Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Format Gambar yang Bisa Mempercepat Load Website, Wajib Dicoba!

tipsseo.net - Format gambar yang bisa mempercepat load website biasanya harus berukuran kecil. Semakin besar ukuran gambar, maka loading website akan semakin lama. Gambar dalam sebuah website ternyata tidak hanya berpengaruh pada tampilan website semata. Gambar pun dapat meningkatkan kecepatan website. Ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. 

Biasanya format gambar yang dipakai adalah PNG dan JPEG. Namun, keduanya belum bisa mempercepat load website. Akhirnya muncul format gambar yang lebih ringan dibandingkan kedua format tersebut, yaitu WebP File. Format ini memiliki size yang lebih kecil, tapi kualitas gambar tetap bagus.

Format Gambar yang Bisa Mempercepat Load Website

Mengenal WebP File Format Gambar yang Bisa Mempercepat Load Website

Format gambar yang bisa mempercepat load website lebih maksimal saat ini mulai beralih menggunakan format gambar webP file. Tujuannya sudah jelas yaitu agar performa website menjadi lebih gesit. Seperti apa gambaran format tersebut, simak pembahasannya secara tuntas di sini;

1. Apa Itu WebP File?

Salah satu format gambar yang bisa mempercepat load website adalah WebP file. Format ini dikembangkan oleh Google pada tahun 2010. WebP memiliki size file yang lebih kecil dibandingkan format gambar yang muncul sebelumnya dan bisa jadi alternative.

Apalagi jika website harus menampilkan banyak gambar. Sehingga dengan memakai ukuran size gambar yang kecil, maka performa website akan semakin cepat. Disamping memiliki kecepatan lebih website pun akan menampilkan kualitas gambar yang jernih dan bagus.

2. Cara Kerja WebP File

Pasti banyak diantara pengguna website yang bertanya, bagaimana mungkin sebuah format gambar yang bisa mempercepat load website lebih bagus memiliki  kualitas yang jernih, tapi berukuran kecil?. Jadi, pada dasarnya WebP file ini menggunakan metode yang disebut lossless dan lossy.  Kedua metode ini sebelumnya juga pernah dipakai oleh format PNG dan JPEG.

Lossless sendiri adalah metode pengompresan gambar yang kerjanya dapat mempertahankan setiap bit data asli yang terdapat pada gambar. Lossless WebP bahkan mampu mengompres gambar lebih baik daripada PNG.

Sedangkan lossy adalah sebuah metode yang dapat menurunkan size gambar dengan mengurangi sejumlah data yang asli.  Selain metode tersebut, untuk menghasilkan kompresi gambar berkualitas tinggi digunakan metode predictive coding yaitu proses mengodekan gambar untuk mengompres keyframe.

3. Kekurangan WebP Format

Format gambar yang bisa mempercepat load website berupa WebP tetap saja memiliki kekurangan yang tidak bisa dihindari. Format ini juga tidak sepopuler format yang lain padahal telah ada sejak lama. Salah satu kekurangannya adalah WebP format membutuhkan dukungan dari browser yang dipakai pengunjung. Sayangnya, format ini belum kompatibel untuk segala browser.

Adapun browser yang saat ini mendukung format gambar yang bisa mempercepat load website menjadi lebih baik adalah Chrome, Firefox, Opera mini dan Opera. Untuk browser yang lain semacam Internet Explorer dan Safari belum mendukung kekuatan dari WebP file. Jadi, hanya pengguna browser tertentu saja yang dapat melihat tampilan gambar dari format ini.

Walau demikian, format gambar yang bisa mempercepat load website berupa WebP file ini tidak ada salahnya untuk digunakan. Karena hingga saat ini Chrome masih menduduki browser paling banyak di Indonesia. Jadi peluang terlihatnya tampilan gambar akan semakin tinggi dan akan banyak orang yang dapat menikmatinya.

Pengaruh gambar terhadap kualitas web Anda sangatlah besar selain untuk load website, juga berpengaruh dalam kualitas konten Anda. Gambar bisa juga bisa menambah view dari web. Jadi, jangan abaikan soal gambar. Anda harus memilih format dan ukuran yang tepat untuk web Anda. Selain itu, jika konten Anda memiliki banyak gambar, maka harus pilih yang benar-benar ringan seperti format WebP ini. 

Demikianlah ulasan sederhana tentang format gambar yang bisa mempercepat load website. Apabila ingin website berjalan lebih cepat, tapi tetap dengan kualitas gambar yang jernih WebP File bisa jadi pilihan yang tepat. Sudah siap untuk beralih ke format ini? Simak terus TipsSeo untuk mendapatkan informasi berkualitas mengenai website, cara ngeblog dan lain sebagainya. 

Post a Comment for "Ini Format Gambar yang Bisa Mempercepat Load Website, Wajib Dicoba!"

Berlangganan via Email