Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Simak, 5 Cara Membeli Hosting Dan Domain yang Mudah dan Aman!

tipsseo - Masih ada yang berpikir cara membeli hosting dan domain itu sulit? Jika Anda termasuk salah satu di antara mereka, maka tulisan ini wajib dibaca sampai selesai. Sebab, bagaimanapun keberadaan hosting dan domain memang penting, terutama bagi website yang akan digunakan untuk membangun branding. 

Hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah yang akan digunakan untuk menyimpan data. Oleh karena itu, Anda perlu mencari hosting yang dapat menjamin keamanan dan kerahasiaan informasi. Sementara domain diibaratkan sebagai alamat yang nantinya akan dicari oleh orang lain. Oleh karena itu, Anda harus memberikan nama unik, kreatif, dan dapat mewakili bisnis yang dijalani.

cara membeli hosting dan domain

Bagaimana Cara Membeli Hosting dan Domain?

sebelum membeli hosting, ketahui dulu penjelasannya. Tak dipungkiri, di luaran sana masih banyak orang yang kesulitan untuk mengikuti cara membeli hosting dan domain. Terutama bagi para pemula yang memang masih sangat awam dengan dunia website. Tak perlu cemas, berikut 5 langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Ketersediaan Nama Domain

Perlu diketahui, domain yang dapat Anda beli adalah domain yang masih kosong, dalam artian belum ada orang yang menggunakannya. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan ketersediaannya, sebelum praktik cara membeli hosting dan domain. 

Anda dapat memanfaatkan dua tools, yaitu “Cek Domain” untuk mencari referensi nama, serta “Whois domain name” untuk mengecek ketersediaan domain. Pada beberapa tempat pembelian domain, ada yang menyertakan fitur ini dalam website mereka. Jika demikian, maka Anda dapat langsung menggunakan tombol yang disediakan.

2. Membuat Akun di Provider Tujuan

Informasi di website provider memang dapat diakses oleh semua orang, tetapi untuk melakukan transaksi Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Barulah cara membeli hosting dan domain murah ini dapat diterapkan.

Pilih menu “Registrasi” yang ada di website provider, lalu isi data diri sesuai dengan yang Anda miliki. Langkah ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, agar Anda dapat berlangganan newsletter mereka. Sebab, ada beberapa provider yang memberikan promo menarik yang dikirimkan melalui email. 

3. Pilih Ekstensi Domain

Ekstensi merupakan susunan karakter yang berada di belakang nama domain. Saat ini sudah ada ratusan ekstensi yang dapat Anda pilih, terutama pada provider yang sudah besar. Namun, perlu diingat, bahwa tidak semua ekstensi cocok untuk sebuah usaha atau bisnis.

Hal ini juga perlu dipertimbangkan dalam menerapkan cara membeli hosting dan domain. Sebab, sedikit banyak ekstensi domain akan memengaruhi content writer dan spesialis SEO untuk menaikkan ranking keyword. Jika Anda pemula, maka pilihlah provider yang menyediakan fitur live chat.

4. Lakukan Transaksi

Setelah mengantongi nama dan ekstensi domain, maka lanjutkan cara mudah membeli hosting dan domain ke tahap selanjutnya, yaitu transaksi pembelian. Masukkan nama domain Anda ke kolom register, lalu pilih jangka waktu yang diinginkan. Apakah mau menggunakan kontrak tahunan atau langsung dalam jangka waktu yang panjang. 

Perlu diketahui, jangka waktu ini juga memengaruhi harga yang harus Anda bayar. Semakin panjang jangka waktu yang dipilih, maka harga yang didapatkan akan jauh lebih murah. Setelah selesai, masukkan ke dalam chart, lalu pilih “Checkout”.

5. Pilih Pembayaran

Pada dasarnya, alur dalam cara membeli hosting dan domain sama seperti Anda berbelanja di e-commerce biasa. Setelah melakukan checkout, maka Anda tinggal memilih metode pembayaran yang akan digunakan. Setiap provider mungkin saja menerapkan kebijakan yang berbeda, ada yang menggunakan PayPal, Ovo, GoPay, kartu kredit, virtual account, atau transfer seperti biasa.

Isi semua data yang diperlukan, sekaligus cek sekali lagi mengenai orderan yang Anda pesan. Jangan sampai ada kesalahan, karena nanti akan menyulitkan Anda. Setelah semuanya sesuai, pilih Lanjutkan, lalu selesaikan transaksi Anda dengan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan ketentuan. Selesai.

Jika transaksi yang dilakukan berhasil, maka Anda akan mendapatkan email dari provider tersebut mengenai rincian pembelian. Silakan cek ke akun member milik Anda untuk memastikan bahwa hosting dan domain yang dibeli benar-benar sudah aktif.

Bagaimana, cukup mudah, bukan? Hanya melalui 5 langkah saja, hosting dan domain sudah resmi menjadi milik Anda. Setiap provider mungkin memiliki peraturan yang berbeda, tetapi inti dari cara membeli hosting dan domain kurang lebih sama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Post a Comment for " Simak, 5 Cara Membeli Hosting Dan Domain yang Mudah dan Aman!"