Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Cara Setting Plugin Lain Sesuai Kebutuhan Website

tipsseo - Memiliki sebuah website sendiri dengan Content Management System dari WordPress saat ini banyak menarik minat para pengguna baru. Plugin merupakan program tambahan yang dipasang pada website untuk memaksimalkan kinerja web. Cara setting plugin lain sesuai kebutuhan website cukup mudah dilakukan. Tidak harus menjadi pengembang web profesional untuk bisa memasang plugin WordPress. 

Cara mengatur plugin di WordPress bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Plugin hanya bisa dipasang pada website yang menggunakan WordPress.org. Pada website yang masih menggunakan WordPress.com, maka tidak terdapat menu untuk menambahkan ataupun mengubah plugin. Plugin memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk menambahkan fitur-fitur baru sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Setting Plugin Lain Sesuai Kebutuhan Website

Inilah Cara Setting Plugin Lain Sesuai Kebutuhan Website

Terdapat beberapa metode atau cara setting plugin lain sesuai kebutuhan website yang dapat dilakukan dengan mudah. Pada kesempatan ini akan dibahas tiga cara untuk setting plugin lain pada website berbasis CMS WordPress. Inilah tiga cara yang dapat dipilih untuk bisa mengatur plugin lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website.

Memasang Plugin WordPress Dengan Cara Upload

Plugin berbayar pada WordPress tidak terdapat dalam direktori plugin WordPress. Oleh karena itu diperlukan cara khusus untuk bisa memasang plugin tersebut. Khusus untuk plugin berbayar, maka perlu mengunggahnya agar bisa terpasang pada website WordPress. Cara memasang plugin WordPress berbayar adalah sebagai berikut :

  • Unduh plugin dari sumber terpercaya. Plugin akan berupa file.zip
  • Masuk ke area admin WordPress
  • Buka menu plugin dan pilih tambah plugin baru (add new plugin)
  • Klik tombol add plugin yang ada pada bagian atas halaman. 
  • Klik tombol pilih file pada halaman pengunggahan file
  • Pilih file yang telah diunduh sebelumnya
  • Klik install now

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dengan sempurna. Apabila proses pemasangan plugin telah selesai maka akan muncul pemberitahuan atau pesan sukses. Klik pada tautan Aktifkan Plugin agar dapat mulai menggunakan plugin tersebut. 

Memasang Plugin Dengan Menggunakan Pencarian Pada WordPress

Cara setting plugin lain sesuai kebutuhan website paling mudah dilakukan dengan menggunakan pencarian pada WordPress. Plugin yang akan dipasang sudah tersedia pada direktori WordPress dan berlaku hanya untuk plugin gratis atau tidak berbayar. Cara setting plugin WordPress dengan menggunakan pencarian pada direktori adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke area admin WordPress
  • Klik Plugin dan Add plugin
  • Ketikan nama plugin pada kolom pencarian
  • Pilih plugin yang diinginkan dari daftar plugin yang tersedia
  • Klik tombol Install Now. WordPress secara otomatis akan mengunduh dan menginstall plugin.
  • Klik Aktifkan Plugin untuk bisa menggunakan plugin yang telah terinstall

Tunggu hingga proses instalasi selesai sebelum menggunakannya. Cara memasang plugin bisa saja berbeda untuk beberapa plugin. Sebagai contoh, cara install Yoast SEO di WordPress bisa saja berbeda dengan cara setting All in One SEO Pack. 

Memasang Plugin WordPress Dengan FTP

Cara setting plugin lain sesuai kebutuhan website yang paling tidak ramah dengan pemula adalah dengan menggunakan FTP. Untuk bisa mengunggah plugin ke website melalui FTP, maka perlu untuk mengakses host melalui pengelola FTP. Jika belum memiliki akses host pengelola FTP, tanyakan pada penyedia jasa hosting untuk username dan password untuk login.  

Langkah-langkah untuk memasang plugin WordPress dengan menggunakan FTP adalah sebagai berikut :

  • Buka klien FTP dan hubungkan dengan situs website yang dimiliki
  • Akses jalur/wp-content/plugins
  • Unggah file yang telah diekstrak dari file zip ke folder/wp-content/plugins yang ada pada server website
  • Masuk ke area admin WordPress setelah file selesai diunggah
  • Klik plugin pada menu admin untuk melihat bahwa plugin sudah terpasang. 
  • Klik Activate yang ada di bawah plugin untuk bisa menggunakannya.

Pengaturan setiap plugin bisa berbeda-beda sehingga perlu disesuaikan untuk setiap plugin. Cara setting Yoast SEO tidak perlu menggunakan cara FTP karena bisa dengan mudah dipasang dengan metode pencarian plugin pada direktori WordPress. 

Bagi para pemula, sebaiknya pilih cara setting plugin lain sesuai kebutuhan website yang paling mudah dilakukan. Sesuaikan pula plugin yang akan dipasang dengan kebutuhan dari website. Terlalu banyak memasang plugin namun tidak sesuai dengan kebutuhan website justru dapat menghambat kinerja dari website. 

Demikianlah tiga cara setting plugin lain sesuai kebutuhan website yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tambahkan aneka plugin yang akan semakin memaksimalkan kinerja dan estetika website yang dimiliki. Kustomisasi website WordPress dengan aneka plugin yang tersedia baik gratis ataupun berbayar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Post a Comment for " 3 Cara Setting Plugin Lain Sesuai Kebutuhan Website"