Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Cara Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites

tipsseo - Anda perlu tahu tentang google sites. Google Sites adalah sebuah aplikasi terstruktur untuk membuat suatu situs baik pribadi maupun organisasi. Aplikasi ini pengganti Google Page Creator dam jika Anda membuat situs di aplikasi ini maka, akan beralamat http://sites.google.com/site/username/. Google sites dapat menjadi pilihan untuk membangun website dengan mudah. 

Layanan dari Google ini dapat digunakan untuk membuat website dengan cepat dan gratis. Selain itu, Google sites juga sudah menyediakan fitur custom domain. Bisa dibilang, layanan google bagi developer website sangatlah lengkap. Lalu, bagaimana cara menghubungkannya? Berikut adalah cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites.

cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites

Pengertian Google Sites

Salah satu platform yang dapat digunakan untuk membuat website secara gratis milik Google adalah Google Sites. Platform ini dikembangkan sejak tahun 2008 sebagai pengganti Google Page Creator. Layanan ini diharapkan akan memudahkan siapapun untuk memiliki website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. Sehingga layanan ini lebih cocok untuk membuat website yang sederhana.

Google Sites merupakan sarana yang tepat untuk belajar. Hanya saja, untuk mendapatkan fitur yang lebih kompleks, seperti jualan online, kontrol khusus, dan database untuk Customer Relation Management (CRM), tidak dapat ditemui di Google sites. 

Cara Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites

Sama dengan cara menghubungkan custom domain ke platform pembuatan website yang lain, custom domain juga dapat dihubungkan ke Google sites. Sehingga website dapat mempunyai domain sendiri sesuai dengan keinginan pemilik. Berikut Cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites untuk pemula.

1. Verifikasi Kepemilikan

Pastikan sudah memiliki domain aktif yang siap untuk dihubungkan ke Google Sites. Domain dapat dibeli di berbagai hosting provider. Setelah domain aktif, selanjutnya cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites, dengan login ke akun Google sites yang ada.

Kemudian pada halaman setting, klik tombol “gear” pada menu top bar. Pilih “Custom URLs” dan masukkan nama domain yang sudah aktif. Kemudian akan mendapatkan pesan “This URL is not verified”. Sehingga selanjutnya perlu dilakukan verifikasi dengan menekan yang bertuliskan “verify your ownership”.

Setelah itu, akan dihubungkan ke halaman Webmaster Central. Cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites selanjutnya dengan klik pada tulisan “Select your domain register or provider”. Pilih “Other”. Kode TXT record akan didapatkan jika sudah berhasil. Kode tersebut perlu untuk di-copy ke DNS Management untuk melakukan verifikasi domain.

2. Menambahkan TXT Record ke DNS Management

Setelah mendapatkan kode TKT Record tersebut dan kode siap untuk di-copy. Maka langkah selanjutnya dari cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites adalah menyimpannya di DNS Management. Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke akun penyedia hosting. Kemudian mulai kelola domain untuk domain yang akan dihubungkan ke Google sites. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih “DNS Management” pada “Pengaturan Domain”
  • Pilih “Add New Record”
  • Pada kolom “Record Type”, pilih “TXT Record”
  • Masukkan kode TXT yang sudah di-copy pada kolom yang tersedia, kemudian “Save Record”.

3. Menambah Kode CNAME di DNS Management

Kode CNAME juga perlu ditambahkan ke DNS Management, selain Text Record tadi. Caranya juga kurang lebih sama dengan langkah sebelumnya. Ambil kode CNAME dari Web Central Google sites, kemudian copy dan masukkan ke akun penyedia hosting. Setelah semua berhasil tersimpan, jangan lupa untuk melakukan verifikasi di halaman Webmaster Central Google sites dengan pilih “verify”.

Kemudian, cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites selanjutnya dengan membuka kembali pengaturan pada “Custom URLs” di akun Google sites dan pilih “Assign”. Setelah itu, jika verifikasi sudah berhasil, pilih “Publish” pada menu top bar untuk mempublikasikan website.

Cara mudah menghubungkan custom domain ke google sites untuk pemula diatas dapat dilakukan sendiri. Hasilnya, website dari aplikasi Google sites kini sudah dapat memiliki domain sendiri. Dengan menggunakan domain sendiri, akan membantu upaya branding website, baik individu maupun bisnis.

Post a Comment for "3 Cara Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites"