Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengintip Keyword Competitor dengan Google Keyword Planner

tipsseo - Keyword memegang peranan yang cukup penting dalam SEO website. Penggunaan keyword yang tepat akan membuat website sering muncul di laman pencarian. Penting untuk mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pesaing, terutama jika posisi website mereka berada di atas milik Anda. Oleh karena itulah Anda sebaiknya mengerti cara mengintip keyword competitor.

Lakukan riset terhadap kompetitor dengan cara mencari tahu keyword yang dipakai pada website mereka. Bagaimana cara mencari tahu keyword yang mereka pakai? Silahkan simak cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah milik pesaing yang akan dijelaskan berikut ini!

Cara Mengintip Keyword Competitor


Cara Mengintip Keyword Competitor untuk Website Anda

Anda harus mengetahui keyword yang digunakan oleh kompetitor jika ingin bersaing dengan mereka. Bila sudah mendapatkannya, terapkanlah untuk website Anda agar dapat bersaing dengan kompetitor di halaman depan pencarian Google. Anda yang ingin tahu cara mengintip keyword competitor silahkan menyimak lanjutan artikel berikut ini.

Mengetahui Keyword Competitor Menggunakan Keyword Planner

Anda bisa menggunakan analisa keyword yang berbayar untuk cara melihat kompetitor dan menganalisa kata kunci yang mereka gunakan. Akan tetapi umumnya analisa berbayar ini hanya terbatas pada Google AdSense Campaign. Cara yang paling baik sejauh ini adalah menggunakan tool dari Google bernama Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner adalah tool gratis yang disediakan Google untuk melakukan analisa terhadap keyword. Cara mengintip keyword competitor dengan research tool ini adalah dengan cara melakukan ekstrak kata kunci dari halaman kompetitor, kemudian menyalin dan menempel di mesin pencarian Google untuk melihat di mana mereka akan muncul.

Menggunakan Google Keyword Planner akan memungkinkan Anda melakukan perencanaan keyword. Hal ini meliputi jenis kata kunci yang akan digunakan, kata kunci yang berdaya kompetisi rendah, juga mengetahui kata kunci apa saja yang memiliki daya kompetisi tinggi. Agar bisa menggunakannya Anda harus memiliki akun di Google Ads. Bagaimana caranya? Simak terus artikel berikut.

Cara Membuat Akun di Google Ads

Agar dapat menggunakan tool Google Keyword Planner secara gratis untuk cara mengintip keyword competitor, Anda harus memiliki akun di Google Ads. Kunjungi ads.google.com lalu ikuti langkah untuk membuat akun baru. Anda akan diminta mengisi tujuan, memasukkan informasi bisnis, menentukan jangkauan konsumen. Tentukan target pencarian, deskripsi iklan, budget, dan metode pembayaran.

Jika tidak ingin beriklan di Google Ads, pilihlah metode pembayaran Manual dan Transfer Bank. Google Ads akan mengirimkan rekening untuk transaksi. Anda tidak perlu melakukan pembayaran dan otomatis iklan yang dibuat tidak dapat dipakai. Walaupun begitu, Anda tetap bisa menggunakan Google Keyword Planner meski tidak beriklan di Google Ads.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah melakukan konfirmasi email, maka Anda akan diarahkan ke halaman depan Google Ads. Ketuk menu “Tools” yang terletak di pojok kanan atas lalu pilih “Keyword Planner”. Ada 2 fitur utama yang disediakan oleh Keyword Planner yaitu “Discover New Keywords” dan “Get Search Volume and Forecast”. Mari ikuti penjelasan cara mengintip keyword competitor menggunakan dua fitur tersebut.

Discover New Keywords

Terdapat dua cara agar mendapatkan saran keyword di Google Keyword Planner. Cara pertama dengan memasukkan keyword yang ingin Anda riset. Masukkan kata kunci yang berhubungan dengan topik yang sedang dibahas di website Anda. Google Keyword Planner membatasi maksimal 10 keyword dalam sekali riset.

Tool ini menyediakan detail informasi seperti rata-rata pencarian keyword per bulan dan tingkat kesulitan berkompetisi bila menggunakan keyword tersebut. Google Keyword Planner juga menginformasikan tentang harga terendah dan tertinggi yang diajukan pengiklan serta saran penggunaan kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang telah Anda masukkan sebelumnya. 

Anda bisa menggunakan cara kedua untuk menemukan kata kunci di Google Keyword Planner, yaitu dengan memasukkan alamat website. Google Keyword Planner akan menganalisa keyword yang berkaitan dengan website Anda. Tool ini akan menyediakan informasi yang sama dengan cara pertama dan dengan fitur ini Anda bisa mencuri ide keyword milik pesaing.

Get Search Volume and Forecast

Fitur ini memberikan informasi forecast dan historical metrics. Forecast akan menginformasikan tentang perkiraan jumlah klik dan impresi yang dihasilkan. Anda juga mendapatkan informasi biaya untuk beriklan di keyword tersebut. Forecast menyediakan perkiraan Click to Rate yang akan didapatkan dan rata-rata biaya per klik, serta posisi iklan di hasil pencarian.

Historical metrics menyediakan informasi yang sama dengan Discover New Keywords. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa Google Keyword Planner dapat diandalkan sebagai cara mengintip keyword competitor. 

Post a Comment for "Cara Mengintip Keyword Competitor dengan Google Keyword Planner"