Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Situs XAMPP untuk Membuat Halaman Website

Cara Menggunakan Situs XAMPP untuk Membuat Halaman Website. XAMPP Bitnami adalah "distribusi Apache yang berisi PHP dan Perl." Untuk tujuan kami, kami hanya perlu memahami bahwa XAMPP adalah program gratis dan sederhana yang memungkinkan pengguna untuk menghosting situs web di PC mereka. Meskipun menyiapkan server lokal menggunakan XAMPP agak teknis, prosesnya juga cukup mudah dan langsung. Setelah semuanya diatur, Anda akan mengetahui bahwa mengelola dan mengedit situs web sangatlah mudah.

Lalu ada masalah kontrol cepat dan lengkap. Menggunakan XAMPP untuk membuat dan mengedit situs web, Anda akan dapat mengubah situs web sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan. Konon, dengan kekuatan besar datanglah tanggung jawab yang besar. Anda juga lebih rentan kehilangan situs, terutama jika Anda tidak membuat cadangan. Jika Anda menginginkan proyek kursus pemula asli di web dev, XAMPP cocok untuk Anda. Itu termasuk proyek apa pun yang berkaitan dengan HTML, CSS, Javascript, dan seterusnya!

situs XAMPP

Menginstal XAMPP

Buka situs XAMPP dan unduh paketnya. Ikuti proses penyiapan default. Setelah Anda mengunduh XAMPP, panel kontrol XAMPP Anda akan terbuka secara otomatis. Jika tidak, Anda dapat menemukan program XAMPP seperti yang Anda lakukan pada program lain (melalui pencarian Start Menu). Di jendela panel kontrol XAMPP, Anda akan melihat tata letak sederhana yang menjalankan proses XAMPP. Untuk tujuan kami, kami akan fokus pada dua opsi pertama: Apache dan MySQL.

Apache - Inti utama XAMPP, opsi Apache membuat server Apache di PC Anda. Inilah yang memungkinkan Anda menjalankan dan mengedit situs web di PC melalui browser web, seperti halnya situs web. Kecuali, tentu saja, situs web ini berjalan di PC Anda, bukan di server yang terhubung ke internet.

MySQL - SQL memungkinkan komunikasi antara database dan situs web, memungkinkan pengguna untuk menguji dan menyimpan email, kata sandi, dan input data lainnya. Kami akan menggunakan ini untuk akun WordPress lokal Anda. Tekan tombol Start di panel kontrol XAMPP Anda di bawah Actions untuk Apache dan MySQL. Tunggu hingga Apache dan MySQL disorot hijau di bawah bagian modul Anda. Setelah diaktifkan, Anda bebas menggunakan situs XAMPP.

Localhost Dan PhpMyAdmin

Untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik, buka browser web, masukkan http: // localhost / ke bilah alamat Anda dan tekan Enter. Anda akan diarahkan ke http: // localhost / dashboard /, yang merupakan halaman XAMPP default. Selanjutnya, klik tombol phpMyAdmin di menu navigasi atas. Anda akan diarahkan ke halaman phpMyAdmin default Anda. Biarkan ini sendiri untuk saat ini, tetapi jika keduanya berfungsi, Anda siap untuk mulai membuat situs web!

Membuat Situs Web Menggunakan XAMPP

Sekarang tiba bagian menyenangkan. Buka folder XAMPP yang terletak di direktori drive root Anda (C: \ xampp secara default). Lalu, buka htdocs. Ini akan menjadi tempat penyimpanan situs web utama yang akan Anda gunakan untuk melihat situs web. Sebelum kami membuat dan mengedit situs web, Anda memerlukan editor teks. Meskipun Anda dapat menggunakan editor teks default seperti Notepad, biasanya yang terbaik adalah mengunduh editor pihak ketiga yang dibuat khusus untuk kode dan markup. Sublime Text adalah salah satu yang terbaik, jadi kunjungi situs web mereka dan unduh perangkat lunak untuk memulai.

Sekarang Anda dapat mulai mengunduh dan menginstal situs web ke XAMPP. Saya akan menggunakan template Roadtrip, tetapi Anda dapat menggunakan template mana pun yang Anda inginkan. Unduh file zip situs web, dan simpan di lokasi yang mudah diingat. Selanjutnya, buat folder di dalam folder htdocs XAMPP untuk situs web Anda. Saya telah menamai roadtrip saya - usahakan agar nama Anda tetap sederhana. Kemudian, unzip dan ekstrak konten file zip Anda ke folder htdocs ini.

Setelah Anda mengekstrak file, buka repositori situs web Anda di dalam htdocs untuk memastikan mereka telah diekstrak dengan benar. Terakhir, buka halaman web Anda di browser web Anda. Situs web Anda, bisa dikatakan, akan dapat dijangkau menggunakan localhost yang disebutkan sebelumnya bersama dengan nama folder yang menyimpan file halaman Anda. Ini karena situs web pada dasarnya adalah file yang terdapat dalam folder, semuanya di bawah satu domain - atau nama root. Anda sudah belajar! Folder yang kita buat sebelumnya bernama roadtrip, jadi alamat lengkap situsnya adalah http: // localhost / roadtrip.

Penjelasan diatas tentang Cara Menggunakan Situs XAMPP untuk Membuat Halaman Website merupakan hal yang bisa dibuat bersama. Kita tidak perlu merasa bingung karena setiap cara akan dijelaskan secara rinci untuk kita pemula. Dengan cara diatas website yang kita miliki akan terlihat berbeda dari website yang lain. Tentu website lebih terorganisir dan memiliki lalu lintas yang lancer untuk digunakan dan dikunjungi.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Situs XAMPP untuk Membuat Halaman Website"

Berlangganan via Email