Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Apa Itu Google Search Console, Fungsi dan Cara Instalasinya

tipsseo - Apa itu google search console? Tool webmaster ini adalah sebuah layanan gratis dari Google yang membantu pemilik website untuk mengetahui performa dan melakukan optimasi website secara organik. Google Search Console dapat membantu merekam performa sekaligus memperbaiki skor SEO website Anda.

Selain mengetahui performa website, tool Google webmaster ini juga dapat mengetahui keyword populer, trafik website, kinerja website di perangkat seluler, dan masih banyak lagi. Silahkan simak lebih lanjut ulasan berikut ini mengenai manfaat dari Google Search Console.

Apa Itu Google Search Console

Apa Itu Google Search Console? Kenali Fungsinya untuk Website

Fungsi Google Search Console sangat beragam. Setelah melihat analisa yang dihadirkan oleh tool ini, Anda bisa melakukan perbaikan di website agar memiliki performa yang lebih baik. Berikut fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Google Search Console: 

Mampu Menemukan Keyword Populer

Apa itu Google Search Console? Google Search Console dapat membantu memberi informasi tentang keyword yang banyak digunakan pengunjung saat menemukan website Anda. Tool ini menginformasikan tentang berapa kali website Anda muncul di hasil pencarian saat pengunjung mengetikkan keyword tertentu.

Google Search Console juga dapat menyajikan data mengenai berapa kali pengunjung “mengklik” website dari hasil pencarian tersebut. Data ini akan memudahkan untuk mengetahui keyword mana yang efektif maupun kurang efektif untuk SEO website Anda.

Mengidentifikasi Halaman Populer

Google Search Console membantu mengidentifikasi halaman website milik Anda yang paling populer dan banyak mendatangkan trafik dibanding halaman yang lain. Informasi ini membuat Anda dengan mudah bisa mengurutkan halaman website terpopuler berdasar kata kunci tertentu. Anda juga bisa mengurutkan berdasar berapa kali pengunjung “mengklik” halaman website.

Mengetahui Lokasi Pengunjung dan Perangkat yang Digunakan

Apa itu Google Search Console? Adanya tool ini memungkinkan Anda untuk mengetahui lokasi pengunjung website. Data lokasi ini sangat bermanfaat untuk mengetahui sebaran demografi prospek sehingga dapat menjangkau target pengunjung dengan tepat.

Selain mengetahui lokasi, Anda juga dapat mengetahui perangkat yang digunakan oleh pengunjung saat menjangkau website. Google Search Console akan menginformasikan apakah mayoritas pengunjung menggunakan perangkat seluler atau desktop.

Mengetahui Kinerja Website di Perangkat Seluler

Terdapat fitur “Mobile Usability” pada Google Search Console yang dapat membantu Anda mengecek kinerja website di perangkat mobile seluler. Tool ini juga akan memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja website di perangkat seluler.

Mengetahui Backlink

Fitur “Link to Your Site” pada Google Search Console membantu mengenali website yang menyumbang backlink ke website Anda. Google Search Console juga menyediakan data dan informasi tentang halaman di website mana yang paling banyak mendapatkan backlink. Tool ini juga memberitahu anchor text apa yang paling sering digunakan.

Mengetahui Broken Link

Apa itu google search console? Melalui Google Search Console, Anda dapat mengetahui link yang rusak (broken link). Fungsinya agar Anda bisa memperbaiki tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada. 

Deteksi Masalah Keamanan

Google Search Console dapat mendeteksi masalah keamanan dan memberikan peringatan pada website Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperbaiki masalah keamanan dengan segera sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan website. 

Fitur Sitemap

Tambahkan fitur sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berguna untuk membantu Google melakukan crawl di website. Hal ini memungkinkan Google untuk melakukan identifikasi website anda dengan lebih cepat.

Setelah mengetahui manfaat apa itu google search console maka tentu Anda tidak akan ragu untuk menambahkan website ke tool ini, bukan? Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara menambahkannya.

Cara Menambahkan Website ke Google Search Console

Cara menambahkan website ke Google Search Console sangatlah mudah. Mula-mula lakukan login akun Google lalu buka “Webmaster Property”. Klik “Add Property” lalu pilih menu “Website” dari menu “Drop down” dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menulis URL yang sama dengan URL yang muncul di browser. 

Selanjutnya Anda bisa memilih tombol “Continue” lalu pilih cara”Verifikasi”. Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website yang bisa dipilih. Mulai dari unggah file HTML, HTML tag, penyedia nama domain, hingga kode penelusuran Google Analytics. Jika website sudah mendukung versi http:// dan https:// maka tambahkan keduanya secara terpisah.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu google search console termasuk manfaat dan cara menambahkan website ke dalamnya. Melihat banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh tool ini, pastikan bahwa website Anda sudah terdaftar di dalamnya. 

Post a Comment for " Mengenal Apa Itu Google Search Console, Fungsi dan Cara Instalasinya "