Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

9 Alternatif Tools SEO free untuk Mencari Kata Kunci

tipsseo - Perkembangan dunia digital semakin melaju pesat dari hari ke hari. Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa website baik secara kualitas maupun kuantitas. SEO ini penting untuk membuat website bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari Google. Ada banyak alternatif tools SEO free yang dapat digunakan sehubungan dengan SEO ini. 

SEO tidak semudah memasukkan kata kunci di dalam artikel dan menunggu hingga Google mampu untuk mengindeksnya. Banyak riset dan analisa yang perlu dilakukan agar artikel atau website bisa menepati urutan teratas di Google. Saat ini dapat dengan mudah ditemukan free SEO tools website yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kinerja website. 

Alternatif Tools SEO free untuk Mencari Kata Kunci

Inilah Alternatif Tools SEO free Untuk Mencari Kata Kunci

Kata kunci memiliki peran yang sangat penting dalam Search Engine Optimization (SEO) sebuah website. Ibarat sebuah bangunan, kata kunci merupakan pondasi dari bangunan tersebut. Apa jadinya jika pondasinya sudah salah dan tidak tepat dalam pemilihan. Ada banyak tools yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan riset dan analisis kata kunci. Inilah 9 alternatif tools SEO free yang dapat dimanfaatkan untuk mencari kata kunci. 

Google Trends

Free SEO keywords tools yang pertama adalah Google Trends. Google Trends dapat memunculkan kata kunci baru dengan cara memasukkan beberapa kata kunci. Kata kunci tersebut dapat dilihat berdasarkan kategori, lokasi dan juga riwayat pencarian. Google Trends akan menyajikan data dalam bentuk grafik yang berwarna sehingga akan lebih mudah untuk melakukan analisa. 

Google Keywords Planner

Alternatif tools SEO free dari Google ini mampu untuk melakukan riset kata kunci. Selain digunakan untuk mencari kata kunci atau keyword utama, Google Keywords Planner juga dapat digunakan untuk menemukan long tail keywords. Google Keywords Planner akan memberikan beberapa kata kunci yang relevan ketika dimasukkan satu atau beberapa kata kunci dalam kolom pencarian. 

Google Analytics

Google Analytics merupakan salah satu alternatif tools SEO free terbaik yang bisa digunakan. Tools ini dapat dimanfaatkan pemilik website untuk menganalisa cara pengunjung berinteraksi dengan website yang dimiliki. Data SEO akan diberikan secara lengkap oleh Google Analytics yang sangat bagus dimanfaatkan untuk melakukan analisa kata kunci. 

Google Search Console

Google SEO tools free selanjutnya yang bisa digunakan adalah Google Search Console. Tools ini dulunya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Data untuk mesin pencari atau search engine Google mampu disajikan oleh Google Search Console. Tools ini dapat dengan mudah dipasang pada website terutama yang menggunakan WordPress. 

Keywordtool.io

Keywordtool.io merupakan salah satu alternatif tools SEO free yang bisa digunakan untuk menemukan kata kunci atau keywords utama dan juga long tail keywords. Tools ini akan memberikan beberapa saran kata kunci yang dapat disesuaikan dengan keperluan. 

Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools cocok digunakan untuk mengetahui performa web dalam mesin pencari Bing. Bing Webmaster Tools juga mampu untuk menunjukkan jumlah klik yang terjadi dalam website. 

Ubersuggest

SEO research tools free selanjutnya adalah Ubersuggest. Ubersuggest mampu memberikan banyak saran kata kunci yang dapat digunakan berdasar kata kunci yang telah dimasukkan. Banyak ide kata kunci yang dapat ditemukan dengan memanfaatkan Ubersuggest ini. 

Keywords Everywhere

Tools ini sangat bagus untuk melakukan pencarian kata kunci karena tidak hanya memunculkan kata kunci di Google. Selain kata kunci yang banyak dimunculkan di Google, Keywords Everywhere juga mampu memunculkan kata kunci yang banyak digunakan pada YouTube dan juga Amazon. Keywords Everywhere menampilkan data yang lebih lengkap dibandingkan dengan Google Keywords Tools. 

Wordtracker

Salah satu situs yang dapat digunakan untuk melihat tingkat popularitas sebuah kata kunci adalah situs Wordtracker. Versi gratis dari Wordtracker ini mampu untuk melakukan pencarian sebanyak 11 kali setiap hari dengan data yang cukup terbatas. Untuk memiliki akses lengkap dan tidak terbatas, maka perlu untuk berlangganan versi lengkap. 

Alternatif tools SEO free yang dibahas di atas dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat sehingga dapat meningkatkan performa website. Riset dan analisa kata kunci sangatlah penting untuk dilakukan sehingga tidak asal meletakkan kata kunci di dalam website agar tidak sia-sia. Demikianlah tools SEO untuk menemukan kata kunci yang bisa digunakan secara gratis. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for " 9 Alternatif Tools SEO free untuk Mencari Kata Kunci"