Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Cara Memasang Https SSL di Blogger (Custom Domain)

tipsseo - Terjun ke dunia blogger memang tak semudah yang dibayangkan. Ternyata, pundi-pundi yang mereka kumpulkan sebanding dengan perjuangan yang harus dilakukan. Tak hanya harus bekerja keras untuk memasukkan blognya ke dalam adsense atau pengoptimalan blog dengan cara lain. Namun, Anda juga harus mengetahui tentang cara memasang https ssl di blogger.

Ya, kabar gembira datang dari pihak Google yang mengumumkan tentang keberadaan https untuk blogger dengan custom domain atau TLD. TLD atau top level domain adalah elemen yang menempel pada ujung nama domain Anda, seperti .com, .net, .xyz, dan lain-lain. Hal ini tentu menjadi kabar baik, karena dulu https hanya dapat diterapkan pada subdomain blog saja. 


cara memasang https ssl di blogger

Inilah Cara Memasang Https SSL Di Blogger Terlengkap

Jika https dapat menjamin keamanan blog, maka ssl atau Secure Sockets Layer meningkatkan penjaminan tersebut. Oleh karena itu, keduanya wajib untuk dipasang dan diaktifkan, terutama bagi Anda yang melakukan transaksi bisnis melalui online. Nah, berikut adalah cara memasang https ssl di blogger yang dapat diikuti dengan mudah:

1. Akses Draft Blogger

Perlu Anda ketahui, cara memasang https ssl di blogger ini belum dapat diakses secara langsung melalui akun blogspot. Oleh karena itu, Anda perlu mengaksesnya melalui draft.blogger.com. Secara tampilan, dashboard pada Draft ini sama persis dengan blog, sehingga Anda tidak perlu risau akan mengalami kesulitan.

2. Alihkan URL

Setelah masuk ke dalam Draft, buka Setelan/Setting lalu pilih Dasar. Klik “Yes” untuk mengaktifkan “HTTPS Availability”. Tunggu sampai dashboard me-refresh secara otomatis, mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Proses tersebut dinamakan pengalihan URL atau propagasi, yaitu dari http menjadi https. 

Jangan bingung, saat proses propagasi berlangsung blog Anda tidak akan dapat diakses. Sementara pada “https redirect” juga belum dapat diaktifkan, sehingga tulisannya masih NO. Namun, hal ini bukan berarti cara memasang https ssl di blogger custom domain yang Anda lakukan gagal.

3. Refresh Dashboard

Saat proses pengalihan URL selesai, refresh dashboard blog Anda. Setelah itu, lanjutkan cara memasang https ssl di blogger dengan mengaktifkan “https redirect”. Caranya yaitu dengan menggeser pilihan “No” ke “Yes”, agar pengaksesan blog hanya menggunakan URL itu saja. Hal ini akan memberikan dampak yang cukup bagus bagi konten Anda yang sudah masuk ke SEO on page.

4. Atur Template

Tujuan pengaturan template, yaitu untuk membuat blog Anda teridentifikasi sebagai blog yang aman (terdapat pada bagian kiri halaman browser). Saat Anda membuka sebuah situs, coba perhatikan ada gambar gembok di bagian kiri atas. Jika ada gemboknya, berarti blog tersebut aman. Nah, untuk memunculkan gembok itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

a. Buka menu Theme/Template, pilih “Edit HTML”. Tunggu beberapa saat sampai halaman script template terbuka.  

b. Klik kanan pada bagian tersebut, lalu pilih Cut untuk seluruh script. Pindahkan atau paste pada catatan (Notepad). 

c. Tekan CTRL+H. Pada kolom Find what isi dengan http, dan pada kolom Replace with isi dengan https. Klik Replace All.

d. Setelah semua tergantikan, pilih copy dan pindahkan ke tempat semula (template). Pilih Simpan.

Jika merasa kerepotan atau takut salah, Anda dapat mengubah tulisan http menjadi https secara manual alias satu per satu. Caranya, tekan CTRL+F lalu masukkan http pada kolom pencarian. Ubah semua yang ditemukan dengan https, beres. Meski cara untuk memasang https ssl di blogger yang satu ini agak sedikit ribet, tetapi Anda tidak boleh melewatkannya. 

5. Edit Robot.txt

Langkah selanjutnya, yaitu mengedit robot.txt dengan cara klik bagian setelan/pengaturan, pilih Preferensi Penelusuran. Ubah setelannya menjadi Ya, lalu isi kolom script yang diminta.

6. Atur Pada Webmaster

Untuk menyempurnakan cara memasang https ssl di blogger, aturlah pada bagian Webmaster. Buka tools, pilih “Add Property” untuk https://namadomain.com. Lakukan langkah yang sama untuk https://www.namadomain.com. Langkah ini bertujuan untuk memantau kinerja blog yang sudah menerapkan https.

Jika langkah di atas sudah diterapkan semua, maka cara memasang https ssl di blogger sudah selesai. Untuk memasang ssl di wordpress, bisa simak disini! Anda tinggal melakukan submit sitemap pada masing-masing properti, lalu lakukan pengecekan dengan cara memasukkan namadomain.com saja. Jika alamat blog ke-redirect ke https, maka usaha Anda dinyatakan berhasil. 

Post a Comment for " 6 Cara Memasang Https SSL di Blogger (Custom Domain)"