Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Cara Membangun Blog Target Luar Negeri Untuk Blogger Pemula

tipsseo - Bagi seorang blogger pasti menginginkan sebuah peningkatan, baik dari segi kualitas blog maupun target pembaca. Sebab, visitors termasuk tolok ukur kesuksesan sebuah blog. Oleh karena itu, setelah berhasil menyasar pengunjung lokal (dalam negeri), kini saatnya mempelajari cara membangun blog target luar negeri. 

Konon, blog luar negeri dapat mendatangkan pundi-pundi yang lebih banyak, salah satunya mungkin karena menggunakan mata uang dolar. Hal inilah yang membuat para webmaster berlomba-lomba untuk menciptakan blog dalam ranah global. Bagaimanakah caranya?

cara membangun blog target luar negeri

Inilah Cara Membangun Blog Target Luar Negeri yang Ramai

Sebelum membahas lebih jauh, ada satu hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, bahwa blog internasional memiliki persaingan lebih ketat. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan mental terlebih dahulu. Setelah siap dan mantap, ikuti cara membangun blog dengan target luar negeri berikut ini: 

1. Gunakan Hosting Server dan Domain USA

Lokasi server sedikit banyak dapat memengaruhi kecepatan akses pada sebuah blog. Jika Anda ingin menerapkan cara membangun blog target luar negeri, maka pilihlah hosting server dari USA. Untuk dapat menerapkannya, pastikan Anda menggunakan platform WordPress dengan fitur self hosting. 

Jangan tanggung-tanggung, gunakan hosting USA yang berkualitas agar budget Anda tidak sia-sia. Selain itu, domain pada blog juga harus menunjukkan wilayah yang ingin dituju, begitu juga dengan akun Gmail. Hal ini bertujuan agar visitors tertarik untuk membaca blog Anda atau sekadar mampir.  

2. Pemilihan Niche

Seperti yang sudah disinggung di atas, persaingan blog di luar negeri sangatlah berat, sebanding dengan pendapatan yang dijanjikan. Oleh karena itu, pilih tema atau niche yang masih memiliki persaingan rendah. Memang, waktu untuk riset ini tidak sebentar, tetapi bersaing tanpa persiapan tentu bukan langkah yang cerdas, bukan? 

Jika riset tersebut dilakukan dengan cermat, maka cara membangun blog target luar negeri ini akan memberikan hasil yang nyata. Tipsnya, pilihlah tema yang dikuasai dengan baik, sehingga Anda dapat menghasilkan banyak tulisan. 

3. Gunakan Bahasa Internasional

Pemilihan bahasa merupakan salah satu syarat yang harus dipertimbangkan dengan baik, karena target yang ingin dicapai adalah orang luar negeri. Itu berarti, Anda harus menggunakan bahasa internasional agar dapat diterima oleh semua kalangan. Namun, jangan sembarang menulis, pastikan Anda mengetahui aturan dasar bahasa tersebut.

Meski Anda dapat memesan konten dari tempat lain, pengetahuan kaidah bahasa harus tetap dimiliki. Selain bahasa Inggris, Anda juga boleh menggunakan bahasa negara lain sesuai dengan target yang dituju. Misal, cara membangun blog target luar negeri ini ditujukan untuk Malaysia, maka penggunaan bahasa Melayu tentu lebih menarik. 

4. Gunakan Tools Bantuan

Menulis dalam bahasa asing memang butuh perjuangan, terutama dalam memahami kaidah bahasa. Jika Anda memiliki kemampuan yang biasa saja, maka jangan sungkan untuk menggunakan tools bantuan yang tersedia. Saat ini sudah banyak tools gratisan yang dapat Anda manfaatkan, seperti SmallSeotools, Bing.com, dan lain-lain.

Tak hanya menguji plagiarisme, tools ini juga dapat Anda gunakan untuk mengecek grammar alias tatanan bahasa. Dengan demikian, cara untuk membangun blog target luar negeri yang Anda terapkan akan lebih optimal. Jika ingin menggunakan tools berbayar, maka gingersoftware.com dapat menjadi pilihan. 

5. Manfaatkan Social Networking

Untuk mengenalkan blog di kancah internasional atau negara tertentu, Anda harus mulai aktif di berbagai social network negara tersebut. Semacam komunitas di Facebook, Twitter, atau Google Plus, tetapi promosikan secara cantik. Minimal, berikan mereka timbal balik dengan aktif membangun interaksi di komunitas tersebut.

Jangan datang-datang hanya numpang promosi saja, tanpa menjalin komunikasi dan basa-basi dengan anggota lain. Jika hal ini Anda lakukan, maka bukan tidak mungkin akan dianggap sebagai spam dan orang-orang menjadi illfeel. Kondisi tersebut justru akan mengancam cara membangun blog target luar negeri yang Anda upayakan.

Kelima langkah di atas hanya beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menarik visitors dari luar negeri. Masih ada banyak cara lain, tetapi Anda dapat melakukannya sembari jalan. Sebab, nanti pasti akan ada beberapa hal yang Anda pelajari, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Jangan terlalu kaku, “life is never flat”, bukan? Begitu juga dengan cara membangun blog target luar negeri yang dapat Anda tambahkan sewaktu-waktu. Teruslah belajar dan meng-upgrade ilmu, karena Anda sedang bersaing dengan orang di seluruh negara. Semoga bermanfaat dan tetap semangat. 

Post a Comment for " 5 Cara Membangun Blog Target Luar Negeri Untuk Blogger Pemula"