Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Simak 6 Cara Setting Plugin Rank Math Lengkap!

tipsseo - Setiap blogger atau web developer tentu lebih senang jika ada plugin yang menyediakan fitur lengkap sekaligus SEO friendly. Maka dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang cara setting plugin rank math lengkap. Salah satu plugin yang tersedia gratis dan menyediakan fitur lengkap. 

Meskipun belum lama tersedia di menu plugin, Rank Math berhasil menyita perhatian banyak pengguna yang ingin mencobanya. Hal ini karena fungsi Plugin Rank Math yang lengkap, layaknya plugin premium. Meskipun pengaturannya sedikit rumit, plugin ini dapat dipasang gratis. Sehingga tidak heran jika banyak peminatnya.

Cara Setting Plugin Rank Math

Inilah Cara Setting Plugin Rank Math

Berikut cara mudah setting plugin rank math lengkap. Anda hanya perlu memperhatikan langkah demi langkah sehingga berhasil. Atau seandainya setelah membaca ulasan ini memutuskan untuk tidak memasangnya, pilihan kembali ke masing-masing pengguna.

Login 

Langkah pertama cara setting plugin rank math lengkap adalah masuk ke dashboard blog Wordpress Anda. Segala pengaturan plugin, baik pemasangan atau pelepasan dapat dilakukan di sini. Maka jangan pernah melupakan ID pengguna dan password. Karena tanpa kedua kunci penting tersebut, blog Anda tidak bisa diakses lagi.

Temukan Rank Math

Caranya adalah dengan masuk ke menu plugin dan klik Add New. Untuk mencari plugin Rank Math Anda bisa melakukan pencarian di kolom sebelah kanan atas. Temukan plugin yang dimaksud dan kemudian pilih. Pastikan bahwa plugin yang dipilih adalah plugin yang dimaksud.

Pasang dan Aktifkan

Setelah plugin ditemukan, pilih install atau pasang. Tunggu proses download hingga selesai dan terpasang. Kemudian aktifkan dengan meng-klik icon activate. Layar akan membawa Anda menuju halaman registrasi. Anda bisa memilih untuk menghubungkan dengan akun atau mengabaikannya. Jika diabaikan pun tidak masalah.

Registrasi

Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom yang diminta. Jika Anda memilih untuk menghubungkan dengan akun, pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan selesaikan pendaftaran.

Pengaturan Wizard

Praktik cara praktis setting plugin rank math ini dapat dilakukan oleh pemula maupun ahlinya. Pilih menu Easy pada pilihan yang muncul di layar start wizard untuk pemula. Pengaturan ini juga bisa diubah nanti setelah selesai.

Menu yang selanjutnya muncul adalah pilihan jenis blog. Sesuaikan dengan blog Anda, apakah blog personal atau perusahaan dan bisnis. Gambar logo yang bisa dibagi di medsos juga dipasang di menu ini. Pastikan ukurannya sesuai dengan permintaan jika Anda ingin memasang. Klik Save and Continue jika semua pilihan sudah terisi lengkap.

Cara setting plugin rank math lengkap selanjutnya adalah mengisi menu pilihan untuk menyambungkan dengan Google Search Console. Jika Anda ingin menyambungkan, dapat mengikuti langkah selanjutnya kemudian simpan dan teruskan.

Secara singkat, setelah menu ini selesai diatur berarti pemasangan plugin telah selesai. Plugin siap digunakan, namun perlu beberapa pengaturan dashboard agar fungsinya dapat bekerja sempurna. Memahami cara setting plugin rank math lengkap tidak sesulit yang dibayangkan, bukan?

Meskipun terkesan rumit, pemasangan plugin tentu jauh lebih mudah dibanding mengatur kode html. Inilah mengapa pengguna Wordpress merasa sangat terbantu dengan banyaknya plugin yang tersedia. Apalagi banyak plugin gratis yang dapat digunakan bebas.

Menu Dashboard Rank Math

Cara setting plugin rank math lengkap tidak berhenti pada pemasangan. Selanjutnya penggunaan plugin Rank Math diatur melalui dashboard menu. Anda bisa membuka semua menu yang tersedia melalui icon Advance yang tersedia di sebelah kanan atas menu.

Pada menu ini akan muncul banyak sekali pilihan fitur yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai keinginan. Beberapa fitur yang direkomendasikan oleh para blogger untuk diaktifkan dirangkum dalam beberapa poin berikut:

Error 404

Fitur ini berfungsi mendeteksi jika ada postingan yang halamannya tidak dapat ditemukan atau broken link. Kerusakan link dapat terjadi akibat salah penulisan url, perubahan permalink, dan sebagainya. Sebaiknya aktifkan fitur ini untuk mendeteksi dengan cepat jika terjadi kesalahan.

Image SEO

Fitur ini berfungsi untuk menambah Alt Tag dan Title Tag secara otomatis. Karena Alt Tag cukup penting dalam optimasi SEO, maka sebaiknya fitur ini diaktifkan. Sehingga ketika posting lebih mudah untuk memberi nama pada gambar.

Search Console dan SEO Analysis

Aktifkan kedua fitur ini jika dirasa perlu untuk melakukan optimasi konten sesuai SEO. Meskipun akibatnya dapat menjadi tekanan tersendiri kepada pemilik blog karena permintaan hasil analisis yang menuntut perbaikan. Namun selama itu bermanfaat, kenapa tidak?

Demikian pembahasan mengenai cara setting plugin rank math lengkap. Masih banyak fitur lain yang belum tercatat di sini. Namun dapat dipelajari langsung jika Anda memilih untuk menggunakannya.

Post a Comment for " Simak 6 Cara Setting Plugin Rank Math Lengkap!"