Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ikuti Cara Install Website WordPress Berikut Ini, Cukup 10 Menit!

tipsseo - WordPress adalah CMS (Content Management System) website dan sistem blogging yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena memberikan berbagai kemudahan. Meskipun demikian masih banyak yang belum paham cara install website WordPress di perangkat komputernya.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah bila ingin membuat website menggunakan WordPress, Anda tidak perlu membuatnya mulai dari nol. Berikut akan dijelaskan cara instal WordPress di cPanel manual maupun menggunakan auto installer yang sangat mudah untuk diikuti. 

cara instal WordPress di cPanel

Cara Install Website WordPress di cPanel 

cPanel adalah panel control yang dirancang untuk memudahkan proses hosting sebuah website. Anda juga dapat mengatur file, database, domain, security, email, dan lain-lain, serta menginstal WordPress. Berikut akan dijelaskan cara install website WordPress di cPanel dengan cara manual maupun menggunakan auto installer.

Install WordPress di cPanel Secara Manual

Instalasi WordPress di cPanel dengan cara manual cukup mudah. Pahami semua langkahnya dan Anda bisa melakukan instalasi hanya dalam waktu 10 menit saja. Sebelum melakukan instalasi, Anda harus menyediakan hosting yang mempunyai cPanel, domain, dan tentu saja jaringan internet yang tak terputus.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh instalasi WordPress. Unduhlah file instalasi WordPress melalui wordpress.or/download. Setelah masuk ke halaman download WordPress silahkan klik tombol download WordPress 4.x.x.

Setelah Anda berhasil mengunduh instalasi WordPress, cara install website selanjutnya adalah membuat database di cPanel. Login ke akun cPanel, lalu dengan menggunakan fitur “Search” carilah menu “Database” dan pilih MySQL®Databases. Masuklah ke halaman untuk membuat dan mengonfirmasi database SQL.

Anda akan melihat kolom “Create New Database” yang bisa diisi sesuai keinginan.  Masukkan nama database dan username setelah itu klik “Create Database”. Setelah membuat database baru, langsung turunkan kursor hingga ke bagian MySQL Users. Tujuannya adalah membuat user baru untuk database yang telah dibuat sebelumnya.

Saat mengisi “Add New User” terdapat kolom username dan password. Silahkan isi sesuai keinginan namun disarankan untuk tidak menggunakan nama dan password yang sama seperti saat login akun cPanel. Setelah user baru berhasil dibuat lalu klik “Add User to Database”.

Langkah selanjutnya dalam cara instal website adalah mengunggah file instalasi WordPress ke cPanel. Silahkan buka menu File Manager yang ada di cPanel lalu unggahlah file instalasi WordPress di direktori public_html. Lakukan penamaan ulang menjadi wp-config.php kemudian edit file tersebut melalui “Script Database”. Sesuaikan dengan database, user database, dan password yang telah dibuat.

Langkah terakhir dalam install WordPress gratis adalah melakukan setup akhir. Bukalah website, dan Anda akan melihat pilihan bahasa yang ingin digunakan. Setelah memilih bahasa, klik “Next”. Anda akan masuk ke halaman yang memuat bermacam informasi yang harus diisi. Langsung klik “Install WordPress” setelah melakukan isian, dan instalasi WordPress secara manual telah berhasil dilakukan!

Mudah sekali bukan? Setelah berhasil melakukan instalasi, Anda bisa langsung klik “Login” untuk langsung masuk ke dashboard WordPress. Selanjutnya akan dijelaskan cara instal wordPress dengan menggunakan auto installer Softaculous. 

Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Selain menginstal WordPress di cPanel dengan cara manual, Anda juga bisa menginstal dengan mudah menggunakan Softaculous. Softaculous adalah fitur tambahan di cPanel yang memudahkan Anda untuk melakukan instalasi berbagai CMS, termasuk WordPress. Silahkan simak cara install website WordPress menggunakan Softaculous berikut ini.

Mula-mula login ke cPanel lalu isi username dan password Anda. Jika sudah masuk, cari menu ‘Softaculous” di dalam kategori “Software/Service”. Klik kemudian Anda akan berada di halaman menu utama Softaculous. Silahkan klik logo WordPress di halaman menu utama lalu klik “Install Now” untuk memulai proses instalasi. 

Menu instalasi akan muncul di layar. Lengkapi kolom isian di bagian “Software Setup”. Pilih protokol website Anda dan nama domain. Jangan mengisi kolom “In Directory” jika ingin menggunakan WordPress sebagai website utama. 

Isi nama website di bagian ”Site Setting”. Masukkan admin username, password, dan email di bagian ”Admin Account”. Anda dapat memilih bahasa, membuat set plugin, juga mengatur tema. Setelah semua sudah dipilih, klik tombol “Install” dan tunggu hingga prosesnya selesai. WordPress Anda sudah siap!

Demikianlah cara install website secara manual maupun menggunakan auto installer yang bisa dijelaskan. Semua cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for " Ikuti Cara Install Website WordPress Berikut Ini, Cukup 10 Menit!"