk jenis Cash On Dilivery atau COD. Terutama untuk daerah yang masih terjangkau dengan lokasi Anda. 

Hal ini juga menjadikan daya tarik tersendiri bagi lapak Anda. Dan biasanya yang kebetulan masih dalam 1 kota akan lebih suka memilih pelapak yang bisa melakukan COD.

Tidak ada salahnya jika Anda bekerjas sama dengan ojek langganan atau bahkan membayar orang khusus di toko Anda untuk melakukan COD dengan begitu penjualan akan menjadi lebih maksimal.

8. Pemberian garansi produk penjualan di Bukalapak

Pemberian garansi juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli Anda. Baik itu produk baru maupun produk bekas.

Terutama jika Anda menjual barang bekas. Akan berpengaruh sekali jika Anda memberikan garansi pada produk tersebut.

Namun jika kamu melakukan pejualan barang bekas di Bukalapak, berilah garansi yang standart, misalkan 1 atau 2 minggu masa percobaan produk saja. Karena yang namanya barang bekas bisa rusak kapan saja tentunya.

9. Lakukan promosi diluar Bukalapak

Selanjutnya adalah masalah promosi, yakni memberi tahu orang-orang mengenai produk jualan Anda di Bukalapak.

Lakukan promosi dengan berbagai macam cara. Mulai dari media sosial, membuat blog dan juga iklankan dagangan Anda tersebut di situs-situs periklanan gratis dan cantumkan link Bukalapak Anda agar semakin banyak yang mengunjungi.

Jangan hanya mengandalkan pencarian calon pembeli dalam Bukalapak, apalagi jika kamu masih penjual baru, harus banyak menarik orang secara langsung dari manapun.

10. Konsisten dalam berjualan di Bukalapak

Yang terakhir adalah konsisten dalam melakukan penjualan di Bukalapak. Bagiamanapun juga semuanya membutuhkan waktu. Tidak bisa serta merta langsung laku setiap Anda melakukan display produk. Jadi lakukan terus menerus optimasi yang baik sampai lapak Anda mendapatkan banyak penjualan, banyak ulasan dan juga mendapatkan rating dan level yang terus naik.

Begitulah penjelasan dari saya mengenai cara meningkatkan penjualan di Bukalapak. Mudah-mudahan dengan beberapa tips dan trik diatas bisa menjadikan lapak Anda di Bukalapak menjadi laris manis ke depannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Post a Comment for "10 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Di Bukalapak Agar Lapakmu Tidak Sepi"