Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Cara Install WordPress di Hosting Melalui cPanel

tipsseo - WordPress merupakan salah satu jenis Content Management System yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini disebabkan karena kemudahan yang ditawarkan oleh WordPress bagi para penggunanya. Langkah untuk menggunakan WordPress adalah dengan cara install WordPress di hosting yang dimiliki. 

Salah satu cara mudah install WordPress di hosting adalah dengan memanfaatkan cPanel. cPanel merupakan suatu panel yang dimiliki oleh website untuk mengatur dan mengelola segala layanan dalam website tersebut. cPanel memungkinkan para pengguna untuk mengelola web hosting yang dimiliki secara maksimal.

Cara Install WordPress di Hosting Melalui cPanel

Inilah Cara Install WordPress di Hosting Melalui cPanel

Para pengembang web tentunya sudah tidak asing dengan cPanel dan dapat dengan mudah menginstall WordPress pada hosting. Lain halnya jika yang akan memasang WordPress adalah pemula yang belum berpengalaman. Berikut ini adalah panduan cara install WordPress di hosting melalui cPanel bagi para pemula. 

Log in ke cPanel Hosting

Cara install WordPress di cPanel hosting yang pertama kali dilakukan tentu saja dengan log in ke cPanel hosting. Username atau nama pengguna dan password biasanya sudah diberi oleh penyedia layanan tempat menyewa hosting. Penyedia layanan hosting biasanya memberikan panduan bagaimana caranya untuk masuk ke cPanel. 

Pilih Softaculous Apps Installer

Cara install WordPress di hosting selanjutnya adalah dengan memilih menu Softaculous Apps Installer. Ketik kata softaculous pada kolom pencarian yang tersedia pada cPanel. Apabila muncul beberapa pilihan, maka pilihlah Softaculous Apps Installer. 

Pilih WordPress

Cara install WordPress di hosting selanjutnya dengan masuk ke dalam dashboard aplikasi softaculous, hingga didapati beberapa pilihan Content Management System. Pilihlah Content Management System WordPress karena yang akan dipasang adalah WordPress. 

Pengguna akan dibawa masuk ke halaman WordPress pada softaculous. Pada halaman ini dapat dilihat fitur-fitur yang ada pada WordPress, review, dan juga beberapa screenshot. Klik tombol install untuk melakukan instalasi WordPress pada hosting. Cara install ini berbeda dengan cara install WordPress di cPanel manual. 

Isi Formulir WordPress

Formulir WordPress akan terbuka ketika sudah menekan pilihan install. Ada beberapa hal yang perlu diisikan ke dalam formulir atau konfigurasi WordPress. Terdapat empat langkah untuk pengisian formulir WordPress.

Software Setup

Bagian pertama adalah software setup. Pada bagian ini pengguna perlu memilih protokol website yang digunakan. Apabila belum memiliki SSL, maka biarkan saja secara default https://.

Pada bagian choose domain, pilihlah domain yang akan digunakan. Nama domain ini merupakan domain yang akan digunakan pada website WordPress yang akan dibuat. Pada bagian in directory sebaiknya dikosongkan saja agar website WordPress dapat terpasang langsung di dalam domain. 

Site Setting

Bagian kedua dari formulir adalah site setting. Pada bagian ini  silahkan masukkan nama dan deskripsi dari website yang hendak dibuat. Isilah sesuai dengan keinginan dan konsep website yang akan dibangun.

Username dan password

Username dan password dari WordPress akan ada pada bagian ketiga. Username dan password ini harus selalu diingat atau dicatat pada tempat yang mudah diingat. Hal ini penting dilakukan karena fungsi dari username dan password adalah untuk login ke wp-admin atau wp-login. 

Bahasa dan Plugin

Keempat, pilihlah bahasa dan juga plugin yang akan digunakan. Bahasa yang dipillih sebaiknya adalah bahasa yang paling dikuasai sehingga tidak kesulitan ketika membacanya. Berikan tanda centang pada pilihan limit login attempts sehingga ada pembatasan jumlah login pengguna WordPress. Pembatasan ini dilakukan untuk menjaga keamanan website.  

Klik Tombol Install

Konfigurasi database WordPress dapat dilakukan dengan menekan tanda “+” pada menu Advance Option. Pengaturan peringatan atau notifikasi update, upgrade otomatis, backup otomatis ataupun kuota backup terdapat dalam konfigurasi ini. Apabila telah selesai melakukan pengisian data, klik tombol install. 

Proses Install WordPress Telah Selesai

Tunggulah hingga proses instalasi WordPress pada hosting selesai secara sempurna. Cara install WordPress dengan hosting ini tidak memakan waktu yang lama. Informasi mengenai domain yang digunakan akan muncul secara otomatis ketika proses instalasi sudah selesai. Gunakan url yang terdapat dalam informasi domain untuk bisa mengakses website WordPress yang baru saja diinstall. 

Salah satu cara install wordpress di hosting secara cepat dan mudah adalah menggunakan Softaculous Apps Installer yang terdapat pada cPanel. Softaculous juga mempermudah serta mempersingkat proses instalasi karena tidak perlu melakukan konfigurasi satu per satu secara manual. Semoga panduan install WordPress pada hosting ini bermanfaat. Selamat mencoba. 

Post a Comment for "10 Cara Install WordPress di Hosting Melalui cPanel"