Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Memilih Domain Yang Tepat untuk Website Tampak Profesional

tipsseo - Nama domain adalah identitas sebuah website. Untuk itu sangat penting memahami tips memilih domain yang tepat bagi para blogger atau web developer. Nama domain sangat menentukan kesuksesan sebuah website atau blog di masa depan.

Domain yang mudah diingat, membuat pengunjung merasa kenal dan dekat. Jika konten yang disajikan menarik dan bermanfaat, akan mudah bagi mereka kembali berkunjung di waktu berikutnya. Namun meskipun konten yang disajikan menarik, bisa jadi pengunjung malas kembali jika domainnya sulit diingat.

Tips Memilih Domain Yang Tepat Agar Website Tampak Profesional

Perbedaan Domain Dan Ekstensi

Sebelum membahas tips memilih domain yang tepat, para blogger dan web developer perlu mengetahui perbedaan domain dan ekstensi. Domain adalah nama yang tertulis pada alamat website, tepatnya ditulis setelah www. Biasanya, nama domain ini merupakan gambaran dari konten yang disajikan dalam website.

Misalnya www.langsungenak merupakan website yang membahas tentang kuliner. www.dpr berarti website tersebut milik DPR, begitu juga berbagai kementerian yang menggunakan singkatan dari nama panjang mereka. Begitu juga dengan website yang berisi tentang film, bisa memakai domain reviewfilm, atau menggunakan brand penyedia film seperti netflix dan sebagainya.

Sedangkan ekstensi adalah beberapa huruf yang tertera setelah nama domain. Biasanya diawali dengan tanda titik. Ekstensi pada website atau blog menandakan fungsi blog itu sendiri. Misalnya ekstensi .ac.id atau .edu merupakan ekstensi untuk lembaga pendidikan. Sedangkan .go.id adalah ekstensi pemerintah Indonesia. Untuk pemerintah negara lain bisa menggunakan ekstensi .gov atau lainnya yang senada.

Ekstensi merupakan lambang eksistensi sebuah website atau blog. Tidak ada website atau domain tanpa disertai ekstensi. Pada beberapa penyedia layanan domain dan hosting, ekstensi juga menjadi pembeda harga domain.

Untuk beberapa ekstensi yang terkenal biasanya berharga cukup mahal. Seperti .com, .ac.id, atau .go.id. Ada juga ekstensi yang membuat domain dapat dibeli dengan murah. Setidaknya pada tahun pertama pemakaian. Misalnya .online, .site, .xyz dan sebagainya. Selektiflah memilih ekstensi sebelum mengetahui panduan memilih domain yang tepat melalui cek website di penyedia hosting dan domain.

Inilah Tips Memilih Domain Yang Tepat

Lalu bagaimana cara memilih domain yang tepat? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih domain paling sesuai dengan blog atau website. Teliti beberapa hal berikut agar domain pilihan sesuai dengan rencana masa depan blog/website:

Cek Domain

Cek domain adalah memastikan domain yang kita inginkan tersedia. Cek ini bisa melalui situs penyedia domain dan hosting. Jika kata pilihan kita sudah terpakai untuk blog atau website lain, kita bisa mengganti ekstensi pilihan dengan nama yang sama. Atau dengan menambah atau menyelipkan huruf yang berbeda namun tetap mirip saat dibaca.

Sesuaikan Niche dan Keyword

Niche dan keyword atau kata kunci blog adalah tema dan kata penting yang ingin dibidik agar sebuah artikel atau halaman memiliki traffic yang baik. Dari niche atau keyword tersebut bisa dijadikan sebagai nama domain. Misalnya untuk website atau blog khusus jualan rumah. Baik perumahan atau rumah second. Maka domain yang bisa digunakan: jualrumah, rumahsiaphuni, dan sebagainya.

Pilih Kata Yang Mudah Diingat

Mengingat sangat jarang manusia memiliki daya ingat cukup panjang dan mencakup semuanya, maka sebaiknya pilih domain yang mudah diingat. Tips memilih domain yang tepat ini cukup efektif. Semakin mudah diingat nama domain, semakin kecil kemungkinan untuk melupakan.

Proyeksikan Untuk Jangka Panjang

Jangan hanya berpikir bahwa domain pilihan saat ini hanya untuk sementara. Sekadar tempat bermain, perkenalan atau branding, tetap harus dipegang serius. Lagi pula jika tidak serius, akan sayang dengan harga beli domain yang cukup mahal.

Beli di Agen Terpercaya

Tips memilih domain yang tepat tentu mempertimbangkan banyak hal. Namun jika tahu bahwa domain yang kita pilih bisa terlambat untuk diambil orang lain, maka segerakan untuk membeli ketika domain pilihan tersedia. Untuk bisnis dengan rating yang baik juga membutuhkan website demi mendapat omset sesuai target.

Jangan percaya pada domain murah yang ditawarkan oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena domain yang terlalu murah bisa jadi ilegal. Bukan berasal dari agen resmi domain. Sebaiknya pilih domain yang memang sedang promo atau tunggu domain pilihan tersedia di agen yang terpercaya.

Demikian ulasan singkat mengenai tips memilih domain yang tepat, maka website atau blog personal akan lebih tampak profesional. Dengan domain yang baik, kemungkinan mendapat tawaran penempatan konten dan sebagainya semakin terbuka luas.

Post a Comment for "5 Tips Memilih Domain Yang Tepat untuk Website Tampak Profesional"