Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Cara Mengganti Domain Blogger Menjadi Custom Domain, Mudah

tipsseo - Nama domain yang terlanjur dipilih oleh para pemilik blog dari blogger ternyata bisa diubah. Kali ini kita akan ulas cara mengganti domain blogger menjadi custom domain. Karena yang pertama dibuat itu tidak selalu memuaskan, maka semoga dengan mengubahnya bisa membuat semakin semangat berkarya lewat tulisan.

Ya, seringkali semangat menulis itu padam ketika di tengah perjalanan melihat nama domain yang “nggak banget”. Mungkin karena ketika awal membuatnya hanya asal-asalan. Sehingga dengan menggantinya, bisa menjadi semangat baru untuk tetap berkarya. Atau karena nama baru akan menunjukkan blog tampak lebih profesional, maka penggantian domain perlu dilakukan. 

Cara Mengganti Domain Blogger Menjadi Custom Domain

Keistimewaan Domain Custom

Beberapa keistimewaan dengan menggunakan domain custom domain adalah blog menjadi lebih ekspresif dan profesional. Cara mengganti domain blogger gratis dengan mudah akan dibahas dalam ini. Dengan domain custom, blog Anda juga bisa mendapat lebih banyak tawaran review produk atau content placement.

Selain itu, nama domain custom merupakan gerbang identitas sebuah blog. Ketika nama yang dipilih mudah diingat, akan mudah bagi mereka untuk kembali mengunjungi blog tersebut. Semakin banyak kunjungan orang ke blog, maka semakin banyak pula manfaat yang dihasilkan dari keberadaan blog tersebut. Untuk itu, mari bahas lebih lanjut tentang cara mengganti domain blogger menjadi custom domain.

Saat ini banyak tersedia domain custom dengan ekstensi .xyz, .online, .site atau lainnya hanya seharga semangkuk mie ayam. Anda dapat menemukan banyak diskon harga domain murah di berbagai layanan. Dengan menggantinya ke custom domain, blog akan lebih tampak profesional dan mudah mendapat backlink.

Cara Mengganti Domain Blogger Menjadi Custom Domain

Sebelum mengikuti cara mengganti domain blogger menjadi custom domain, Anda perlu siapkan beberapa hal. Pertama adalah nama domain custom yang bisa dibeli di beberapa penyedia layanan domain. Kedua, pastikan Anda bisa login ke akun yang didaftarkan dan siap mengubah DNS Management yang ada di akun penyedia domain. 

  • Langkah pertama adalah membeli domain di penyedia domain. Pilih nama domain yang Jika sudah siap dengan nama domain custom yang sudah dibeli, maka login ke akun DNS Management dan akun blogger.com. Pengaturan perubahan nama domain akan membutuhkan akses pengaturan kedua akun tersebut. Kemudian, ikuti cara mengganti domain blogger menjadi custom domain berikut:
  • Buka akun custom domain anda dan klik di bagian member area. Setelah itu temukan nama domain yang akan anda ganti dan pilih icon kelola domain. Dari sini akan muncul tab pengaturan domain. 
  • Dari tab kelola domain, pilih DNS Management kemudian pilih icon tambahkan record (add record). Nah, dari sini akan ada tabel CName yang harus di isi. Bagian record type pilih CName, bagian sub domain pilih www, bagian hostname pilih ghs.google.com, dan di bagian TTL isi dengan angka 14400. Atau ikuti petunjuk dari penyedia domain Anda.
  • Pastikan kolom CName dan A Record dengan IP Address sudah diubah sesuai petunjuk penyedia layanan domain, Anda bisa beralih ke akun blogger. Kemudian masuk ke bagian pengaturan (setting). setelah itu pilih bagian publishing (publikasi), dan masukkan custom domain yang telah didaftarkan kemudian simpan.
  • Biasanya akan muncul keterangan bahwa domain belum tersambung. Namun ada kode name dan destination yang muncul. Tandai kedua kode tersebut lalu kembali pada halaman DNS Management. Buat record baru dengan memasukkan kode nama di subdomain dan destination di kolom hostname. TTL biarkan seperti adanya, lalu simpan. 

Kembali ke halaman blogger lalu kembali klik simpan. Seharusnya, pengaturan sudah selesai dan berhasil. Jika tidak, Anda bisa mengulang proses dari awal kembali atau mengomunikasikan degan CS penyedia domain. 

Demikian cara mengganti domain blogger menjadi custom domain. Mudah, bukan? Selamat mencoba dan meningkatkan level pemahaman di dunia blog. Dengan domain custom, berarti Anda siap untuk merentangkan sayap lebih lebar dan jaringan yang lebih luas.

Segera coba langkah-langkah ini dan dapatkan keunggulan dari domain untuk blog Anda. Memiliki blog di blogger cukup hemat bagi Anda karena tidak perlu membeli hosting.

Post a Comment for "5 Cara Mengganti Domain Blogger Menjadi Custom Domain, Mudah"