Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan XAMPP untuk Menyiapkan Situs WordPress Lokal

Cara Menggunakan XAMPP untuk Menyiapkan Situs WordPress Lokal. Pada langkah-langkah berikut, kami akan memandu Anda tentang cara menggunakan XAMPP dan menginstal WordPress di dalamnya. Untuk tutorial ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk perangkat lunak versi Mac. Namun, XAMPP juga dapat diatur dan dijalankan dengan relatif mudah pada perangkat Windows dan Linux, menggunakan proses yang serupa.

XAMPP

Langkah 1: Instal XAMPP

Anda harus pergi ke situs web Apache Friends, dan memilih tautan unduhan yang relevan di beranda: Selanjutnya, seret XAMPP ke folder Aplikasi Anda: Setelah urutan pemuatan awal selesai, XAMPP akan diinstal di sistem Anda. Bagian dari proses penyiapan ini tidak membutuhkan banyak tenaga di pihak Anda. Perlu disebutkan bahwa jika Anda menjalankan XAMPP di Windows, dan program lain di komputer Anda menggunakan port 80 atau 443, Anda mungkin mengalami kesalahan port. Misalnya, program Layanan Penerbitan World Wide Web biasanya menggunakan port 80 dan dapat menyebabkan konflik dengan XAMPP.

Untuk mengatasinya, Anda harus menghentikan layanan tersebut agar tidak berjalan dengan melakukan hal-hal berikut: Arahkan ke menu Start Windows, dan ketik services.msc. Di jendela Layanan, temukan Layanan Penerbitan World Wide Web. Klik kanan padanya, dan pilih tombol Stop. Mulai ulang XAMPP. Kesalahan port akan diatasi jika World Wide Web Publishing Service adalah pelakunya. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, mungkin ini disebabkan oleh firewall Windows Anda. Untuk membuka kunci port secara paksa, Anda perlu menyiapkan aturan firewall baru: Buka Windows Firewall dan arahkan ke Pengaturan Lanjutan.

Pergi ke Masuk> Aturan Baru. Buka Port> TCP. Lalu mengetik 80.443 di bidang berlabel Port Khusus, lalu klik Berikutnya. Pilih Izinkan Koneksi, lalu klik Berikutnya lagi. Pastikan semua opsi yang terdaftar dicentang dan lanjutkan ke halaman berikutnya. Di kolom Name, ketik nama yang mudah diingat (seperti host1) dan pilih Selesai. Anda sekarang harus mengulangi langkah 1 sampai 6, mengubah nama lagi (yaitu ke host2) untuk menghapus port. Nyalakan atau Hidupkan Kembali perangkat komputer pc milik Anda. Port 80 dan 443 sekarang harus dibuka blokirnya dan dibuka secara lokal. Setelah XAMPP diinstal, Anda siap untuk menjalankan XAMPP.

Langkah 2: Jalankan XAMPP dan Konfigurasikan Lingkungan Anda

Sekarang, buka aplikasi XAMPP dan tekan tombol Start. Anda akan melihat lampu hijau di pojok kanan atas layar: Selanjutnya, navigasikan ke tab Layanan. Anda harus memastikan bahwa status layanan stack Apache dan MySQL sedang berjalan (yaitu lampu hijau menyala). Ini akan memastikan bahwa manajemen basis data dan elemen perangkat lunak server tersedia untuk lingkungan lokal Anda. Untuk saat ini, Anda dapat mengabaikan ProFTPD (yang merupakan server File Transfer Protocol yang dapat dikonfigurasi).

Jika MySQL atau Apache tidak berjalan, cukup pilih dan tekan Mulai: Kemudian, alihkan ke tab Jaringan. Di sini, Anda dapat menentukan aturan penerusan port antara mesin host dan stack Anda. Pilih opsi localhost yang ingin Anda kerjakan, lalu tekan tombol Enable. Dalam contoh ini, kami akan menggunakan localhost: 8080: Sekarang Anda dapat mengakses localhost Anda, dan mulai menggunakan XAMPP sebagai lingkungan server. Untuk melakukan ini, buka browser web pilihan Anda, dan ketik nama localhost Anda. Ini akan memunculkan dasbor XAMPP. Sesampai di sana, pilih tombol phpMyAdmin di sudut kanan atas halaman:

Anda kemudian perlu membuat database untuk instalasi WordPress Anda. Untuk melakukan ini, pilih tab Database, ketik nama untuk database Anda (dalam kasus kami, kami hanya akan menggunakan WordPress), pastikan menu drop-down berikutnya disetel ke Collation, lalu tekan Create:

Langkah 3: Unduh dan Jalankan WordPress

Anda harus membuka WordPress.org dan mengunduh versi terbaru WordPress: Buka folder WordPress di komputer Anda, dan cari file wp-sample-config.php: Buka file ini di editor teks pilihan Anda. Ganti database_name_here dengan apa pun yang Anda beri nama database Anda pada langkah terakhir. Anda perlu mengganti namapengguna_di sini dengan root, dan menghapus sandi_di sini seluruhnya. Setelah Anda selesai melakukannya, simpan file sebagai wp-config.php. Anda harus memastikan bahwa ini ditempatkan di subfolder htdocs dalam folder XAMPP. Anda juga perlu menempelkan folder pemasangan WordPress ke dalam htdocs juga.

Cara cara diatas adalah bagaimana kita membuat situs halaman website yang mudah untuk dilakukan. Terakhir, navigasikan di browser Anda. Sesampai di sana, ikuti prosedur instalasi WordPress standar. Setelah semuanya selesai, Anda akan memiliki situs WordPress yang dihosting secara lokal yang siap digunakan! Website atau situs ini akan menjadi salah satu karya yang sudah kalian buat dengan cara yang terstruktur. Gunakan situs website ini sebaik baiknya dengan memberikan banyak sentuhan sesuai kebutuhan yang kalian mau.

Post a Comment for "Cara Menggunakan XAMPP untuk Menyiapkan Situs WordPress Lokal"

Berlangganan via Email