Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Website Pribadi Untuk Pemula

Cara Membuat Website Pribadi Untuk Pemula - Sebenarnya sangat mudah. Anda dapat membuat sebuah situs website dengan Wordpress, Blogspot sampai Android. Meskipun Anda tidak memahami bahasa-bahasa pemrograman sekalipun, Anda tetap bisa membuat website dengan software-software yang saya sebutkan di atas.

Saat ini Anda hanya perlu tahu jenis seperti apa website impian Anda, kemudian bangun website impian dengan memakai software-software Instant Deploy berbasis CMS. Dengan memanfaatkan software berupa CMS Anda dapat membuat website sendiri, mengganti tampilan hingga melakukan optimasi dengan sangat mudah.

Cara Membuat Website Pribadi

Membuat Website Dengan Wordpress

Salah satu Cara Membuat Website Pribadi adalah dengan wordpress, sebagai salah satu platform penyedia CMS terbesar, wordpress hampir dipakai lebih dari 30 persen dari total website yang ada di dunia internet, mulai dari pribadi sampai website-website perusahaan besar. Dalam situs pembuatan website, Wordpress dibagi ke dalam dua jenis yaitu Wordpress.org dan wordpress.com.

WordPress.com

WordPress.com merupakan wordpress versi gratis yang ditujukan kepada para pengguna internet, wordpress.com memiliki kemiripan yang hampir otentik dengan blogspot, sebab keduanya sama-sama software yang tidak berbayar. Dengan menggunakan wordpress.com Anda tidak perlu memiliki domain dan hosting, keduanya telah disediakan secara gratis oleh WordPress.com. Cukup hanya dengan mendaftar dan memilih nama domain yang cocok website Anda sudah bisa digunakan

Yang harus menjadi perhitungan dari wordpress.com adalah, karena software ini bersifat gratis maka ada syarat-syarat yang diperlukan untuk memenuhi standar yang telah dibuat WordPress.com. Nama domain ekstensi juga tidak bisa dibuat sesuai keinginan, alias nama standar yaitu www.domainanda.wordpress.com. Cara Membuat Website Pribadi paling mudah tentu saja bisa memakai wordpress.com ini.

WordPress.org

WordPress.org bisa dikatakan versi lengkap dari WordPress.com, dalam wordpress.org Anda diberikan keleluasaan dalam urusan mengelola website, Anda bebas menggunakan berbagai fitur yang dimilikinya. Juga dalam beberapa hal seperti, forum support, topik dan ketersediaan plug-in WordPress.org memberi dukungan yang besar sekali.

Cara Membuat Website pribadi Dengan Wordpres baik .com ataupun .org, dapat dilakukan dalam beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama buka alamat website WordPress.com, lalu klik pada menu "mulai situs web Anda".
  2. Setelah itu harap masukkan email, nama pengguna dan isikan password.
  3. Lalu akan muncul beberapa pilihan mengenai jenis website Anda, ada pilihan Blog, Business, Profesional dan Online Store. Pilih salah satu dari ke tiga pilihan tersebut.
  4. Selanjutnya isikan kategori website Anda. Tenang saja wordpress sudah memilihkan beberapa kategori, sehingga Anda tinggal memilih sesuai yang mendeskripsikan tentang isi website Anda.
  5. Langkah ke lima isikan nama yang akan digunakan untuk website Anda.
  6. Selanjutnya setelah menuliskan nama, Anda akan diminta untuk memberi informasi perihal nama domain yang ingin Anda gunakan, pastikan nama domain yang Anda pilih belum dipakai pengguna lain.
  7. Langkah terakhir tinggal klik pada pilihan "Start with a free site"

Membuat Website Dengan Blogspot

Salah satu Cara Membuat Website Pribadi yang paling banyak dilakukan para pengguna internet adalah dengan melalui software penyedia blog gratis. Software penyedia blog yang sangat populer saat ini adalah blogspot atau blogger, di mana ketika melakukan pendaftaran melalui situs resmi blogger.com Anda sudah mendapatkan sebuah sub domain dari blogspot, dengan nama blogspot.com

kelebihan blogspot di banding situs-situs penyedia website yang lain yaitu, kemudahan dalam pengoperasian sehingga sangat direkomendasikan bagi pemula, juga kemudahan dalam urusan mengganti atau mengedit template, sehingga tampilan pada website Anda terkesan sangat fresh karena dibuat dengan hasil kreasi sendiri. kelebihan blogspot juga ada pada custom domain yang membuat Anda bisa mengubah nama blog Anda sesuai keinginan sendiri.

Langkah-langkah membuat website dengan blogspot:

  1. Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah sebuah akun G-mail, karena blogspot merupakan salah satu anak perusahaan Google jadi ketika mendaftar Anda disarankan memakai akun Google yang Anda miliki.
  2. Langkah kedua kunjungi situs resmi milik blogspot di www.blogger.com
  3. Selanjutnya akan muncul tombol bertuliskan "create your blog", silahkan klik tombol itu dan Anda akan diarahkan menuju kolom untuk melakukan log-in.
  4. Pada langkah ke empat ini G-mail yang Anda siapkan di awal akan sangat dibutuhkan, untuk mempermudah proses log-in Anda hanya perlu memilih pilihan "masuk menggunakan akun G-mail".
  5. Langkah selanjutnya Anda perlu mengisi kolom yang tersedia, isikan dengan nama yang ingin Anda gunakan pada nama website Anda, seperti blog berita asik misalnya.
  6. Setelah memberi nama untuk website Anda, langkah selanjutnya isi alamat website atau URL. Alamat yang Anda isikan di sini akan diterjemahkan sebagai domain oleh sistem milik Google, jadi pastikan bahwa nama alamat yang Anda isikan tidak terlalu sulit dibaca.
  7. Langkah terakhir isi nama blogger Anda sesuai dengan informasi yang hendak Anda sampaikan, lalu pilih selesai dan website pribadi milik Anda sudah siap digunakan.

Itulah dua cara membuat website pribadi yang sangat mudah untuk dipraktekkan, jika Anda merasa masih kesulitan Anda dapat mencari video-video tutorial yang banyak tersedia di dunia internet. Pada akhirnya semuanya bisa dilakukan asalkan memiliki kemauan, jika Anda benar-benar memiliki kemauan yang kuat untuk memiliki website maka Anda pasti bisa mewujudkannya.

Post a Comment for "Cara Membuat Website Pribadi Untuk Pemula"

Berlangganan via Email