Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pahami Struktur Teks Artikel yang Tepat!

tipsseo - Apabila kamu memiliki hobi menulis nonfiksi tentu saja sudah tidak asing dengan tulisan artikel. Biasanya artikel ini dapat kamu temukan dengan mudah saat melakukan pencarian di google. Struktur teks artikel pun terbagi ke dalam beberapa bagian.

Bagi yang belum tahu, artikel adalah sebuah karangan yang berisi fakta atau opini yang terbitkan secara online maupun offline. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca yang dilengkapi dengan fakta, lalu disajikan dalam bentuk tulisan. Untuk struktur artikel ini ada beberapa bagian sebagai berikut!

Struktur Teks Artikel

Inilah Struktur Teks Artikel yang Harus Anda Ketahui

Sebelum Anda menulis sebuah artikel, harus perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini dulu. Adapun struktur artikel yang enak dipandang dan dibaca adalah:

Bagian Judul

Struktur teks artikel yang pertama adalah judul. Judul merupakan bagian utama yang dapat menggambarkan isi dari artikel yang kamu tulis. Jadi, dengan adanya judul pembaca dapat mengerti apa yang akan dibahas. Bagian utama yang akan membuat pembaca tertarik dengan sebuah artikel berasal dari judulnya. Dengan demikian, buatlah judul semenarik mungkin.

Bagian Pembuka

Baik struktur artikel pada umumnya atau struktur artikel ilmiah memiliki bagian pembuka. Bagian pembuka merupakan pengantar sebuah permasalahan yang diangkat sebuah artikel. Bagian ini biasanya berupa alasan atau fakta mengapa mengungkap masalah dalam artikel tersebut. Selain itu, dapat juga berupa gagasan pendukung atas pengangkatan masalah dalam artikel tersebut.

Bridge Atau Leher Artikel

struktur teks artikel yang ketiga yaitu leher artikel.  Yang dimaksud leher artikel adalah kalimat yang menghubungkan antara pembukaan dengan isi artikel. Bagian ini menyampaikan suatu uraian yang langsung berkaitan dengan isi. selain itu, kamu juga dapat menggunakan leher artikel untuk menghubungkan permasalah satu dengan lainya.

Body Atau Isi Artikel

dalam sebuah artikel isi merupakan bagian yang paling penting. nama lainnya adalah eksplanasi. tujuan bagian ini adalah memaparkan secara keseluruhan terhadap masalah yang diangkat. Namun, perlu diingat dalam memaparkan masalah pada bagian ini tidak boleh melebar ke topik yang tidak relevan dengan topik utama. Fokuskan saja untuk membahas apa yang menjadi isi dari artikel.

Bagian Penutup

Dalam struktur teks artikel opini maupun struktur teks artikel pada umumnya, bagian penutup merupakan hal yang harus ada. pasalnya, bagian ini merupakan penarikan kesimpulan dari tulisan yang sudah diangkat. Melalui penutup ini juga, pembaca dapat memberikan penilaian terhadap pandangan penulis.

Struktur Teks Artikel dan Jenis-jenisnya

beberapa jenis artikel pada umumnya banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. ada artikel biasa dan adapula artikel SEO. Namun, dalam penjelasan di bawah ini akan disebutkan jenis artikel secara umum.

Artikel Narasi

sebuah artikel yang menceritakan kejadian atau masalah yang disusun berdasarkan urutan waktu. dalam artikel ini juga dijumpai tokoh hingga puncak masalah.  setiap paragraf dari artikel narasi ditulis berdasarkan alur cerita. mulai dari awal, tengah hingga akhir. 

Artikel Argumentasi

opini atau tanggapan seseorang yang dituangkan ke dalam artikel disebut artikel argumentasi. Artikel ini bertujuan untuk memberikan fakta atau data yang valid sebagai sarana membuktikan kebenaran dari pendapat. Dalam artikel ini berisi tentang penyajian data dan fakta yang berfungsi untuk mendukung pendapat yang sudah dilontarkan.

Artikel Persuasi

struktur teks artikel persuasi tidak berbeda dengan jenis artikel lainnya. Hanya saja isinya yang sedikit berbeda. Dalam artikel ini mengandung kalimat persuasif yang akan mempengaruhi pembaca. Baik pengaruh untuk melakukan sesuatu atau meninggalkan sesuatu.

Belajar mengenai struktur artikel yang tepat adalah langkah tepat sebelum menulis sebuah artikel apapun. Struktur artikel harus runtut agar tidak membingungkan pembaca. Apalagi artikel untuk website, tentunya harus lebih menarik pengunjung. Dengan menggunakan kaidah struktur yang tepat, artikel Anda akan nampak bagus serta enak dibaca. 

Demikianlah struktur teks artikel dan jenis-jenisnya yang bisa kamu pelajari. Selain ketiga artikel di atas masih ada artikel eksposisi dan deskripsi. Namun, tiga artikel tersebut yang sering kita jumpai. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. 

Post a Comment for " Pahami Struktur Teks Artikel yang Tepat!"