Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Cara Memilih Domain yang Tepat Agar Ramai Pengunjung

tipsseo - Memiliki website tentu memiliki tujuan agar banyak pengunjung. Penting dalam membuat website harus disesuaikan dengan nama domain yang nantinya akan menjadi identitas dan sesuai dengan tujuan pembuatan. Untuk itu cara memilih domain yang tepat harus menjadi perhitungan yang jitu. Sebelum terjun lebih dalam, penting bagi seorang pemula untuk memilih dan melakukan survei dalam pemberian nama domain.

Domain bagi sebuah website ibaratnya sebuah shortcut. Nama pendek yang bisa dibuat dengan nama perusahaan atau nama-nama lainnya yang mudah diingat. Domain tidak harus satu kata, bisa juga beberapa huruf atau yang menunjukkan identitas perusahaan, bisnis ataupun personal Anda. 

cara memilih domain yang tepat

Tips Cara Memilih Domain yang Tepat

Pemilihan nama domain yang tepat tentu akan memudahkan pengunjung website untuk mengingat dan mencari di halaman pencarian Google. Nah penting sebelum memberikan nama domain, harus memperhatikan hal-hal berikut agar nantinya website Anda ramai pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang masuk, maka tujuan pembuatan website semakin besar peluangnya.

1. Nama Domain Mudah Diketik

Penting dalam memikirkan ide nama domain  harus mudah diketik oleh semua orang. Pemberian nama yang sulit dalam ejaan menjadikan orang bingung dan tidak sedikit yang justru berakibat salah alamat. Contoh, penggunaan huruf berulang pada huruf "l" atau perbedaan penggunaan huruf antara "i" dengan huruf "y". 

2. Nama Domain Harus Kreatif

Nama domain secara tidak langsung akan menjadi identitas dari website tersebut. Untuk itu pemberian nama harus sekreatif mungkin. Nama domain yang kreatif secara tidak langsung akan membranding website tersebut di mata para pengunjung. Cara memilih domain yang tepat dengan mengembangkan ide kreatif seperti membuat kata baru, namun dengan catatan mudah diingat. 

Menggunakan kata yang sudah ada, namun dengan cara diplesetkan atau dibelokkan bentuk penulisannya juga salah satu bentuk ide kreatif. Contohnya kata "gula", kemudian dibelokkan menjadi "goola". Segala kata yang biasa didengar dapat dijadikan domain, namun dengan terlebih dahulu diberi sentuhan ide sekreatif mungkin. 

3. Menggunakan Keyword

Cara memilih domain yang tepat diantaranya menyisipkan keyword pada domain yang masih berhubungan dengan tujuan atau isi website tersebut. Pemberian keyword secara tidak langsung akan memudahkan pengunjung untuk mencari website pada saat mengetik di halaman pencarian Google. Pengunjung website akan dengan mudah menebak isi bahasan website tersebut hanya dengan membaca nama domainnya. 

4. Singkat Dan Mudah Diingat

Memiliki domain yang harus diperhatikan yakni, singkat dan mudah diingat. Banyak manfaat yang akan didapatkan jika domain tidak bertele-tele. Tidak menutup kemungkinan pengunjung yang puas dengan isi website, akan memberi rekomendasi nama domain Anda pada orang lain. Untuk itu wajib memiliki nama yang tidak singkat dan mudah diingat. Panjang karakter idealnya tidak lebih dari 17 karakter. 

5. Jangka Panjang

Domain harus bersifat jangka panjang. Hal tersebut bagian dari cara memilih domain yang tepat. Penting dalam pemberian nama tidak menggunakan bahasa yang sifatnya hanya musiman seperti bahasa alay. Memperhitungkan efek jangka panjang sangatlah penting agar domain akan tetap bertahan hingga kapanpun. Penggunaan bahasa yang umum, akan mudah untuk dipahami semua kalangan. 

6. Nama Belum Digunakan Pihak Lain

Memastikan domain belum pernah digunakan pihak lain adalah hal penting yang harus dilakukan. Jangan sampai domain Anda dituding sebagai plagiat nama, tentu terlebih dahulu akan merusak citra di mata pengunjung. Cara memastikannya dapat dengan mudah dicek di internet. Sekarang ini banyak yang jeli dalam menilai, penting untuk memberikan nama yang baru dan sesuai dengan kaidah di atas sebelumnya.

Biasanya, saat Anda membeli domain di website penyedia domain, nama bisa langsung dicek. Jika sudah ada yang menggunakannya, maka, Anda tidak bisa membeli domain tersebut. Cukup mudah membeli domain dan yang paling populer digunakan adalah ekstensi .com. Tapi, Anda bisa memilih ekstensi lain yang sesuai organisasi, perusahaan atau lainnya. 

Demikian cara memilih domain yang tepat agar diharapkan dapat menarik minat para pengunjung untuk berdatangan. Semakin banyak pengunjung, maka peluang keberhasilan tujuan pembuatan website tersebut akan besar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk semua. 

Post a Comment for "6 Cara Memilih Domain yang Tepat Agar Ramai Pengunjung"